SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Ciamis, Jawa Barat)
1 week ago on Fiqih

Imam Selalu Melaksanakan Qunut Subuh

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Afwan ustadz mohon dikoreksi apabila pernyataan saya ada yang keliru. Setahu saya qunut subuh itu khilafiyah antara imam madzhab. Tapi, apabila kita bermakmum dibelakang imam yg qunut kita dianjurkan ikut qunut. Sedangkan jika dilakukan terus menerus itu termasuk bid'ah. Di masjid dekat rumah saya, setiap hari berqunut otomatis saya juga berqunut setiap subuh. Yang saya lakukan adalah saya selalu ikut berqunut tetapi terkadang juga tidak untuk menghindari bid'ah yg dilakukan terus menerus. Apakah ini dibenarkan ustadz? Karena ini sangat membingungkan saya. Mohon pencerahanya ustadz. Terima kasih. جزاك اللهُ خيرًا
Akhwat (sumbar)
2 weeks ago on Fiqih

Dana infak siswa yang kemudian digunakan untuk berqurban bersama

Disekolah saya osis membuat program untuk mengumpulkan infak setiap minggunya. Infak yang terkumpul tersebut kemudian akan digunakan untuk berqurban pada saat idul adha tahun ini. Apakah hal itu boleh dilakukan dan atas nama siapa hewan qurban itu akan diqurbankan? mohon bantuannya.
Akhwat
2 weeks ago on Fiqih

Baca Al-Quran dari HP sambil Rebahan

Assalamualaikum wr.wb. mohon bertanya ustadz apabila sebelum tidur membaca al-quran melalui hp dengan rebahan di tempat tidur apakah diperbolehkan? dan apakah membaca al-quran melalui hp diharuskan berwudhu' dahulu?
Akhwat (Jakarta)
2 weeks ago on Fiqih

Memberi pinjaman dari hasil kerja di bank konvensional

Assalamualaikum warahmatullohiwabarakatuh Saya dulu pernah kerja di bank konvensional, alhamdulillah saya sdh resign. Ada uang pensiun dari bank tersebut yg sy tdk cairkan. Saya berencana menjadikannya untul pinjaman tanpa bunga bagi yg mpy hutang atau terdesak keperluan. Apakah hal ini dibolehkan secara syari dan halal? Terima kasih
Ikhwan (Ciamis)
3 weeks ago on Fiqih

Apakah Ini Termasuk Nadzar

Assalamu’alaikum. Ustadz apakah kata-kata ini termasuk nazar “Kalau saya punya uang mah saya akan membeli handphone itu” dan jika sudah mempunyai uang apakah dia harus memenuhi nazarnya, jika dia tidak memenuhi nazarnya apakah harus membayar kaffaroh? Terima kasih sebelumnya. Wassalamu’alaikum
Akhwat (bekasi)
4 weeks ago on Fiqih

Wanita Menginap Karena Mengikuti Diklat

Assalamu"alaikum.. ustadz... mau tanya... bagaimana hukumnya apabila seorang wanita pekerja mengikuti diklat (pendidikan dan pelatihan) yang mengharuskan menginap selama berhari-hari (minimal 1 minggu) ? apakah diperbolehkan dalam syari'at, mengingat menginap ini tidak disertai mahromnya ? jazakumulloh..
Akhwat (jawa barat)
1 month ago on Fiqih

Hukum Berjanji Menikahi Setelah Melakukan Hal Yang Tidak Layak?

assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakaatuh, semoga ustadz selalu dalam lindungan Allah. aamiin ustadz saya mau bertanya, singkat cerita, ada ikhwan yang sudah mengaji ingin bertaaruf dengan saya, namun ternyata banyak kesalahan yang kita lakukan, hingga kita melakukan maksiat. Lalu sampai berzina (tapi tidak sampai berhubungan), -semoga Allah mengampuni seluruh dosa saya- dan kejadian itu diketahui oleh ayah tiri saya. lalu si ikhwan berjanji kpd saya akan menikahi saya, dan ternyata si ikhwan pun berjanji kepada ayah tiri saya bahwa dia akan menikahi saya untuk bertanggung jawab meski tdk sampai merenggut kehormatan yg berharga sebelum menikah. lalu ibu saya pun tau, dan si ikhwan berucap lagi akan bertanggung jawab. setelah kejadian itu, kita sudah berusaha bertaubat semaksimal mungkin, sampai akhirnya ikhwan itu berusaha meninggalkan saya dan mencari wanita yang lebih baik. perasaan saya sangat hancur, walaupun saya sudah bertaubat. karena saya merasa dia tdk adil, tdk menepati janjinya, padahal dia tau hukumnya. 1. Apa janji yang ikhwan itu ucapkan pada saya dan orang saya wajib dia tepati? 2. apa boleh saya menuntut dia untuk menikahi saya, karena kami pun sudah sama2 bertaubat dan mengaji. semoga jawaban ustadz bisa membuat dia yakin untuk menikahi saya. insyaAllah aamiin.. jazaakallah khairon..
Akhwat (Jawa Timur )
1 month ago on Fiqih

