SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Jakarta)
2 weeks ago on Fiqih

Imam Salah Baca Dalam Pelafalan Huruf di Surat Al-Fatihah

Ustadz, bagaimana hukum imam yang menyadari dia salah baca huruf al fatihah saat salat (misal 'ain dibaca alif)sedudah salatnya selesai? Saat bava kesalahan tersebut imam agak menyadari bacaannya ada yang salah namun tetap .elanjutkan karena imam pikir itu hanya keraguan dari syaithan. Apakah perlu salat lagi? Dan bagaimana untuk makmum, apakah perlu salat lagi walaupun makmum tersebut sudah diberi tahu oleh sang imam bahwa imam salah baca? Terima kasih
Ikhwan (Mojokerto)
3 weeks ago on Fiqih

Ragu-ragu saat mandi junub

Assalamualaikum wr.wb. Saya ingin menanyakan perihal keraguan saya saat mandi junub. Pada saat ditengah-tengah saya mandi junub, tiba-tiba Ibu saya memanggil untuk diambilkan bajunya yang tertinggal di dalam kamar mandi, lalu saya mengambilkan dan memberikannya ke Ibu saya dengan membuka sedikit pintu kamar mandi. Lalu saya lanjut mandi junub. Pertanyaan saya, apakah mandi junub saya sah atau saya harus mengulangi mandi junub saya? Mohon dapat dijawab karena hati saya sangat gelisah karena was-was ini, saya takut mandi junub saya tidak sah dan mengakibatkan sholat saya tidak diterima. Terima kasih sebelumnya. Wassalamualaikum wr.wb.
Akhwat (Sulawesi)
1 month ago on Fiqih

Menebus Dosa Ghibah

السلام عليكم Ustad ana mau tanya, bagaimana hukum menebus dosa ghibah ada seorang wanita yg pernah menghibah tp beliau bertaubat dari dosa tersebut namun suatu ketika beliau tdk sadar mungkin beliau tujuannya bukan menghibah tp malah masuk kedalam dosa ghibah, kira2 ketika beliau bertaubat dan berusaha keras untuk tdk mengulanginya lagi maka akankah dosanya diampuni ?dan bisakah untuk menebus dosa tersebut beliau berusaha mendoakan kebaikan untuk org yg di ghibahinya . Jazakumullahu khayr ustad.
Akhwat
1 month ago on Fiqih

Membiarkan Bulu Ketiak Dan Bulu Kemaluan

Bismillah Apakah hukum seseorang yg mandi junub sementara dia tidak memcukur bulu kemaluan dan ketiak, atau salah satunya lebih dari 40 hari? Apakah mandinya menjadi tidak sah?
Akhwat (bekasi)
1 month ago on Fiqih

hak ahli waris yang sudah meninggal

Kepada Yth Ustadz Di Tempat. Assalamu alaikum WW, Kami bersaudara kandung ada 11 Orang, masih hidup 8 orang dan sudah meninggal 3 orang. Ayah kandung kami selaku pewaris meninggal tahun 1994, dan ibu kandung Agustus 2015, dan ibu meninggal tahun 2015 ) Anak laki-laki kedua ( Alm.Hasbi ) meninggal tahun 2014, beliau meninggalkan seorang istri dan 4 anak kandung ( 2 lakilaki dan 2 perempuan ) dan sampai sekarang masih hidup. Anak laki-laki ke 7 ( Alm.Irpan Saleh ) meninggal Februari tahun 2015 ( waktu meninggalnya lebih dulu / 6 bulan sebelum ibu kandung kami meningggal (, beliau meninggalkan seorang istri dan 4 anak kandung / 1 anak laki-laki 3 anak perempuan dan sampai sekarang masih hidup. Pertanyaan kami adalah : Bagaimana pembagian harta kepada 2 anak lakilaki kandung yang meninggal ? Demikian pertanyaan kami atas perhatian ustaz kami ucapkan terimakasih, Wassalam Alam P Harahap
Ikhwan (jakarta)
1 month ago on Fiqih

