SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (jawa tengah)
6 days ago on Ibadah

waktu shalat setelah melahirkan

Assalamualaikum ustads.. Saya mw tanya...bgini ustad saya melahirkan blan dsember dan waktu nifas saya hanya 14hari setelah itu sampai skrang blm pernah mengerjakan shlat kembli karna di sekeliling saya bilang blm boleh shalat sbelum datang na haid sedang kan sampai skrg blm haid..tlng jelaskan saya bgung
Ikhwan (Kalimantan Barat)
1 week ago on Ibadah

Khitbah atau Ta'aruf

Assalamualaikum ustadz ana mau bertanya sebenarnya khitbah dulu apa ta'aruf dulu ??
Ikhwan (Kalimantan Barat)
1 week ago on Ibadah

Kesalahan dalam Niat Shalat

Assalamualaikum ustadz begini semalam di waktu isya saya merasa ada yang salah dalam ibadah shalat saya, saya merasa khilaf dan tidak sengaja karena saat saya mau shalat isya saya berniat dalam hati shalat magrib 3 rakaat tapi saya melakukan 4 rakaat dalam keadaan berjamaah di masjid, apakah hal tersebut sudah di anggap batal? dan apakah solusinya saya harus mengulangi shalat isya saya lagi dengan niat dan shalat yang benar???
Ikhwan (Kalimantan Barat)
1 week ago on Ibadah

Tata cara tahajud dan witir

Bagaimana tata cara tahajud dan witir ? setelah selesai shalat tahajud dan witir kapan kah dzikir dan doa di lakukan setelah tahajud atau setelah shaat witir?
Ikhwan (Berau Kalimantan Timur)
2 weeks ago on Ibadah

Masbuk Shalat Shubuh Apakah Bisa Melaksanakan Qabliah Shubuh Setelah Fardhu?

apabila kita masbuk shalat subuh, dan tidak sempat shalat 2 rakaat sebelum subuh. apakah boleh mengerjakannya setelah selesai mengerjakan shalat subuh?
Ikhwan (Kalimantan Barat)
2 weeks ago on Ibadah

Keinginan Menikah Muda

Assalamualaikum ustadz, ana saat ini memiliki sedikit problem dengan ibunda ana tentang keinginan ana untuk menikah muda walaupun saat ini ana belum ada pekerjaan tetapi ana sedang membangun sebuah usaha kecil-kecilan, ibunda ana seorang mualaf namun pemahaman tentang agama islam dan sunnah-sunnah Rasulullah masih kurang tetapi ana sedikit demi sedikit memberi tahu atau pemahaman tentang Al Qur'an, agama islam dan sunnah-sunnah Rasulullah, permasalahannya adalah abang ana punya keinginan menjodohkan ana dengan seorang akhwat namun tidak hanya menjodohkan ana saja tapi sampai menikah secara berdasarkan ajaran sunnah Rasulullah yaitu khitbah, taaruf dan kemudian pernikahan dengan tujuan ibadah, menghindarkan hal-hal dosa yang tidak diinginkan, keinginan ana memiliki tanggung jawab serta membuka pintu rezeki lebih besar. tetapi orang tua ana pada ibunda tidak menyetujui keinginan ana karena ana belum punya penghasilan tetap takut kedepannya tidak berhasil dan melihat berdasarkan pengalaman2 orang lain yang menikah muda yang menurutnya penglihatan terlalu banyak yang kurang, padahal dengan niat ana demi ibadah dan membuka pintu rezeki lebih lebar lagi serta yakin akan apa yang d janjikan ALLAH subhaanahu wa ta'aalaa insya Allah pasti berjalan dengan baik, jadi pertanyaan ana bagaimana cara ana harus memberi tahu kepada ibunda ana atau pemahaman kepada ibunda ana agar semua tahu ini demi ibadah dan memberi restu serta menyetujui keinginan ana ini??
Ikhwan (Jakara Selatan)
2 weeks ago on Ibadah

Operasi Plastik

halo sy disini ingin bertanya mengenai operasi plastik apakah haram jika melakukannya? sy disini tujuannya bukan ingin mempercantik tp karena memang kondisi telinga saya berbeda dengan yg sebelahnya, sebenernya tdk masalah dan tidak ada gangguan apa2 tp bentuknya aneh saja tidak normal (tdk ada tulang telinganya) dan sy ingin memperbaikinya agar sama dengan sebelahnya, apakah itu haram? sy baca itu cacat genetik didalam kandungan
Ikhwan (Bekasi)
2 weeks ago on Ibadah

Qabliah Bakdiah Shalat Jum'at

Assalamu'alaikum. Wr. Wb. saya mau tanya, pada hari jum'at kalo di daerah saya adzan dikumandangkan 2 kali dan pada setelah adzan pertama selesai banyak orang berdiri lalu melaksanakan shalat 2 rakaat, yang menjadi pertanyaan shalat apakah itu? apakah qabliyah jum'at? dan apakah ada shalat rawatib qabliyah dan ba'diyah jum'at seperti halnya shalat rawatib dzuhur? Terima kasih.
Ikhwan (jambi)
3 weeks ago on Ibadah

