SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Depok)
2 weeks ago on Aqidah

Kehidupan

Assalamualaikum Wr. Wb. Pak ustadz, saya ingin bertanya, bagaimana cara agar berhenti masturbasi, saya ingin taubat pa ustadz, terima kasih sebelumnya
Akhwat (pontianak)
2 weeks ago on Aqidah

Dosa Zina

assalamualaikum.. ustad apakah benar jika seorang wanita berpacaran dan melakukan zina dengan laki-laki yang bukan makhromnya , dosa wanita tersebut dipertanggung jawabkan oleh orang tuanya ? mengapa demikian.
Ikhwan (Tangerang Selatan)
1 month ago on Aqidah

cara bertaubat dari mencela agama

Assalamu'alaikum ustadz, Jika mengolok olok agama seperti mengolok olok Allah atau Rasulullah merupakan perbuatan yang berakibat murtad. maka, bagaimana cara bertaubat dari perbuatan tersebut? Mohon penjelasannya ustadz Jazakallahu Khayr
Ikhwan (bekasi)
1 month ago on Aqidah

Menghadapi Tetangga Bermasalah

assalamu alaikum , pertanyaan saya : saya bertetangga dg seorang muslim taat (laki-laki)baik dr ibadah dan penampilan. namun kaka ipar nya mempunyai bisnis properti namun melakukan kecurangan thd saya( sdh membayar lunas tp surat2 tidak diberikan dgn alasan kurang bayar), sikap sya thd tetangga biasa saja, jika bertemu salam, namun kebalikan dr sikap tetangga saya itu seolah memusuhi saya dan menyebarkan berita2 menghasut. bagaimana sikap saya ?
Akhwat (Sumatera selatan)
1 month ago on Aqidah

Bekerja Dengan Syarat Membayar Sejumlah Uang?

Assalamualaikum,,, pak uztad, maaf sebelumnya saya bercerita sedikit. Waktu itu saya lagi mencari pekerjaan, saya mencari info pd teman saya yg sudah bekerja di sebuah perusahaan. Teman saya bilang, kalo mau bekerja di perusahaan ini harus pake uang karna teman saya pun masuk bekerja dimintai uang. Awalnya saya ragu, tapi saya butuh pekerjaan. Karna tidak ada sm sekali niat di hati saya to menyuap. Kalopun saya disuruh tes waktu itu tanpa uang pun saya mau. Lanjut, Berkas2 syarat pekerjaan sdh saya berikan kpd pihak perusahaan. Tp pihak perusahaan meminta sejumlah uang, dg terpaksa saya berikan. (dan uang itu saya peroleh dg meminjam kpd kluarga saya). Setelah bbrp minggu saya langsung bekerja sampai saat ini. Namun, saya merasa gundah karna saya baru tau dan mendengar bahwa bekerja dg cara menyuap itu haram. Mohon pencerahannya pak uztad, bagaimana hukumnya pekerjaan saya ini, karna jujur saja saya tidak ada niat to menyuap? Dan bagaimana hukum gaji saya selama ini? Dan apakah saya harus berhenti dr pkerjaan saya atau tetap diteruskan? Syukron , waalaikumsalam pak ustad.
Ikhwan (Bandung)
2 months ago on Aqidah

Saran dan Rekomendasi Da'i

Assalamua'alaikum Afwan mohon beri rekomendasi terkait da'i yang menjelaskan tentang Tauhid Jazakumullah Khair
Akhwat (Madura)
2 months ago on Aqidah

Hamil di luar nikah apakah harus mengulang akad?

Assalamualaikum wr wb pak ustadz saya mau tanya saya punya sodara yg hamil di luar nikah sudah melakukan akad sekarang sudah lahiran. Sama orang tua di suruh akad ulang tetapi suaminya tidak mau. Apakah harus atau wajib akad ulang? Apakah bisa tanpa mengulang akad nikah?
Ikhwan (Tanjung Tabalong)
2 months ago on Aqidah

Apa Yang Pertama Saya Pelajari?

Assalamualaikum ustadz Saya baru kenal Sunnah, saya tidak terlalu mengerti tentang agama, walaupun saya seorang muslim. Sebaiknya apa yg pertama saya pelajari, dan buku apa sebaiknya yang saya baca.. Jazakallah Khairan Assalamualaikum
Ikhwan (Bekasi)
3 months ago on Aqidah

Datang Ke Walimah Non Muslim

Assalamu'alaykum Ustadz. Ana mau bertanya. bagaimanakah hukum nya datang ke walimah non muslim di gedung. (bukan di gereja). dan di walimah tsb tidak ada upacara keagamaan nya. mengingat upacara keagamaanya telah dilaksanakan di gereja. dan gedung tsb. adalah gedung umum. dan jau dari gereja. (bukan bagian gereja)? Jazakallahu khaira.
Akhwat
3 months ago on Aqidah

Benarkah Ada Sunnah Mengunyah Makanan 40 Kali?

