SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (Yogyakarta)
3 weeks ago on Aqidah

Tetangga Berisik

Assalamualaikum Ustadz, saya mau bertanya perihal bertetangga. Kebetulan saya anak kos dg kamar berhadapan dengan anak lain. Suatu ketika dia baru pindah ke depan kamar saya ustadz. Lalu pertama kali di malam isya waktu tarawih dia ramai sehingg saya tidak bisa konsentrasi untuk sholat tarawih, kemudian saya menegur dan meminta waktu tenang untuk beribadah. Lalu ustadz dia ramai lagi saat malam jam istirahat, kemudian saya mengingatkan dengan meminta maaf untuk mengingat jam malam. Namun singkatnya pada saat itu saya langsung diblokir akses WA saya. Dan kemudian berkali-kali kembali dia ramai lagi di waktu malam istirahat, shg saya terpaksa memberikan kode suara untuk memberitahu. Disamping itu ustadz saya juga selalu tidak berkeberatan apabila dia harus ramai dengan kepemtingan yg mendesak seperti mengajar online, berkomunikasi dengan orang tua, hanya saja yg selalu saya sayangkan pada waktu malam hari istirahat itu adalah untuk hal hal yg bersifat pribadi spt menonton film Saya sangat merasa menyesal apabila selesai mengingtkan dan dia tidak ramai lagi, sehingga pada hari raya saya mencoba memberi makanan sekaligus meminta maaf, tetapi makanan tersebut dibiarkan tetap menggantung di pintunya dan kemudian ditaruh di kulkas selama 2 hari tidak dimakan. Saya juga ingin mencoba untuk mencoba mengobrol kembali tetapi hati saya masih belum siap krn respon dia yang terlalu cepat memutuskan komunikasi padahal niat saya hanya mengingatkan dan meminta untuk saling menghargai. Apa yang harus saya lakukan ustadz😭😭 bahkan sampai skrg kalau malam hari dia selalu melihat film dan istirahat di pagi-siang harinya Sedangkan saya ingin sekali tidur dengan normal kembali ustadz krn jujur itu mengusik dan mempengaruhi waktu istirahat saya, krn saya tidak bisa terus2an tidur menggunakan earphone untuk meminimalisir suara2 dari kamar dia
Akhwat (Yogyakarta )
3 weeks ago on Aqidah

Orang Tua Tidak Suka Anaknya Menuntut Ilmu

Bismillah Bagaimana, jika seorang anak perempuan tidak di izinkan ataupun tidak suka anaknya pergi ke majelis ilmu sedanh didalam keluarga tidak diajarkan tentang agama.. Bahkan ketika pergi ke majelis ilmu sering dibilang.. "organisasi apa itu, kayak terorist pake kerudung panjang panjang mukanya gak usah ditutup" sebagai anak hanya bisa diam karena takut jika melawan orang tua :"
Akhwat (Pontianak)
1 month ago on Aqidah

Was - Was Telah Murtad

Assalamualaikum, saya merasa was was telah murtad. Waktu saya kecil dulu. Saya senang menonton film kartun. Di film kartun tersebut terdapat adegan seseorang tersebut menyembah sesuatu yang tidak seharusnya. Karena saya belum baligh dan masih suka berkhayal maka saya juga ikut melakukan adegan tersebut. Dengan menyembah sesuatu yang tidak semestinya disembah. Saya merasa was - was. Apakah saya telah murtad? Terima Kasih
Akhwat
1 month ago on Aqidah

Beda Pemahaman Dengan Calon Pasangan Hidup

Assallamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Ustadz, saya mau bertanya. Begini saya seorang perempuan berpahaman Ahlussunnah Wal Jama'ah (NU) dikhitbah oleh seorang pria yg berpahaman Salafiyah. Perbedaan tersebut yg membuat saya dilema sekaligus bingung menentukan. Mohon masukkannya ustadz🙏🏻 Syukron...
Ikhwan (Kota Bima)
1 month ago on Aqidah

Cara Menebus Dosa Sering Tidak Membayar Angkot

Assalamualaikum ustad. Salam dakwah salam pagi. Dulu waktu sy masih duduk di bangku sekolah (SMP). Sy sering tidak membayar angkot yg sy naiki. Sekarang umur sy sdh 28 tahun. Sy mulai berpikir mungkin yg sy lakukan dulu perlu di tebus agar tdk mendapat dosa. Bagaimanakah sy bisa menbusnya ? Sy sudah tdk ingat lagi angkot yg mana sy naiki, kneknya siapa, dan berapa kali sy tdk bayar. Mohon pencerahannya pak ustad.
Akhwat (Tgr)
1 month ago on Aqidah

Ragu Dalam Keimanan

Assalamu'alaikum ustadz saya mau bertanya, sudah 2/3 hari ini saya merasa ragu dengan kebenaran islam, saya ragu dan bingung dengan kehidupan akhirat, saya rasanya ingin bertanya banyak hal ttg islam untuk membuktikan keraguan saya salah. Saya lahir di keluarga islam, di didik dengan cara islam tapi mengapa saya suka ragu seperti ini sudah 3x seperti ini. Apa tindakan yg harus saya ambil saya tidak ingin ini terulang lagi
Ikhwan (Jakarta)
2 months ago on Aqidah

salamdakwah.com situs radikal?