ijazah dan sim hasil curang

Assalamu'alaikum pak ustadz, Saya mau menanyakan beberapa pertanyaan tentang 2 hal yang saya alami untuk mencari pekerjaan kedepannya agar pekerjaan yang saya terima halal buat saya.. Yang pertama, saya memiliki ijazah sekolah SMA paket c, dimana waktu saya mendapatkan ijazah tersebut proses pembelajarannya menurut saya berbeda dengan sekolah pada umumnya.. berbedanya karena pada saat jadwal belajar mengajar yang menurut saya tidak diwajibkan untuk menghadirinya, karena pada saat saya jarang/tidak menghadiri pelajaran, sama sekali tidak ada teguran dari pihak sekolah untuk itu, seperti bebas mau menghadirinya atau tidak.. Pada saat mau ujian buat kelulusan, murid2 ditempat saya sekolah dibagikan lembar jawaban dari pihak sekolah, untuk nilai ujian yang saya dapatkan di ijazah tersebut saya dapatkan dengan lembar jawaban yang dibagikan, dan untuk nilai lembar SKHUN (surat keterangan hasil ujian nasional) entah pihak sekolah mengisinya dari mana.. Sebelumnya juga ada temen saya yang lebih dulu sekolah disekolah tersebut, dia juga mengalami hal sama, karena dia yang lebih dulu beri tahu saya kalau proses belajarnya seperti itu adanya.. Entah memang merupakan peraturan dari pemerintah seperti itu atau tidak, saya tidak tahu.. Yang kedua, saya juga memiliki SIM C hasil nembak/menyogok, pada saat mau membuat SIM pertama kali, saya dinyatakan gagal karena tidak lolos pada tes tahap pertama yaitu tes teori.. Pada saat kedua kalinya saya dikenalkan oleh teman saya yang memiliki kenalan orang dalam untuk membantu melancarkan proses tersebut dengan membayar uang lebih daripada biasanya.. Pada saat pembuatan SIM yang kedua/dengan cara menyogok tersebut, proses pembuatannya hampir sama seperti proses dengan pembuatan secara normal.. Karena yang saya alami lama prosesnya hampir sama dengan cara yang normal, mengikuti tes lalu menunggu untuk hasilnya.. Bedanya yang saat kedua, saya mengikuti tes teori saja dan untuk tes praktik saya hanya mengisi biodata, tidak mengikuti tesnya, dan itu juga untuk mengikuti kedua tes tersebut hanya formalitas saja menurut saya.. mengenai hal-hal tersebut.. apa hukumnya dalam Islam Ijazah dan SIM saya tersebut? kebetulan saat ini saya sedang menganggur, dan saya ingin mencari pekerjaan kembali, masih bolehkah saya menggunakan kembali keduanya? dan sebelum-sebelumnya saya pernah melamar dan mendapatkan pekerjaan dengan menggunakan Ijazah dan SIM tersebut, dan apa hukumnya hasil dari pekerjaan yang dimana saya menggunakan Ijazah dan SIM tersebut? Maaf jika cerita untuk pertanyaan saya terlalu panjang, karena saya ingin kejelasan dengan hukum Islam tentang ini agar saya bisa tenang dalam melamar/melakukan pekerjaan.. Saya ucapkan terimakasih banyak sebelumnya.. Wassalamu'alaikum..
Ikhwan (Yogyakarta)
1 month ago on Fiqih

Sedekah Setelah Berdosa

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustadz mau tanya, saya pernah melakukan suatu dosa yang saya ingin menebusnya dengan sedekah/zakat, apakah dengan donasi online seperti di kitabisa.com termasuk sedekah yang bisa menghapuskan dosa saya tersebut?
Ikhwan (Jawa Barat )
1 month ago on Fiqih

Bernazar Untuk Tidak Melakukan Onani

Assalamualaikum wr wb, Pak Ustad, mohon maaf sebelumnya nya. Saya seorang Remaja laki-laki berumur 17 tahun, Saya pernah bernazar untuk tidak melakukan onani dan jika saya melakukan nya maka uang jajan saya selama satu bulan akan saya sedekah kan. Tetapi Saya tidak bisa menahan hawa nafsu dan melanggar nazar saya, jadi apakah saya harus melaksanakan nazar tersebut dan apakah nazar tersebut sah Pak Ustad? Terima kasih.
Ikhwan (duri - riau)
2 months ago on Fiqih

