SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Cikarang)
1 week ago on Riba

Menjual barang dari akad riba

Assalamu'alaikum, ustadz Bagaimana tata caranya apabila saya ingin menjual rumah hasil dari kredit riba? Syukron
Akhwat (Jogja)
2 weeks ago on Riba

Apa yang harus saya lakukan dengan barang riba ?

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Ustadz, saya pernah mengkredit sebuah hp itu karna dulu saya belum tau hukum soal akad yang mengandung riba dan alhamdulillah sekarang saya sudah tau bahwa ini termasuk riba. Ustadz lalu apa yang harus saya lakukan dengan hp tersebut?
Ikhwan (Kota Tangerang)
1 month ago on Riba

Cicilan 0%

Assalaamu'alaikum Ustadz, ana mau tanya bagaimana hukumnya cicilan 0%, apakah mengandung riba? Jazakallaah Khair...
Ikhwan (Kota Palu)
1 month ago on Riba

kartu diskon

Assalamualaikum.. saya mau tnya bagaimna jika kartu diskon yang kita beli dengan seharga 250rb tapi masa berlakunya selama 1 tahun tanpa ada pembayaran iuran dan untuk semua 100 toko dan dapat digunakan sebanyak-banyaknya. apakah haram?
Ikhwan (Tangerang Selatan)
2 months ago on Riba

Membantu Perusahaan Meminjam Modal ke Bank

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuhu. Bismillah. Ustadz dan pengasuh salam dakwah yang saya hormati, saya memiliki pertanyaan sehubungan dengan pekerjaan saya sekarang. Saya bekerja sebagai tenaga teknis di sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan modal besar untuk kegiatan usahanya, saya diminta oleh perusahaan untuk melakukan studi rencana pengembangan usaha, mulai dari analisa berbagai rencana skenario usaha sampai kepada perkiraan pemasukan perusahaan. Hasil dari studi ini nantinya akan disarikan dan dimasukkan ke dalam proposal pengajuan pinjaman modal ke bank. Apakah saya tetap bisa melanjutkan pekerjaan saya ini dikarenakan saya tidak langsung berhubungan dengan bank, atau sebaliknya studi yang sedang saya kerjakan ini termasuk tolong menolong dalam keburukan?. Sekian pertanyaan saya. Terimakasih atas perhatian dan jawabannya. Jazaakumullah khair wa baarakallahu fiikum.
Ikhwan (Jakarta)
4 months ago on Riba

Pendidikan yang dibiayai pinjaman Bank

Assalamualaikum ustadz Saya ingin tanya… Waktu saya sekolah, orang tua saya tidak mempunyai uang untuk melunasi biaya terakhir sekolah saya… Lalu orang tua saya mau melakukan pinjaman riba…. Saya sempat mengingatkan itu adalah riba… Lalu orang tua saya bilang bahwa keadaan saya ini dalam keadaan darurat… Saya jadi luluh karena juga berpikir ini darurat…. Akhirnya terjadilah riba… Saya lalu melihat kajian tentang riba ini… Lalu yg saya tanyakan: 1. Apakah ijazah dan ilmu yg saya dapat kan di skolah jadi haram karena riba? 2. Apakah saya harus ganti profesi? 3. Saran apa yg harus saya lakukan untuk membersihkan riba itu? Jazakullahukhairan
Ikhwan (Jakarta Timur)
5 months ago on Riba

apakah ini riba?

Assalammualaikum.. ustad mau tanya.. saya punya uang rusak (basah termakan rayap) jumlahnya 2.800.000, kemudian ada orang yang membelinya dengan harga setengahnya, yaitu 1.400.000 . apakah ini riba? jika iya, apa uang yang 1.400.000 itu haram?? bolehkah saya menggunakan uang yang 1.400.000 untuk kebutuhan sehari-hari?
Ikhwan (bandung)
5 months ago on Riba

inventasi dengan penghasilan tetap dari perjanjian

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh, ustadz saya ingin bertanya. Saya berinventasi di sebuah website dengan perjanjian yang tercantum di website tersebut akan mendapatkan 1,5% per hari dari hasil uang yang kita depositkan... nah pertanyaan saya apakah uang yang saya dapatkan termasuk riba ataukah halal? sedangkan saya mendapatkan penghasilan tetap setiap harinya namun itupun perjanjian di dalam websitenya seperti itu
Akhwat (Jakarta Timur)
5 months ago on Riba

Terjebak Dalam Keluarga Yang Bermuamalah Dengan Riba

Assalamualaikum Wr. Wb Saya seorang mahasiswa umur 20 thn, akhir2 ini saya baru tahu bahwa ayah saya menjalankan bisnis peminjaman uang disertai bunga. Ternyata bisnis ini telah dilakukan selama 2 tahun. Saya yang mengetahui hal ini langsung memberitahu ibu saya bahwa ini merupakan dosa besar. Tapi saya tidak digubris, ayah ibu tetap menjalankan bisnis ini, Ditambah lagi ayah saya yang seorang non muslim membuat saya bingung bagaimana mengutarakan persoalan riba beserta dosa-dosanya. Sementara, semua uang makan, kuliah, pakaian di dapatkan dari hasil riba. Apa yang harus saya lakukan ustadz?
Ikhwan (YOGYAKARTA)
6 months ago on Riba