Tawasul dengan mengirimkan Fatihah

Assalamualaikum. Wr wb Saya mau tanya ustadz apakah Kirim Al-Fatihah untuk Rosululloh, malaikat , dan orang orang yang sudah meninggal tidak sesuai dengan tuntunan islam? seperti Ilaa Hadhratin Nabiyil mushthafaa shallallaahu ‘alaihi wasallam wa aalihii wa ash-haabihi ajma’iina syai`un lillaahi lahum, Al-Faatihah” dan “Wa ilaa jamii’i malaaikatillaahil muqorrobiin,” tsumma khususon ila ruh............" Mohon Penjelasannya ustadz agar saya lebih bisa mengerti dan ibadah saya tidak menjadi salah Terimakasih Wassalam Wr.Wb
Akhwat (Bandung)
1 month ago on Ibadah

Jika ibadah harus selalu diingatkan

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Jika seseorang yang Sudah baligh Bahkan Sudah berumur lalu dia Kalau sholat ataupun ibadah lainnya harus selalu diingatkan. Jika tidak diingatkan dia lalai. Apakah sah sholat atau ibadahnya? جَزَاكُمُ اللّهُ
Akhwat (Bintaro)
1 month ago on Ibadah

Aqiqah Janin 21 Minggu dan Nisan Kuburannya?

assalamualaikum maaf ustad saya mau tanya, apakah wajib hukumnya janin berusia 5 bulan meninggal dalam kandungan di aqiqahi ? dan bolehkah saya memasang batu nisan di makam anak saya ? mohon dijawab ustad .Terimakasih
Akhwat (Bandung)
1 month ago on Ibadah

Apa Hukum Berdakwah? Apakah Dakwah Termasuk Ibadah?

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Apakah hukum memberi nasihat dalam kebaikan kepada sesama muslim (berdakwah) wajib ataukah sunnah? Dan berdakwah termasuk kedalam ibadah kepada Allah SWT atau Mu'ammalah? وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ جَزَاكَ اللّهُ
Ikhwan (Bandung)
1 month ago on Ibadah

Ingin Keluar dari Kemaksiatan yang Sudah Lama Dilakukan

Assalamu'alaikum Ustadz. Mohon berikan ana nasihat yang bisa membuat ana takut kepada Allah. Ustadz, ana bisa mengingat Allah ketika ana beribadah, ketika shalat, bersedekah, tilawah, dll. Tapi ketika setan datang kepada ana dikala ana sendirian, ana mengikuti yang dibisikan setan, dan (astaghfirullah, semoga Allah mengampuniku) ana seperti tidak ingat kepada Allah dan melakukan kemaksiatan, menonton yang tidak senonoh. Ustadz, secara dzahir ana adalah ahli ibadah, di mata orang lain ana adalah orang 'alim, tapi setiap waktu tertentu (setiap 1 - 2 minggu) ana selalu melakukan kemaksiatan yang sama. Perbuatan ini telah ana lakukan dari ana SMP hingga sekarang (berumur 20an tahun). Ana sudah berusaha ustadz, mulai dari harus berpuasa, khusuk dalam shalat, dll. Akhir2 ini ana tidak pernah lewat puasa senin kamis, hanya 1x tdk puasa karena sakit, tapi ana tetap melakukan maksiat itu. Ana belum bisa menikah ustadz.. Mohon berikan nasihat yang khusus, ustadz. Ana sangat ingin keluar dari maksiat ini.
Ikhwan (Malang Jawa Timur)
2 months ago on Ibadah

Solat Taubat

Assallamualaikum Wr. Wb. Pak, saya ingin bertanya tentang shalat taubat, apakah jika ingin shalat taubat harus ketika melakukan dosa? Lalu Saya pernah dijarkan untuk shalat pagi pukul 6 setelah sholat Dhuha?
Ikhwan (Denpasar)
2 months ago on Ibadah

Salasul Baul

Assalamualaikum ustadz. Saya memiliki sebuah masalah, tatkala selesai sholat saya sering mendapati bekas tetesan sisa kencing di celana dalam saya. Pernah dalam 5 waktu sholat saya, 3 diantaranya saya ulang karena hal ini. Padahal sebelum sholat saya sudah kencing dengan maksimal, sekitar 8-15 menit saya menghabiskan waktu di kamar mandi untuk menuntaskan kencing sy. Dan saya yakin bahwa bekas air yg saya dapati di celana dalam saya ini adalah tetesan kencing bukan karena was-was. Karena setelah membersihkan kemaluan saya mengelapnya sampai tidak basah. Saya sebenarnya sudah menanyakan hal ini kepada seorang ustadz, dan beliau mengatakan saya menderita salisul baul, dan sholat saya tetap sah dengan catatan ketika sholat harus menggunakan popok/kain/plastik . Apakah ustadz setuju dengan pendapat tersebut ? mohon penjelasannya ustad, afwan sebelumnya mungkin ada pertanyaan yg serupa yg sudah dibahas di web ini,karena saya kurang menangkap solusi dari pembahasan sebelumnya. Jazzakallahu khairan

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com