SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (duri - riau)
1 week ago on Fiqih

Mendengar Audio Kajian Sambil Bekerja di Kantor

bismillah, ustadz ana saat ini bekerja sebagai admin dari jam 7 sampai jam 4 sore dan ana vekerja 8 jam di depan komputer. apakah boleh ana bekerja sambil menggunakan headset dr handphone mendengarkan audio kajian ?
Akhwat
1 week ago on Fiqih

Makanan Jualan Orang Kafir yang Halal Namun Tidak Diketahui Kondisi Dapurnya

Bismillah.. Kalo makan makanan yang dijual orang kafir yang Kita gak Tau dapur nya bagaimana ya ustadz... Tapi makanannya halal seperti risol,lumpia,pastel..
Akhwat (Kaltara)
3 weeks ago on Fiqih

Berdoa meminta pekerjaan

Bismillah. Assalamualaikum ustadz Apakah boleh kita meminta kepada Allah agar diberi pekerjaan di suatu kantor yang kita inginkan dengan menyebutkan nama kantor tersebut dalam doa kita. Misal "Ya Allah jika engaku ridhoi berilah hamba pekerjaan di ..... Sebagai .....". Mohon penjelasannya ustadz 🙏
Ikhwan (Sambas Kalbar)
4 weeks ago on Fiqih

Waktu shalat

Bismillah, afwan ustadz izin bertanya," begini disebuah musholla disitu diadakan sebuah rapat, sinkgat ceritanya kedengaranah suara azan yg menandakan waktu sshalat Ashar tiba namun seorang pemimpin rapat tersebut berucap kata-kata bahwa masjid yg ngumandangkan suara azan tade waktunya kecepepetan. Sedang kita tau seorang muazin tentu lbh tau kapan wktu azankan, bagaimana itu ustadz?
Ikhwan (Kendari)
1 month ago on Fiqih

Membiarkan Sakit

Bismillah Begini ustadz, sudah 3 tahun ana menderita kanker, sekarang sudah menjalar hampir ke seluruh bagian tubuh. Tapi ana tidak berobat, hanya meruqyah dengan membaca ayat-ayat al qur'an. Ana juga tidak memberitahu keluarga ana tentang penyakit ana karena karena kakak saya beberapa bulan lalu meninggal karena penyakit tumor yg dideritanya dan keluarga ana sangat berdedih karenanya, ditambah lagi utang riba keluarga ana yg membuat ana semakin enggan memberitahukan penyakit yg ana derita. Malahan setiap hari ana terus membantu keluarga jualan di pasar semakin mempercepat penyabaran penyakit ini. Apakah ana menzholimi diri sendiri atau membinasakan diri sendiri ustadz??? Apakah ana berdosa dengan apa yang ana lakukan sekarang??? Karena seharusnya kalau sakit kita dianjurkan untuk berobat.
Ikhwan (Cianjur)
1 month ago on Fiqih

Apakah Boleh Menikah Dengan Seseorang Yang pernah Berzina

Assalammualaikum wr.wb. ustad Saya mau tanya, saya memiliki seorang pacar, saya laki laki yang tidak pernah berzina, sedangkan pacar saya pernah berzina dengan mantan pacarnya sebelum berpacaran dengan saya. Niat saya ingin menikahinya karna saya benar benar mencintainya, tapi di hati saya masih ragu atau seperti tidak yakin karna saya selalu teringat kadang saya marah, murka, dan menyesal karna wanita yang ingin saya nikahi ini pernah berzina dengan orang lain sebelum menikah. Pertanyaan saya, apakah boleh saya menikahi wanita yang telah berzina dengan orang lain sebelum menikah yaitu (pacar saya sekarang) dan apakah sah bila di nikahi oleh saya wanita tersebut? Terimakasih Wassalammualaikum wr.wb
Ikhwan (Jakarta Timur)
1 month ago on Fiqih

Bekerja di BPS

Assalamu'alaikum... Ustadz, ana sekarang sedang menempuh pendidikan di Polstat STIS, jika lulus dr sekolah tersebut ana akan ditempatkan utk bekerja di BPS, apa Hukumnya bekerja di BPS (Badan Pusat Statistik) ustadz? jazaakumullahu khairan
Akhwat (Surabaya)
1 month ago on Fiqih

Mengadopsi Anak Tetangga

Assalamualaikum.... Ustadz saya mempunyai rencana untuk mengadopsi anak dari tetangga saya, apakah di perbolehkan akta memakai nama suami saya dan itu hanya sebagai formalitas saja hitam di atas kertas untuk mempermudah urusan dokumen/surat saja tanpa mengubah nasab dia di lingkungan sekitar dan kami sebagai orang tua angkat tidak akan menutup nutupi asal usul dia dan kami akan memberi tahu siapa orang tua kandungnya dari semenjak kecil, apakah di perbolehkan seperti itu ustadz? Terima kasih.. Wassalamu'alaikum...
Ikhwan (Bandung)
2 months ago on Fiqih

