SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (jakarta)
2 weeks ago on Fiqih

Tentang Yoga dan Tentang Melihat Video Olahraga (Aurat Sesama Wanita)

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Apakah boleh seorang wanita muslim melihat video olahraga, yoga dan semisalnya, dimana biasanya terdapat aurat wanita lain yg terlihat (dgn pakaian pendek, ketat, dsb)? terimakasih. jazakallah khairan.
Ikhwan (BEKASI)
3 weeks ago on Fiqih

Aqiqah Anak Yang Sudah Meninggal

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. semoga Rahmat Allah selalu tercurah untuk Ustadz dan kita semua. Aamiin. mohon bertanya Ustadz, beberapa waktu yang lalu anak kami yang berumur 3 tahun berpulang ke rahmatullah. dan kami belum melaksanakan aqiqah dikarenakan waktu kelahirannya belum ada dana yang cukup. apakah sekarang kami bisa melakukan aqiaqah setelah anak kami meninggal? jazakallahu Khairan.
Ikhwan (Tangerang)
3 weeks ago on Fiqih

Sisa-Sisa Makanan Pada Sela-sela Gigi ketika Berwudhu?

Assalamualaikum, apa hukumnya sisa-sisa makanan yang terselip diantara gigi atau sisa cokelat (dan yang sejenisnya) di gigi seseorang ketika berwudhu, sahkah wudhunya? Jazakumullahu Khairan.
Ikhwan (Jakarta Barat,Meruya Selatan)
1 month ago on Fiqih

Memakai Sabun Saat Istinja' Memberatkan?

Assalamua'alaikum ustadz izin bertanya, apakah ada dalilnya jika kita ingin mensucikan najis harus hilang bau,warna dan rasa, soalnya saya setiap kali kencing selalu menyabuni kemaluan dan kaki saya yg terkena cipratan air istinja dan itu agak sedikit memberatkan saya karna jika saya misalnya safar dan ketika ingin kencing atau bab di tempat umum kemungkinan besar tidak ada sabun,karna hal ini jg saya jd tdk ada keinginan utk kerja atau menginap bersilaturahmu kerumah saudara karna di tempat umum tsb tidak ada sabun,seandainya saya bawa2 sabun cair itu jg akan memboroskan uang ortu saya ustadz karna setiap ke kamar mandi selalu memakai sabun jika ingin istinja , sekian ustadz pertanyaan saya
Ikhwan (Bekasi)
1 month ago on Fiqih

perbedaan niat dan bisikan hati

Assalamualaikum Ustadz Perbedaan niat dan bisikan hati?
Ikhwan (bogor)
1 month ago on Fiqih

mimpi menikah dengan pasangan

assalamuallaikum wr.wb hallo ustad saya mau tanya, mlm jumat saya mimpi menikah dengan pasangan, itu tanda tanda buruk atau baik ya?
Ikhwan (Jakarta)
1 month ago on Fiqih

apakah semua musafir boleh tidak jumatan

Assalaamualaikum saya ingin bertanya apakah semua musafir boleh tidak sholat jumat?
Akhwat (Gresik)
1 month ago on Fiqih

menunggu beberapa menit di makam setelah mayit dikuburkan

Bismillah, ustadz saya pernah membaca sebuah tulisan dari teman ana, seperti ini : "kalau orang tua setelah dikebumikan, jangan buru2 pulang, tunggulah 10-15 menit krn diwaktu itu malaikat akan datang, jika masih ada anaknya diatas kubur malaikat akan bertanya kepada arwah dengan nada yang rendah". Kurang lebih tulisannya seperti itu ustadz, yang ingin ana tanyakan, apakan tulisan tersebut benar adanya? adakah Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam dan para sahabat mencontohkannya? Jazakallahu khayran, barakallahu fiik
Ikhwan (Surabaya)
1 month ago on Fiqih