Assalamualaikum, mohon maaf saya ingin menanyakan sesuatu yang berbau kontroversial. Mungkin informasi ini sudah beredar sejak lama, namun saya baru mengetahuinya belum lama akhir2 ini. Jadi saya menemukan bahwa salah satu ormas merilis sebuah daftar website islam yang dinilai radikal, buruk, anti pemerintah dsb. Dan kebetulan saya menemukan bahwa website ini (Salam Dakwah) juga termasuk salah satu diantaranya. Rasanya ada perasaan tidak terima di hati saya lantaran saya sudah berbulan-bulan menggunakan website Salam Dakwah ini sebagai referensi utama saya untuk mempelajari ilmu Islam. Saya merasa sangat kecewa. Jadi bagaimana tim redaksi Salam Dakwah menyikapi ini? Saya mohon klarifikasinya untuk menenangkan hati saya dari kekecewaan
Akhwat (Tangerang)
2 months ago on Aqidah

Menghadapi Remaja Aneh Yang Meneror Saya dan Anak

Assalamualaikum, izinkan saya bertanya ya ustadz. Jadi begini, saya didatangi seorang remaja salah satu tetangga saya yang mengadukan dirinya sendiri telah melakukan pelecehan seksual kepada anak saya beberapa bulan lalu. Tapi dia bilang yang dilakukan hanya menindih anak saya tanpa melepas pakaiannya dan tanpa memasukkan *mohon maaf* penisnya ke kemaluan anak saya. Saya berpikir remaja kurangajar ini mengada2 ustad, karena setelah saya periksa tidak terjadi apa2 pada anak saya. Bahkan saat si remaja itu menanyakan hal tersebut kepada anak saya, anak saya menjawab dia baik2 saja dan tidak pernah diperlakukan hal seperti yang diakui oleh remaja tersebut. Saya pun marah padanya karena berpikiran bahwa dia telah mengada ngada dan membicarakan sesuatu yang tidak pantas di hadapan anak saya lalu mengusirnya. Tetapi kemudian dia menghubungi saya meminta maaf dan bilang mau bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan alat kelamin atau hal lain yang diakibatkan oleh perbuatannya. Kemudian saya mematikan telfon dan setelah itu saya kembali mengecek anak saya dan *mohon maaf* mengecek alat kelaminnya namun saya tidak menemukan ada sesuatu yang salah. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana saya harus menyikapi si remaja aneh ini? Haruskah saya percaya padanya dan harus saya apakan dia? Mohon maaf pak ustad, saya tidak dapat mengontrol emosi dengan baik dalam keadaan berpuasa. Mohon pencerahannya
Akhwat
2 months ago on Aqidah

mandi wajib bagi orang yang telah murtad dan kembali masuk Islam

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Apakah hukum mandi wajib bagi seorang muslim yang telah murtad kemudian masuk Islam kembali? Jika muslim murtad yang kembali masuk Islam ini tidak mandi wajib dia hanya mengucapkan syahadah dan langsung melakukan kewajiban-kewajibannya sebagai seorang muslim, apakah ibadah-ibadah berupa shalat, shaum dan lain-lain tidak sah?
Akhwat (Depok)
2 months ago on Aqidah

lanjutan pertanyaan "apakah perlu dimaafkan"