Mendengar Audio Kajian Sambil Bekerja di Kantor

bismillah, ustadz ana saat ini bekerja sebagai admin dari jam 7 sampai jam 4 sore dan ana vekerja 8 jam di depan komputer. apakah boleh ana bekerja sambil menggunakan headset dr handphone mendengarkan audio kajian ?
Akhwat
2 months ago on Fiqih

Makanan Jualan Orang Kafir yang Halal Namun Tidak Diketahui Kondisi Dapurnya

Bismillah.. Kalo makan makanan yang dijual orang kafir yang Kita gak Tau dapur nya bagaimana ya ustadz... Tapi makanannya halal seperti risol,lumpia,pastel..
Akhwat (Kaltara)
2 months ago on Fiqih

Berdoa meminta pekerjaan

Bismillah. Assalamualaikum ustadz Apakah boleh kita meminta kepada Allah agar diberi pekerjaan di suatu kantor yang kita inginkan dengan menyebutkan nama kantor tersebut dalam doa kita. Misal "Ya Allah jika engaku ridhoi berilah hamba pekerjaan di ..... Sebagai .....". Mohon penjelasannya ustadz 🙏
Ikhwan (Sambas Kalbar)
2 months ago on Fiqih

Waktu shalat

Bismillah, afwan ustadz izin bertanya," begini disebuah musholla disitu diadakan sebuah rapat, sinkgat ceritanya kedengaranah suara azan yg menandakan waktu sshalat Ashar tiba namun seorang pemimpin rapat tersebut berucap kata-kata bahwa masjid yg ngumandangkan suara azan tade waktunya kecepepetan. Sedang kita tau seorang muazin tentu lbh tau kapan wktu azankan, bagaimana itu ustadz?
Ikhwan (Kendari)
3 months ago on Fiqih

Membiarkan Sakit

Bismillah Begini ustadz, sudah 3 tahun ana menderita kanker, sekarang sudah menjalar hampir ke seluruh bagian tubuh. Tapi ana tidak berobat, hanya meruqyah dengan membaca ayat-ayat al qur'an. Ana juga tidak memberitahu keluarga ana tentang penyakit ana karena karena kakak saya beberapa bulan lalu meninggal karena penyakit tumor yg dideritanya dan keluarga ana sangat berdedih karenanya, ditambah lagi utang riba keluarga ana yg membuat ana semakin enggan memberitahukan penyakit yg ana derita. Malahan setiap hari ana terus membantu keluarga jualan di pasar semakin mempercepat penyabaran penyakit ini. Apakah ana menzholimi diri sendiri atau membinasakan diri sendiri ustadz??? Apakah ana berdosa dengan apa yang ana lakukan sekarang??? Karena seharusnya kalau sakit kita dianjurkan untuk berobat.
Ikhwan (Cianjur)
3 months ago on Fiqih

Apakah Boleh Menikah Dengan Seseorang Yang pernah Berzina

Assalammualaikum wr.wb. ustad Saya mau tanya, saya memiliki seorang pacar, saya laki laki yang tidak pernah berzina, sedangkan pacar saya pernah berzina dengan mantan pacarnya sebelum berpacaran dengan saya. Niat saya ingin menikahinya karna saya benar benar mencintainya, tapi di hati saya masih ragu atau seperti tidak yakin karna saya selalu teringat kadang saya marah, murka, dan menyesal karna wanita yang ingin saya nikahi ini pernah berzina dengan orang lain sebelum menikah. Pertanyaan saya, apakah boleh saya menikahi wanita yang telah berzina dengan orang lain sebelum menikah yaitu (pacar saya sekarang) dan apakah sah bila di nikahi oleh saya wanita tersebut? Terimakasih Wassalammualaikum wr.wb
Ikhwan (Jakarta Timur)
3 months ago on Fiqih

Bekerja di BPS

Assalamu'alaikum... Ustadz, ana sekarang sedang menempuh pendidikan di Polstat STIS, jika lulus dr sekolah tersebut ana akan ditempatkan utk bekerja di BPS, apa Hukumnya bekerja di BPS (Badan Pusat Statistik) ustadz? jazaakumullahu khairan

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com