SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (pekalongan)
1 week ago on Aqidah

Kerajaan Saudi Hasil Pemberontakan Terhadap Khilafah Turki Utsmani?

Bismillah.. assalamu'alaikum ustadz. apakah kerajaan saudi dalam berdirinya adalah hasil memberontak dari kekhalifahan turki utsmani? Dimana bani su'ud waktu itu di bantu inggris? Apakah dlm hal ini saudi bisa di kategorikan pemerintahan khowarij?
Akhwat (Sumatera Utara)
2 weeks ago on Aqidah

Takziah Non Muslim

Assalamualaikum ustadz, saya mau tanya.. apa hukumnya jika kita sebagai ummat islam, bertakziah ke rumah orang non muslim?
Ikhwan (Bekasi)
1 month ago on Aqidah

Berbalik Saat Perang?Mati Syahid?Mempertahankan Daerah Termasuk Jihad Yang Bila Mati Termasuk Syahid?Derajat JIhad?

Assalamualaikum Ustadz apakah seseorang tidak boleh kabul dari medan perang? Apa arti Mati Syahid Apakah mempertahan daerahnya dari musuh termasuk jihad? Apakah amalan paling besar jihad?
Ikhwan (Batam)
1 month ago on Aqidah

Apakah Qadha Puasa Bisa Digantikan ?

Assalammu'alaikum Ustadz Saya ingin bertanya sekaligus meminta saran kepada Ustadz Saya memiliki seorang teman kerja (perempuan) dia masih memiliki hutang Qadha Puasa tahun 2015 sebanyak 14 hari (Menstruasi & Sakit). Hingga tiba Bulan Puasa tahun 2016 dia belum membayar hutang Qadha nya dan kemudian dia melanjutkan ikut Puasa pada tahun kemarin (2016). Pada tahun tersebut, dia memiliki hutang lagi sebanyak 16 hari (Menstruasi & Sakit) lagi. Sampai sekarang dia masih memiliki catatan hutang tersebut yang berjumlah 30 hari. Lalu yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana hukumnya menunda puasa hingga tiba puasa selanjutnya? Dan apakah ada cara lain untuk membayar hutang tersebut selain meng-Qadha nya? Sekian pertanyaan dari saya. Terima Kasih Ustadz. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata Wassalammu'alaikum Wr. Wb.
Ikhwan (Jakarta)
1 month ago on Aqidah

Pahala Dakwah

Ustadz apakah saya mendapat pahala menasihati orang yg pernah berzinah dan pernah melakukan aborsi, sampai dia memang sungguh2 bertobat kepada allah swt, dan apakah tobanya bisa diterima?
Ikhwan (Yogyakarta)
1 month ago on Aqidah

Rumah Bertralis Salib

Assalamu'alaikum.. Ustadz, saya mau tanya.. Apa hukumnya menyewa rumah yang tralis jendelanya berbentuk salib..? Dan apa yang harus dilakukan ketika sudah terlanjur menyewa rumah tersebut..?
Ikhwan (Jakarta)
1 month ago on Aqidah

Menikahi Calon Yang Perbuatannya Buruk di Masa Lampau

Ustadz bagaimana jika saya sangat mencintai pacar saya tapi ternyata pacar saya berikan statmen bahwa dia tidak perawan lg dan pernah mengugurkan kandungannya umur 1 bulan, tapi dia sangat mencinta saya, saya juga sangat mencintainya, dia sekarang benar2 ingin tobat dia bicara bahwa di bakal lakukan untuk menebus dosa besarnya.. Bagaimana apa yg harus saya lajukan ustdz??
Akhwat (Palembang)
1 month ago on Aqidah

Tobat Dari Aborsi

Ustadz gimana cara bayar dosa aborsi kandungan yg masih berusia 1 bulan hasil perzinahan? Saya mau tobat dan ingin membayar dosa-dosa keji saya ustadz
Akhwat (malaysia)
1 month ago on Aqidah

Aurat Suami Istri Dalam Berwudhu

assalamualaikum ustaz.. apakah hukum whuduk seorang isteri apabila dilihat rambut, tangan dan kaki tanpa alas oleh suaminya sendiri?? bagaimana pula dengan bapa mertua lelaki..apakah hukumnya ya ustaz.. syukran..
Ikhwan (medan)
1 month ago on Aqidah

nama menentukan agama seseorang??

assalamu'alaikum ustad.. saya penasaran apakah nama seseorang akan menentukan agama nya?? contoh nama : Oscar Valentino tapi agama nya islam. apakah itu dibolehkan atau haram memakai nama tersebut?
Ikhwan (Kaltim)
1 month ago on Aqidah

Apakah benar amal kita diperlihatkan pada kerabat yang telah meninggal?