Assalamualaikum pak ustad, saya mau melanjutkan pertanyaan yang saya tanyakan kemaren http://www.salamdakwah.com/pertanyaan/7714-apakah-perlu-dimaafkan saya sudah berbicara panjang lebar dengannya (sepupu laki-laki yang pernah berbuat cabul ke saya) melalui wa tadi malam setelah mendapat jawaban dari pak ustad. jadi dia mengatakan bahwa dia memang ingin bertaubat, tapi masih kesulitan untuk sepenuhnya menghindari dosa. tapi dia gak pernah lagi berbuat dosa yang merugikan orang lain, dia juga bilang katanya baru bisa bersungguh-sungguh untuk bertaubat pada dosa yang pernah dia lakukan dengan saya dan adik saya karena takut dengan ancaman hukuman zina. nahh dari sini saya mau tanya: 1. apakah boleh kalau dia cuma bertaubat dari 1 dosa ini saja? tapi ntah kenapa saya yakin kalau dia gak akan lagi mengulang perbuatan yang sama ke saya ataupun ke orang lain karena vn yang dikirimnya sambil menangis nangis. dia juga sudah sholat taubat dan minta ampun dari Allah 2. katanya juga dia belum berani buat minta maaf langsung ke adik saya yang jadi korbannya juga, katanya karena masih terlalu kecil jadi dia gak tega. katanya mungkin beberapa tahun lagi kalau adik saya sudah baligh, nahh gimana yang seharusnya? apa dia harus ngakuin perbuatannya ke adik saya juga atau gak perlu? 3. dia sudah saya kasih tau kalau saya bertanya di web ini, trus dia titip pertanyaan. saya kopy chatnya disini "Pak ustad, saya sudah sangat menyesali perbuatan saya. saya benar-benar tidak pernah lagi melakukannya sejak 2 tahun yang lalu, saya juga tidak pernah lagi terpikir buat melakukan itu. taubat yang saya lakukan ini karena saya tiba2 teringat perbuatan saya ini di masa lalu, saya sudah sholat taubat dan minta ampunan. tapi saya sadar perbuatan saya juga menyangkut hak manusia, makanya saya meminta maaf pada si A**** (maaf sensor,dia nyebut nama saya) tapi saya belum minta maaf pada adiknya karna takut dia memahami sesuatu yang belum waktunya. harus bagaimana yang saya lakukan ustad? saya harus tutup aib ini rapat-rapat atau mengaku ke orang tua mereka berdua? tapi saya tidak melakukan pemerkosaan terhadap mereka pak ustad, saya hanya 'menggesekkan' saja, apa itu termasuk dosa besar juga?" mohon maaf sudah merepotkan dengan permasalahan saya ya pak ustad, tapi saya mohon jawabannya. karna saya sudah maafkan dia tapi saya gak tega kalau permasalahan dia dengan Allah masih belum terselesaikan. terima kasih pak ustad
Akhwat (Depok)
2 months ago on Aqidah

Apakah Perlu Dimaafkan

Assalamualaikum pak ustad, saya anak perempuan umur 16 tahun. saya punya sepupu laki-laki umurnya sekarang mungkin 21 tahun. dia tiba-tiba chat saya lewat wa trus dia ngaku katanya pernah cabul sama saya dan adik saya 3 tahun yang lalu sebelom saya baligh, saya dulu gak tau kalo dia pernah berbuat itu karna belom ngerti. trus dia minta maaf lalu bilang ke saya tolong kalo dimaafin jangan kasih tau siapa siapa karna dia udah tobat katanya, tapi dia bilang pasrah kalo saya mau aduin perbuatannya ke orang tua saya. apa boleh kalo saya maafin aja dia tanpa bilang ke siapa siapa? tolong dijawab ya pak ustad, saya udah susah searching tempat tanya kemana mana
Ikhwan (Jambi)
2 months ago on Aqidah

Patung Hiasan di Tempat Kerja

Bismillah assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. Di tempat kerja saya , dan saya baru bekerja adat patung hiasan di atas tempat meja kerja saya, apa yg saya harus lakukan ustad, apa saya langsung buang , disimpan atau saya bilang ke bos saya dlu bahwa patung di haramkan. Syukron ustad
Ikhwan (Bekasi)
3 months ago on Aqidah

Bermaksiat Tanpa Niat

Assalamualaikum Ustadz apakah bermaksiat tanpa niat di hitung dosa?
Ikhwan (Jakarta)
3 months ago on Aqidah

Aura Tasbih

Assalamualaikum wr wb Saya akbar azhari Asal jakarta Ustadz bagaimana hukumnya memakai tasbih tiap hari dan di pakai berpergian dan saya merasakan aura di tasbih itu lain? saya merasakan aura jahat dari tasbih itu tasbih itu punya teman saya dan yang saya lihat setelah memakai tasbih itu di lehernya kemanapun dia pergi wanita selalu mengikutinya apakah dia membuka aura di wajahnya atau ada hal lain ustadz
Akhwat (Batam)
3 months ago on Aqidah

Tindakan apa yg harus dilakukan oleh seorang pencuri?

Assalamualaikum maaf mau bertanya apa yg harus dilakukan oleh seorang pencuri ketika dia sadar dengan apa yg diperbuat salah, namun dia sudah menyesalinya dan ingin bertaubat, tentu saja diterima taubat itu urusannya langsung dengan Allah SWT, lalu apa yg harus dia lakukan dgn barang" hasil curiannya?? Tentunya barang/ benda yg dicuri tidak mungkin dikembalikan jika itu diambil dari mall atau toko".. apakah harus dibuang? Disedekahkan?? Atau dijual?? Sementara kalau barang curian itu masih berada pada org tsb tentu yg kita tahu dosanya akan selalu mengalir terus menerus semisal pakaian yg dikenakan atau semacamnya?? Mohon pencerahannya, terimakasih banyak. Wassalamualaikum wr.wb

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com