apakah sah dan diterima islamnya

Assalamu alaikum mau tanya ustad , langsung saja jika seseorang itu murtad , kemudian karena ke tidak tahuan nya dia menyangka untuk kembali ke islam lagi dia hanya membaca istighfar , kemudian suatu saat dia mencuri wifi seseorang , dan dia mencari di Internet, tentang cara orang murtad kembali ke islam lagi jawabannya adalah dengan membaca dua kalimat syahadat , anggapan dia selama ini ternyata salah , untuk kembali ke islam bagi orang murtad bukan baca istighfar , tapi baca syahadat , dan ilmu pengetahuan tersebut dia dapat dari mencari di Internet dengan cara mencuri wifi seseorang , pertanyaan saya adalah : 1. apakah masuk islamnya orang murtad tersebut sah dan diterima , di karenakan pengetahuannya tentang cara taubat orang murtad di peroleh dari mencuri wifi seseorang . 2. dan apakah ilmu agama yang di peroleh dari wifi curian tersebut yang dari situs situs sunnah , apakah halal dan sah, serta berpahala jika di amalkan ? atau apakah haram jika di amalkan ?
Ikhwan (Jakarta)
1 month ago on Fiqih

merasa ada angin yang keluar ketika wudhu

Assalaamualaikum saya ingin bertanya,suatu ketika saya berwudhu namun ketika wudhu blom selesaisaya merasakan seperti ada angin yang keluar apakah hal tersebut dianggap
Ikhwan (bekasi)
1 month ago on Fiqih

ngomongin orang lain di batin

Assalamualaikum Ustadz apa hukumnya ngomongin orang lain di hati/ batin?
Ikhwan (Jakarta)
2 months ago on Fiqih

apakah keringat di badan, ketiak, dan berbagai cairan semacamnya mengubah sifat air

Assalaamualaikum saya ingin bertanya apakah keringat di ketiak di badan dan lainnya itu mengubah sifat air yaa karena saya was was masalah tersebut terimakasih
Ikhwan (Jakarta)
2 months ago on Fiqih

Apakah saya perlu mengembalikan uang

Assalaamualaikum saya ingin bertanya suatu hari bapak saya ingin mengirimkan uang eletronik 1 juta lalu bapak saya salah transfer hanya sekitar 100 ribuan saja lalu setelah saya memberitahu bahwa salah jumlah transfer baoak saya transfer lagi 1 juta pertanyaannya apakah saya wajib mengembalikan 100 rban itu karena bapaksaya tidak menanyakan lagi
Ikhwan (Jakarta)
2 months ago on Fiqih

sholatnya orang cadel sah?

Assalaamualaikum saya ingin bertanya,saya cadel huruf R lalu otomatis ketika baca al fatihah yng ada huruf Ra nya terkadang tidak bergetar terkadang bergetr tidak sempurna.apakah bacaan saya sah? Terimakasih
Ikhwan (Kemayoran, Jakarta Pusat, DKI Jakarta)
2 months ago on Fiqih

Kalau Tidak Ikut Tanda Tangan Proyek Fiktif Khawatir Dipecat. Cara Menyikapi Uang Hasil Proyek Fiktif

Assalamu'alaikum Ustadz, Saya ingin bertanya. Saya bekerja di sebuah instansi. Kepala Instalasi Saya mengusahakan untuk Instalasi Saya agar mendapatkan Insentif. Aturan untuk mendapatkan insentif dengan melakukan pengecekan secara berkala ke ruangan saya sebut ruangan A. Namun karena telatnya informasi, pengecekan berkala tersebut dilakukan sangat jarang. Saya sendiri hanya pernah melakukannya sekali. Kepala Instalasi memberi solusi dengan dibuat laporan palsu bahwa dilakukan pengecekan berkala, Saya pun ikut tanda tangan di laporan itu karena Saya tidak bisa menolak, bisa jadi Saya dikeluarkan dari pekerjaan yang Saya sangat butuhkan dimasa pandemi ini. Singkat cerita uang Insentif tersebut sudah di transferkan ke rekening masing² dan Saya juga termasuk. Yang Saya ingin tanyakan: 1. Apakah Saya berdosa karena ikut tanda tangan di laporan itu? 2. Uang yang Saya dapatkan ini harus di bagaimanakan agar Saya terhindar dari dosa? 3. Ada 1 bagian dari uang tersebut yang Saya rasa adalah hak Saya karena Saya pernah melakukan pengecekan ke ruangan A 1 kali. Apakah 1 bagian tersebut halal untuk Saya?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2022 - Www.SalamDakwah.Com