SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (pontianak)
4 days ago on Fiqih

Masalah Gaji

Pak Ustad yang terhormat .. Saya mau tanya Saya lulus PNS, tapi waktu tes PNS, saya mencontek, tapi tidak semuanya, ada jawaban yang saya isi sendiri. status gaji saya bagaimana pak ustad, apakah gaji saya haram ?
Ikhwan (Kalimantan Selatan)
5 days ago on Fiqih

Harus Diapakan Nasi Kotak ini?

Assalamualaikuam Ustadz. Pagi ini baru ada rapat koperasi di instansi ana. Di hadapan ana sekarang ada nasi kotak yang bersumber dari Sisa Hasil Usaha Koperasi Simpan Pinjam (riba). Apa yang harus ana lakukan terhadap nasi kotak ini? Boleh dimakan atau tidak? Kalau tidak, harus dikemanakan ini nasinya? Kalau kasih ke anak sendiri atau teman apa tidak tergolong memberi rezeki/hadiah dari sumber yang haram? Kalau dibuang apa tidak mubazir? Semoga saat lapar nanti ana tidak khilaf. Ana tunggu jawabannya. Jazakallahu khairan ya Ustadz.
Akhwat (Jakarta)
5 days ago on Fiqih

Mendengarkan Al-Quran Kemudian Mendengar Musik

Assalamu'alaikum, pak Ustadz bolehkah setelah mendengarkan tartil Qur'an mp.3 kemudian mendengarkan musik (diiringi nyanyian) ? Apakah tidak ada pembolehan sama sekali dgn alasan apapun utk mendengarkan musik/lagu ? Mohon pencerahannya. Terimakasih.
Ikhwan (Kalimantan Selatan)
1 week ago on Fiqih

Semakin Banyak Belajar Semakin Banyak Beban Dalam Agama?

Assalamualaikum Ustadz, baru-baru ini, SalamDakwah ada memposting sebuah Kaidah Ushul yang sangat bagus sekali. Kaidah tsb berbunyi: "Tidak Tahu Dimaafkan, Kecuali Akibat Tidak Mau Menuntut Ilmu", (Tanpa menyebut teks aslinya) yang dinukil dari Kitab Syarah Mandzumah Ushul Fiqih Syaikh Utsaimin. Namun ustadz, karena keterbatasan ana, ana belum bisa menemukan kaidah tersebut dalam kitab yang dimaksud yang ana download format PDF, dengan maksud untuk mencari lafaz asli bahasa arabnya. Ana minta tolong ustadz untuk menyebutkan lafaz aslinya beserta sumber rujukan lengkapnya, karena kaidah tsb sangat ana butuhkan, berhubung salah satu kawan dekat ana sama sekali tidak mau menuntut ilmu dengan dalih takut tidak bisa mengamalkan. Sehingga kaidah tsb akan ana jadikan bahan nasehat untuknya. Jazakallah khairan ustadz.
Ikhwan (Kalimantan Selatan)
1 week ago on Fiqih

Dua Raka'at Sholat Taubat Khusus untuk Satu Jenis Dosa?

Assalamualaikum Ustadz, ada orang yang setelah baca Kitab al-Kaba'ir Imam Adz-Dzahabi, ternyata selama ini ia telah melakukan 20 macam dosa besar, dan sekarang ikhlas ingin bertaubat, menyesal dan azzam tidak mengulangi. Ia ingin melengkapi taubat tersebut dengan sholat taubat. Apakah cukup satu kali sholat taubat utk 20 jenis dosa tsb, ataukah ia harus sholat taubat sebanyak 20 kali sesuai jumlah jenis dosa? Jazakallah khairan ustadz.
Akhwat (Jakarta)
1 week ago on Fiqih

Foto Profil Kartun

Assalamu'alaikum pak Ustadz, saya punya akun sosmed seperti Facebook dan Instagram. Saya tidak memposting foto selfie saya tapi apakah saya boleh menggunakan foto profil kartun wanita berhijab ? Terimakasih banyak.
Ikhwan (Depok)
1 week ago on Fiqih

Hukum Shalat Tarawih 4 Rakaat Langsung

Assalamu'laykum Ustadz. Apa hukumnya shalat tarawih dgn 4 rakaat langsung (4+4+3). Sahkah shalatnya jika kita bermakmum dengannya? Syukran.
Akhwat (Jakarta)
1 week ago on Fiqih

Celana Panjang Untuk Di Rumah

Assalamu'alaikum. Apakah muslimah boleh pakai celana (longgar/lebar) apabila di dalam rumah saja ? Dengan alasan supaya lebih mudah mengerjakan pekerjaan rumah (terutama saat di dapur)
Ikhwan (Depok)
1 month ago on Fiqih

Wanita berhijab memasang foto profil tanpa hijab

Assalamu'alaikum Wr. Wb.  saya ingin bertanya ustadz, bagaimana hukumnya bagi wanita yang baru berhijab, kemudian menggunakan photo profil tanpa hijab ? namun foto yang digunakan adalah foto dimasa dimasa dia masih belum berhijab (diumur yang sama). Dan bagaimana cara menasihatinya ? mengingat dia adalah wanita yang baru mengenal islam dan belum mau banyak belajar tentang islam.  Mohon jawabannya ustadz, terimakasih Wassalamu'alaikum Wr. Wb  
Ikhwan (Tasikmalaya)
1 month ago on Fiqih

Solat Qodo

Assalamu 'alaikum pak ustads izin bertanya ! Apakah qodo solat itu mesti ditentukan? Misalkan kalaau kita mengkodo solat ashar pada waktu magrib,  sebab lupa. Itu menurut pak ustadz bagaimana?
Akhwat
1 month ago on Fiqih

Berwudhu Setelah Makan Daging Unta

Assalamu’alaikum Ustadz, Mengapa harus berwudhu karena memakan daging unta?
Akhwat
1 month ago on Fiqih

Menggambar Manusia dan Hewan Kartun

 Assalamu'alaikum ustadz, Apakah boleh menggambar manusia dan hewan dalam bentuk kartun? Apakah itu termasuk menandingi ciptaan Allah?
Akhwat
1 month ago on Fiqih

Apakah Wudhu Saya Batal?

Assalamu’alaikum ustadz, Kucing saya terkadang suka menggesekkan badannya ke kaki saya yang terkadang (maaf) bagian belakangnya mengenai kaki saya. Jika saya habis berwudhu apakah wudhu saya batal?
Akhwat
1 month ago on Fiqih

Apakah Allah Adil kepada Manusia?

Assalamu’alaikum ustadz, Mengapa Allah menciptakan sebagian manusia memiliki keterbatasan tertentu dan sebagian manusia lain yang tidak memiliki keterbatasan? Karena dengan begitu manusia yang tidak memiliki keterbatasan kadang mencela manusia yang memiliki keterbatasan. Apakah Allah tidak adil?
Ikhwan (Tangerang)
1 month ago on Fiqih

Masbuk sholat subuh, tahiyat akhir tawarruk atau iftirasy

Assalamu'alaikum Ustadz, Saya tertinggal satu rakaat sholat subuh pada imam yang tahiyat akhirnya tawarruk. Ketika imam salam/selesai dan saya berdiri untuk menggenapi, apakah saya harus tetap ikut tawarruk seperti yang dilakukan imam ataukah iftirasy, mengingat saya sudah sholat sendirian tidak lagi menjadi makmum? Jazakallohu khairon

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com