SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat
1 week ago on Ibadah

Status Ibadah Yang Terkena Riya

Bismillah.. apabila seseorang yang sedang shalat, yang pada awalnya dia tidak merasa apa-apa perasaan riya' namun tiba-tiba di saat ada orang yang datang ke dalam kamarnya atau ke tempat shalatnya, tiba-tiba dia merasa muncul perasaan riya' tersebut. Pada saat itu apakah shalatnya batal dan wajib diulangi? Sebaliknya, bagaimana pula bagi seseorang yang memang pada awalnya sudah punya perasaan riya', apakah shalatnya juga tidak sah?
Ikhwan (bumiayu)
1 week ago on Ibadah

Terlanjur Memotong Rambut dan Kuku Padahal Hewan Kurbannya Belum Disembelih

assalamualaikum ustad..jika kita ingin berkorban dan ternyata kita memotong kuku rambut pada tgl 1 smpai 10 dzulhijah karena kita tidak mengetahui larangan tsb maka hukumnya bgmna ..terima kasih
Akhwat
1 week ago on Ibadah

Sendawa Yang Disertai Makanan Saat Shalat

Bismillah.. Bagaimanakah jika seseorang ketika shalat biasanya ketika dia bersendawa maka akan keluar sedikit makanan dari kerongkongannya lalu bolehkah dia menelan sisa makanan yang terkeluar dari kerongkongannya tersebut? Terkadang juga ketika dia sujud, sisa makanan keluar dari kerongkongannya jika dia menelan apakah shalatnya batal? Mohon jawabannya
Akhwat
3 weeks ago on Ibadah

Badan Tidak Stabil Ketika Shalat

Bismillah.. Disaat shalat, badan ana sering tidak stabil terkhususnya disaat ruku'. Pasti badan ana seperti bergoyang-goyang dan ini berlaku terus-menerus walaupun sudah ana berusaha untuk membenarkannya. Apakah shalat ana batal jikalau seperti itu? Jazakallahu khairan
Akhwat
4 weeks ago on Ibadah

Dicium dan Dipeluk Saat Shalat? Membuang Makanan Saat Shalat?

Bismillah.. (Afwan disini ada 2 pertanyaan) Pertanyaan 1: Barusan, ketika ana shalat ashar, ibu ana hendak keluar untuk ke tempat kerjanya. Ternyata waktu itu saya sedang shalat dan kata ibu ana, dia ingin bersalaman dengan ana sebelum keluar, tapi dikarenakan saya sedang shalat maka dia pun memeluk dan mencium ana dalam kondisi ana sdg shalat. Apakah shalat ana batal? Pertanyaan 2: Di saat ana sedang shalat ana mendapati bahwa di mulut ana terdapat sisa makanan, lalu pada saat sujud, ana berusaha untuk mengeluarkan makanan daripada mulut dengan menempelkan lidah pada tempat sujud. Apakah hukum dari perbuatan saya ini, apakah ini bisa menyebabkan shalat saya batal? Jazakallahu khairan
Akhwat (Jakarta)
4 weeks ago on Ibadah

Sholawat Singkat

Assalamu'alaikum Ustadz, Afwan izin sy ingin bertanya, apakah ada sholawat dengan bacaan pendek/ringkas sesuai sunnah ? agar bisa dijadikan sebagai dzikir harian, jadi bisa menargetkan jumlah dzikir sholawat sebanyak-banyaknya dengan bacaan yg pendek. Apakah bacaan sholawat ALLAHUMMA SHOLI 'ALA MUHAMMAD termasuk sholawat sesuai sunnah ? Sholawat jibril dengan lafadz SHOLLALLOOHU 'ALAA MUHAMMAD apakah shahih dan termasuk sunnah (sesuai dengan tuntutan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam), dan bisakah dijadikan sebagai bacaan dzikir sholawat, kl membaca dzikir tersebut apakah amalannya diterima oleh Allah ? Mohon jawabannya. Syukron. Jazakallahu Khairan.
Akhwat (Purwokerto)
1 month ago on Ibadah

Mantan Pacar Menyebar Aib

Assalamu'alaikum. Saya mau tanya. Bagaimana cara menghadapi mantan pacar yang telah menyebarkan aib saya sedangkan sekarang saya ingin bertaubat dan ingin jadi org yg lebih baik. Tetapi dia terus mengganggu saya dengan menyebarkan aib saya ke media sosial. Tidak saya gubris perbuatan dia tetapi dia semakin mengganggu saya. Mohon bantuan jawabannya terimakasih. Wassalamu'alaikum
Ikhwan (cidatar cisurupan garut)
1 month ago on Ibadah

Laki-Laki Berambut Panjang? Doa Supaya Cepat Dapat Jodoh?

Assalamualaikum ustadz umur saya 25thn saya mau nanya 1. Hukumnya laki laki rambut panjang gimana? 2. Minta do'a cepet jodoh. Trimakasih ustadz Wassalam
Akhwat
1 month ago on Ibadah

Bolehkah mengamalkan Dzikir ini?

Bismillah .. Apakah dzikir ini ada dalilnya? Lafadz dzikirnya, La ilaha illallah al malikul haqqul mubin Muhammadurrasulullah sodiqul wa dil amin Apakah dzikir berikut ada waktu tertentu untuk mengamalkannya dengan jumlah tertentu atau boleh diamalkan kapan saja dengan bilangan berapa saja yg kita inginkan?
Akhwat
1 month ago on Ibadah

Batalkah Wudhu' Jika Dalam Kondisi Ini?