Menggunakan Trik Untuk Menggunakan Perangkat Lunak Berbayar

Apa hukumnya jika menggunakan perangkat lunak berbayar bukan membajak namun menggunakan "trik". Semisal ada perangkat lunak "A" sistemnya bayar dan ada namanya "untuk edukasi", melalui itulah saya menggunakan sebuah email kampus dan menggunakan perangkat lunak tsb secara gratis. Namun email kampus tsb saya peroleh dengan cara trik bukan email resmi kampus. Bagaimana Ustadz?
Ikhwan (Jakarta)
2 months ago on Fiqih

Wali Nikah Mualaf

Assalamua'laykum, Afwan ustadz, Saya mau menikah dengan wanita islam, pada saat lahir bapaknya belum islam(non muslim), tetapi wanita ini sudah islam ikut ibunya yg islam, pas sdh besar anaknya bapaknya baru masuk islam(sudah lama bertahun2). Yang saya tanyakan bagaimana untuk hukum wali nikahnya ?
Ikhwan (Bandung)
2 months ago on Fiqih

ayat alquran dalam konten komedi

Assalamu'alaikum... Permisi Ustadz, saya mau bertanya. Jadi ceritanya saya mau membuat konten dimana disalah satu scenenya ada adegan seseorang seolah olah diruqyah menggunakan ayat kursi. Jadi ceritanya gini, suatu ketika sebuah kelompok kedatangan anggota baru seperti seorang santri, lalu ada anggota bar bar yg ingin menguji ia untuk berkelahi. santri tsb. membaca ayat kursi dan anggota yg tadi seolah olah kepanasan dan kesakitan. setelah adegan itu, si ketua bilang "wah diruqyah" agar penonton tertawa. Apakah konten yang saya buat itu termasuk kedalam mengolok-ngolok ayat al-qur'an (at-taubah 65-66) atau tidak. Saya tidak ingin salah dalam membuat konten. Terima Kasih.
Ikhwan (Depok)
2 months ago on Fiqih

Ingin Orang Tua Berqurban

Assalamualaikum.. Ustadz saya mau bertanya, tahun ini saya ada uang untuk qurban 1 ekor kambing, tapi saya tau ayah saya belum pernah berqurban sekalipun, sedangkan saya (sudah berkeluarga & tidak serumah dg ayah) sudah beberapa kali berqurban, boleh tidak uang itu saya belikan kambing dan diserahkan ke ayah saya untuk qurban dan saya tidak berqurban tahun ini? Atau bagaimana baiknya, mohon masukannya ustadz. Terima kasih Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Akhwat (Jakarta)
2 months ago on Fiqih

Saya Dipaksa Menikah Oleh Orang Tua Saya

Assalamualaikum wr.wb Ustad sya ingin bertanya sya menikah karna dijodohkan Tpi sejak awal sya sudah menolak dan bicara pada kedua orang tua sya namun kedua orang tua sya tetap meningkahkan sya.. Tanpa izn dari sya Dari sang lelaki juga sudah tau bahwa sya tidak menyukainya.. Setelah menikah saya tidak mau diajk berhubungan bahkan sya sering marah" kalau bersma iya 1. Pertanyaan sya bagaimna hukum pernikahan sya ini Ustad 2. Bagaimna hukumnya kalau sya tidak mau diajak berhubungan dengan sang suami 3. Bagaimna hukumnya kalau sya tidak mencintai suami saya Hingga saat inipun sya tidak bisa menggugat cerai karna alasan tidak diperbolehkan kedua orang tua dan sodara" sya Bagaimna saya menyikapi kedua orang tua sya.. Mohon pencerahannya ustad Wassalammualaikum wr.wb
Ikhwan (Bekasi)
2 months ago on Fiqih

Sedekah Kirim Pahala, Apakah Orang Yang Bersedekah Dapat Pahala Juga

Assalamualaikum Ustadz apakah apabila seseorang yang sedekah atas nama orang lain dapat pahala dan yang sedekahkan dapat pahala juga? Yang mengirim sedekah maupun atas nama orang lain dapat pahala juga?
Akhwat
3 months ago on Fiqih

Anak Sepupu Apakah Termasuk Mahram

Bismillah.. *Catatan :- Anak dari kakak perempuan ayah saya (sepupu saya) Ana mempunyai sepupu laki-laki yang memiliki seorang anak laki-laki, apakah anak laki-laki dari sepupu laki-laki ana adalah termasuk mahram ana?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com