Zina dan Ditinggal

Assalamualaikum ustadz, mohon bantuannya bagaimana jika seorang perempuan dan laki2 telah melakukan dosa besar (zina) kemudian laki2 tersebut berniat akan meninggalkan si perempuan dgn alasan keluarga sehingga perempuan tsb sampai hampir putus asa. Bagaimana perempuan tersebut harus menanggapi ustadz? Apakah harus menuntut atau harus mengikhlaskan? Krn perempuan tsb khawatir akan masa depannya bgmn. Mohon bantuannya ustadz. Terimakasih
Akhwat (Nunukan, kalimantan utara)
1 month ago on Fiqih

melepaskan hijab saat mengikuti pelatihan

Assalamu'alaikum wr wb. Saya tiara, saya baru saja lulus sekolah dari tingkat SMA, rencana saya ingin mendaftar polwan tetapi info yang saya dengar, jika selama pendidikan semua calon harus melepaskan hijabnya, baik saat diasrama maupun sama pesiar(libur). Dan selama pesiar itu diwajibkan memakai baju dinas yang roknya selutut dan otomatis harus melepas hijab. Dan pendidikannya itu kurang lebih 7bulan. Tetapi, setelah sudah dilantik bisa mengenakan hijab kembali saat menjalankan tugas kepolisian. Apakah didalam islam membolehkannya? Nah jadi saya sekarang sedang bingung, apakah ingin lanjut mendaftar polwan tapi harus melepaskan hijab saat pendidikan atau bagaimana? Makasih sebelumnya Wassalamu'alaikum wr wb
Ikhwan (klaten)
1 month ago on Fiqih

Wali nikah anak Perempuan

bismillah.. ana sdh ta'aruf jg khitbah dan akan menikah dgn akhwat yg bpk jg ibu kandungnya tdk tau kabarnya, sementara calon istri ana diasuh orang lain. yg sejak kecil sdh diserahkan ibu dari akhwat ini, dgn persyaratan yg disepakati bersama,kadarulloh akhwat ini adalah anak yg tidak diharapkan kelahirannya. apakah ana harus mencari ayah kandungnya dulu,krn ana tkt nanti keluarga masing orangtua akan tdk terima akhwat ini atau nanti malah mengganggu rumah tangga masing-masing orangtuanya dulu. akhsannya ana menikah melalui wali hakim atau tdk ustadz, syukron wa jazakumullohu khoiran.
Akhwat (Jawa tengah)
1 month ago on Fiqih

Apakah Pezina Yang Bertaubat Pasti Diampuni? Hukuman Orang Yang Berzina?

Jadi saya mempunyai teman yg bertanya kepada saya tentang masalah zina, tapi karena merasa diri saya belum terlalu mengerti tentang itu saya bertanya kepada ustad. Bagaimana dosa seorang penzina, dan apabila seorang yg melakukan zina segera bertaubat dan menyesali perbuatannya, apakah hukuman itu dapat diringankan
Ikhwan (Jogja)
2 months ago on Fiqih

Sepatu Digigit Anjing

assalamu'alaikum ustadz, apabila sepatu kita digigit anjing, terus kita pakai, apakah kaki kita juga harus di cuci dengan tanah ?
Ikhwan (karawang)
2 months ago on Fiqih

Jalan Bekas Dilewati Anjing

Assalamu'alaikum saya ingin bertanya jika saya melewati jalanan yang terdapat banyak anjing yang melewati jalan tersebut, apakah sendal saya terkena najis dari tempat tersebut.
Ikhwan (Bekasi)
2 months ago on Fiqih

Membuat Design Ucapan Natal

Assalammualaikum, Ustad yg saya hormati, saya bekerja dibagian IT dan salah satu ruang lingkup kerja saya adalah pembuatan Design, dan saat Natal atau hari lebaran cina saya diberitugas untuk membuat ucapan tersebut. Bagai mana ya ustad, dalam hati saya selalu menolak melakukan pembuatan design ucapan tersebut, tetapi jika tidak dilakukan sy bekerja pada perusahaan tersebut. Jujur dalam melakukan pembuatan design tersebut saya selalu istigfar dan berlepas diri dari hal tersebut. Mohon pencerahannya Ustad...Terima kasih, Assalammualaikum
Ikhwan
2 months ago on Fiqih

Menjadi TKW

Assalaamu 'alaikum ustadz, bagaimana hukum perempuan yang bekerja menjadi TKW di luar negeri?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2018 - Www.SalamDakwah.Com