Bismillah.. Ketika shalat, ana merasa seperti ada air madzi pada (maaf)kemaluan, setelah shalat ana memeriksa ternyata benar, kurang pasti apakah air madzi atau wadi. Tapi ana sgt yakin bahwa air madzi tsb belum keluar dari kemaluan, apakah dalam kondisi ini ana wajib mengulang wudhu'dan shalat? Karena sebelum ini ana pernah mendengar dari seorang da'i yg katanya, sesuatu yg belum keluar dari tubuh itu masih bagian dari tubuh. Jika tidak sah, apakah setelah ana mendapatkan jawaban dari antum, ana wajib mengulangi shalat ana?
Akhwat
1 month ago on Ibadah

Batalkah Shalat Saya

Bismillah Ana sedang shalat Maghrib dibelakang kakak perempuan ana, tidak berjamaah. Kakak ana nyuruh ana shalat aja, tapi ana mau shalat dihadapan karena dihadapan ada lemari jadi ana bisa gunakan itu sbgai sutrah, tapi kakak ana tetap nyuruh ana utk shalat. Jadi ana mulai shalat, dengan menggunakan kakak perempuan ana didepan sbgai sutrah. Namun, ketika ana sdg shalat di rakaat pertama, sdg baca alfatihah, lalu kakak ana pun bangun tapi dia lewat agak jauh dari tempat ana sujud. Artinya dia tidak lewat diantara tempat shalat ana. Dalam kondisi ini apakah shalat ana batal? Apabila shalat ana batal, apakah disaat ana mendapatkan jawaban dari antum ana harus mengulang shalat ana kembali? Mohon jawabannya dari antum semoga Allah memudahkan urusan antum.
Akhwat (Bandung)
1 month ago on Ibadah

Berhenti Karna Berhijrah

bagaimana jika saya meninggalkan seorang lelaki karna ingin berhijrah dan mendekatkan diri kepada Allah, tetapi yg saya tinggalkan ini seorang anak yatim apakah perilaku saya ini sama saja dengan menyakiti hati anak yatim?
Akhwat (Malaysia)
2 months ago on Ibadah

Sedang Melaksanakan Shalat Wajib Tapi Adzan Untuk Shalat Berikutnya Telah Berkumandang

Bismillah.. (maaf sebelumnya ana sangat membutuhkan jawaban bagi pertanyaan ini. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memudahkan antum untuk bisa jawabnya) Pertanyaan:- Baru saja rumah ana mengalami gangguan air. Maka, ortu ana melarang ana untuk mandi. Lalu setelah sudah masuk waktu dzuhur, ketika ana ingin melaksanakan shalat, mereka melarang ana untuk berwudhu' dan shalat karena katanya ana masih kotor jadi harus tunggu sampai airnya kembali seperti biasa baru bisa mandi dan shalat. Padahal pakaian ana tidak najis, hanya saja ana belum mandi. Waktu pun terus berlalu, tapi ana sudah berkali-kali berusaha untuk berwudhu'tapi ortu ana masih juga melarang. Katanya nanti bisa diganti shalat Dzuhur dan asarnya sekalian. Ketika ans memeriksa di internet, katanya air akan kembali sekitar jam 6 itu berarti ana akan terlewatkan shalat Dzuhur. Namun Alhamdulillah setelah itu, ortu ana mengizinkan ana untuk shalat tapi hanya tinggal sekitar 15 menit saja, ditambah setelah ana berwudhu', tinggal sekitar 10 menit saja lagi. Di saat ana sedang shalat pada rakaat ketiga dan hampir masuk ke rakaat keempat tiba-tiba adzan ashar telah berkumandang di telivisi diikuti juga dari masjid di sekitar rumah ana. tapi ana tetap melanjutkan shalat sehingga selesai. Karena ketidaktahuan ana. Apakah shalat ana sah atau ana wajib mengulanginya kembali? Kalau ana mendapatkan jawaban dari antum stelah beberapa hari apakah ana wajib mengqadha'shalat Dzuhur ana?
Akhwat (Malaysia)
2 months ago on Ibadah

Tidak Diizinkan Orang Tua Untuk Mengeluarkan Zakat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Tahun lalu ana pernah mengatakan pada org tua untuk mengeluarkan zakat fitrah. Tapi mereka mengatakan bahwa “kita ini bukan orang kaya". maka saya pun mengatakan bahwa zakat fitrah itu dikeluarkan dengan makanan pokok, tapi mereka tetap tidak memperdulikan ana. Padahal dirumah kami beras masih banyak dan biasanya kalau waktu idul Fitri itu masaknya nggak pake beras yg biasa dipakai, jadi beras biasa masih tersisa banyak... Pertanyaannya, bagaimanakah saya bisa mengeluarkan zakat fitrah, sementara orang tua saya tidak mengizinkan saya keluar rumah untuk menunaikan zakat dan merekapun tidak mungkin mengeluarkannya. Dalam waktu yang sama saya pun tidak tahu banyak tentang jalan karena saya kemana-mana dihantar oleh ayah saya
Akhwat
2 months ago on Ibadah

Menghadap Kiblat Dengan Miring

Assalamu‘alaikum warahmatullah wabarakatuh. Kiblat di rumah ana kalau dilihat melalui kompas, arah nya agak miring ke kanan. Apakah di saat shalat, ana harus memiringkan sajadah dan posisi ana ketika shalat? Jika tidak dimiringkan apakah shalat bisa batal?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com