Assalaamualaikum ustat Saya pernah diskusi dengan saudara saya ketika dia menanyakan apakah orang yg meninggal mengetahui segala perbuatan kita yang masih hidup. Ketika itu berdasarkan yang saya pahami bahwa ketika kita mneutupi aib saudara kita didunia maka Allah akan menutupi aib kita pada hari kiamat. Berdasarkan hadis itu saya membantah jika orang yang meninggal bisa mengetahui perbutan baik/ buruk kita karena alam barzah itu sebelum hari kiamat, artinya menyalahi hadis tadi jika orang yg meninggal mengetahui segala amal perbuatan saudaranya yang masih hidup. Sampai akhirnya saya membaca hadis riwayat abu dawud: "Sesungguhnya semua amal kalian akan dipertontonkan kepada kerabat dan keluarga kalian di kubur mereka. Jika (melihat) amal yang baik, mereka merasa bahagia dengannya. Dan jika (melihat) amal yang buruk, mereka berdoa, 'Ya Allah, berilah mereka ilham (ide) untuk melakukan amal taat kepada-Mu" Bagaimanakah status hadis tersebut ustat? Mohon penjelasannya. Terimakasih Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Akhwat (Kalideres)
2 months ago on Aqidah

Orang yang sudah meninggal

Apakah orang yang sudah meninggal masih memperhatikan keluarga Dan mengetahui keadaan keluarga nya yang yang masih hidup?
Akhwat (Yogyakarta)
2 months ago on Aqidah

Gelisah Karena Dosa Besar Syirik di Masa Lampau

Assalamu'alaikum Wr Wb. Afwan jika pertanyaan saya terlalu berat. Astaghfirullah, saya tidak tahu lagi harus bertanya kepada siapa karena saya baru pindah kota dan belum menemukan ustadz maupun ustadzah yang bisa saya tanyai langsung mengenai hal ini. Mohon maaf sebelumnya saya jelaskan dulu latar belakang agama saya. Sebetulnya saya terlahir muslim, namun pemahaman agama islam di masa lampau sungguh amat sangat kurang, terlebih dulu nenek saya menganut protestan sehingga orangtua saya pun minim pengetahuan islamnya (tapi alhamdulillah semenjak tahun lalu kami sering mendengar ceramah2 dari para ustadz). Di masa lampau saya berpacaran dengan pemuda protestan. Kekurang tahuan saya menjadikan saya terjerumus, sehingga atas nama cinta saya rela mengubah kepercayaan menjadi protestan. Saya mengikuti katekisasi (kegiatan pembelajaran agama kristen) dan dibaptis pada tahun 2012. Alhamdulillah Allah memberikan saya hidayah kembali di tahun 2013 dengan mempertemukan saya dengan seorang ikhwan dan akhirnya saya bertaubat dan kembali meyakini islam. Permasalahannya, sampai saat ini saya masih terdaftar sebagai jemaat Gereja Kristen Indonesia dan saya baru mengetahui itu ketika saya iseng mencari nama lengkap saya di google. Alangkah gelisahnya hati ini. Saya mencari cara untuk keluar dari daftar jemaat gereja namun nihil. Saya bertanya kepada Mualaf Center tapi tidak berhasil. Yang saya ingin tanyakan, langkah apa yang harus saya lakukan jika keanggotaan saya dari gereja masih terdaftar dan tidak bisa terhapus sehingga membuat kegelisahan dalam hati saya. Sungguh kalau ada caranya saya mohon bantuannya. Terimakasih atas perhatian anda. Astaghfirullah. Semoga Allah mengampuni dosa syirik saya di masa lampau dan semoga Allah senantiasa melindungi umat islam dari segala fitnah dunia. Aamiin.
Akhwat (banten)
2 months ago on Aqidah

saat mengulangi kesalahan setelah taubat

assalamualaikum pak ustadz saya mau tanya, bagaimana hukumnya jika saat sudah taubat, kita khilaf melakukannya lagi?
Akhwat
2 months ago on Aqidah

Putus Asa

Assalamualaikum, ustad bisa tolong sebutkan perilaku&contoh orang orang yg berputus asa terhadap rahmat Allah? Saya pernah mengalami stress, hingga saya pernah rasanya ingin membentur kepala ketembok, tetapi Alhamdulillah saya tidak melakukan itu karena saya tahu itu dosa. Lalu saya pernah berkata bahwa saya lelah dengan semua ini. Apa perbuatan saya bisa digolongkan putus asa?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com