BEKERJASAMA DENGAN LEASING

Assalamualaikum ustadz,ana ada teman dia punya usaha jual beli motor.Untuk jual beli kredit dia bekerjasama dengan leasing,jd sitemnya jika ada konsumen yang akan membeli motornya secara kredit dia menyarankan melalui leasing,misal harga motor 10 juta jika ada konsumen yang mau membelinya secara kredit maka dia akan menerima uang 10 jt dari leasing tersebut lalu konsumen yang akan mencicil perbulannya ke perusahaan leasing tersebut. Bagaimana hukum uang yang diterima oleh teman ana dari penjualan motor tersebut(halal/haram)? (perusahaan leasingnya adalah perusahaan leasing konvensional)
Ikhwan (Jakarta)
6 months ago on Riba

Profesi Konsultan Studi Kelayakan Internal

Assalamu'allaikum Wr. Wb. Ustadz. Nama saya Bobby dari Jakarta, Saya bekerja diperusahaan dengan latar belakang sebagai pengembang property (apartemen, ruko, hotel, dsb), dalam profesi saya diminta untuk menghitung kelayakan suatu proyek sehingga pimpinan tertinggi dapat mengambil keputusan proyek tersebut dieksekusi atau tidak. Namun dalam menghitung kelayakan tersebut terkadang saya diminta untuk menghitung berapa kira-kira hutang yang dibutuhkan beserta bunganya. Ustadz, apakah saya termasuk kedalam penulis riba karena hasil dari studi kelayakan tersebut?? dan apakah berbeda atau tetap sama jika studi kelayakan tersebut hanya digunakan di internal perusahaan saja? dan jika nanti perusahaan maju ke bank untuk pinjaman apakah saya terkena dosa riba?? terimakasih atas jawaban ustadz
Ikhwan (YOGYAKARTA)
6 months ago on Riba

Hukum menerima pembayaran dari pinjaman bank

Bagaimana hukumnya menerima pembayaran penjualan dari pinjaman bank riba? Contoh:Saya menjual rumah dan pembelinya meminjam uang di bank riba untuk membayar rumah saya.
Ikhwan (YOGYAKARTA)
6 months ago on Riba

HUKUM BEKERJA PERUSAHAAN YANG BIDANG USAHANYA HALAL TETAPI MASIH ADA RIBA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustadz mau tanya,bagaimana hukumnya bekerja di perusahaan yang bidang usahanya halal tp masih ada riba(sebagian kecil) di perusahaan tersebut? contoh : Saya bekerja di PLN tetapi jika pelanggan menunggak pembayaran tagihan listrik maka dikenakan denda keterlambatan.Seperti yang kita ketahui denda keterlambatan itu termasuk riba.
Ikhwan (YOGYAKARTA)
7 months ago on Riba

HUKUM TANDA TANGAN DI SLIP GAJI YANG AKAN DIGUNAKAN SEBAGAI PERSYARATAN UTANG DI BANK KONVENSIONAL

Jika teman kantor saya ada yang akan mengajukan pinjaman riba di bank,dan harus menyerahkan slip gaji pada bank sebagai persyaratan,kebetulan posisi kerja saya dibagian SDM dan UMUM dan harus mencetakkan slip gaji dan tanda tangan di slip gaji orang tersebut. 1.Apakah jika kita mencetakkan slip gaji dan tanda tangan di slip gajinya kita terkena dosa riba yang sangat mengerikan?saya sudah memberi nasihat bahwa pinjaman tersebut adalah riba tetapi teman tersebut tetap akan utang di bank. 2.Bagaimana jika hanya tanda tangan saja di slip gajinya sedangkan yang mencetak slip gajinya orang lain?
Akhwat (Jawa Timur)
7 months ago on Riba

Profesi Akuntan

Assalamualaikum ustad , saya mahasiswa semester akhir perguruan tinggi di surabaya jurusan akuntansi . saat ini saya sangat bingung sekali karena saya sering dengar ceramah atau baca di forum forum islami bahwa profesi dari lulusan fakultas ekonomi itu sangat rentan terlibat transaksi riba , seperti pegawai bank pegawai pajak auditor maupun akuntan dsb . bagaimana solusinya ustad , saya tidak tau harus bagaimana . setelah lulus saya ingin melamar kerja , tetapi rasanya takut sekali . takut dosa karena terjebak dalam pekerjaan yang ternyata mengandung riba . mohon solusinya ustad , terima kasih

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com