Assalamu‘alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh Benarkah Ada Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam utk mengunyah makanan hingga 40 kali? Jazaakumullahu khairan
Akhwat (Jakarta)
3 months ago on Aqidah

Apakah Ini Pengobatan Yang Dibolehkan?

Assalamuallaikum ustadz, saya sedang sakit, ibu dan ayah saya memaksa saya untuk berobat ke orang pintar. yang dimana metodenya ia bisa melihat penyakit melalui telur yang di tempelkan ke telapak tangan pasien. saya ragu untuk masalah metodenya pak ustadz. saya sudah bertanya bagaimana orang pintar itu bisa melihat hanya melalui telur saja?orang tua bilang tidak tahu. tapi mereka memaksa secara halus melihat banyak keluarga saya yang berobat kesana dan sembuh. saya tetap tidak mau karena takut akan dosa syirik yang dimana dosa yang tidak dapat di ampuni. orang tua saya bilang kalau si orang pintar ini tetap berdoa kepada Allah dan menjalankan sholatnya, si orang pintar tidak memperbolehkan percaya kepada dia dan tetap percaya sama Allah. tapi saya tetap ragu dengan metodenya yang memakai telur itu. bagaimana seharusnya saya menyikapinya?sedangkan orang tua saya bersih kukuh dengan halus untuk berobat disana. saya hanya ingin saya sembuh dengan ridha Allah.
Ikhwan (Kota Maba Kab. halmahera timur Prov. Maluku Utara)
3 months ago on Aqidah

Ziarah Sebelum Berhaji

Assalamualkum Affwan ustad. ada 1 kejadain di kampungku secara turun temurun yang dilakukan oleh warga setempat, kejadian tersebut menurut saya mengalami pertetangan dengan akidah, soalnya apa yang dilakukan oleh warga setempat tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah Saw. (Syirik) kejadian itu adalah setiap menjelang ibadah haji, maka warga yang mau berangkat haji ini harus dan wajib pergi jiarah di satu pulau yang banyak keramatnya, dan saya bertaya pada salah satu warga, apakah kalian ihklas melakukan hal ini? jawabnya ia adalah ihkals. jadi gimana ini soal ini ustad ana bingung. mohon penjelasanya
Akhwat (Garut)
4 months ago on Aqidah

Pernah berzina terus menikah

Assalamu'alaikum, wr,wb Dulu saya dan suami saya sebelum menikah pernah berzina. Setelah 3 tahun pacaran dan selama pacaran kami sering berzina dan kami menikah, dan setelah menikah kami menyesali perbuatan kami di masa lalu itu. Apakah pernikahan kami sah? Atau harus mengulangi akad lagi? Pernah denger katanya pernikahan org yang berzina tidak sah, lalu apa yang harus kami lakukan sedangkan jika harus di ulang akdanya haruskah kami jujur pada org tua kami agar mau jadi wali nya, haruskah membuka aib kami itu? Kami menikah dalam keadaan saya sudah haid dan dalam keadaan TIDAK hamil.
Ikhwan (surabaya)
4 months ago on Aqidah

Shalawat Yang Tepat

assalamu alaikum wr wb Dosa saya sepert buih lautan, seperti pasir, mungkin juga melebihi debu didunia. Tapi saya ingin taubat. yang pertama saya ingin amalkan istigfar serta sholawat. Istiqfar saya sudah bisa, sholawat yang saya masih bingung ustad. banyak sekali referensi tentang sholawat bahkan ada yang mengatakan kalau sholawat itu tidak perlu menggunakan kata sayidina..langsung saja allohuma shali ala muhammad wa ala ali muhammad. mhon diajarkan kepada saya bagaimana bersholawat yang seperti rosululloh ajarkan. itu saja ustadz terima kasih sebelumnya..walaikum salam wr wb
Akhwat (Bandung)
4 months ago on Aqidah

Menyukai Pria Yang Non Muslim

Jadi gini ustadz, saya dan teman lelaki saya dekat. teman teman saya bilang saya dan dia seperti orang "Berpacaran" tapi tidak ustadz, dia bilang kalau dia menyukai saya, dan saya hanya anggap dia sebagai teman dekat saya. Saya bingung harus gimana. Dia Katholik yang taat pada agamanya. Sekian Terimakasih Ustadz

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2018 - Www.SalamDakwah.Com