SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Tangerang)
1 day ago on Fiqih

Asuransi Kantor

Assalamualaikum Mohon bantuannya jawaban atas pertanyaan di link ini tidak bisa dibuka. http://www.salamdakwah.com/pertanyaan/5971-asuransi-kantor
Akhwat (Samarinda)
1 month ago on Fiqih

Bisnis Dengan Sistem PREORDER (PO) Dalam Bentuk Tertentu

Assalamu'alaikum, saya mau tanya.. saya jual barang (buku gambar,mainan, aksesoris) dengan sistem PO..skemanya seperti ini : 1. Saya posting gambar dari supplier di marketplace 2. Saya open PO utk siapa aja yang mau pesan brg tsb, si pemesan tidak menyerahkan uang sepeser pun pada saat memesan barang tsb 3. Setelah close PO, saya melakukan pembayaran ke supplier dengan menggunakan uang saya pribadi 4. Barang dikirim oleh supplier ke saya 5. Setelah barang ready di saya, saya infokan ke pemesan, baru stelah itu dilakukan pembayaran oleh pemesan brg tsb dan barang dikirim ke ybs Kalo sistem seperti itu boleh atau tidak ya? Syukron
Akhwat (Bangka Belitung)
1 month ago on Fiqih

Menikah Tanpa Izin Dari Wali Karena Tempatnya Jauh (Ini Didasari Pendapat Dalam Salah Satu Madzhab)

Assalamu'alaikum, Ustadz. Terima kasih atas jawabannya sebelumnya. Ustadz saya pernah baca ini: ( Masalah ) laki laki yang membawa  pergi perempuan dari keluarganya kemudian menjauhkanya dari walinya sampai jarak qosor atau lebih . apabila ada udzur untuk mengembalikanya misal karena takut , dengan demikian apabila perempuan tersebut mengizinkan maka sah nikahnya dengan syarat hakim menikahkanya dengan orang yang sepadan , karena Ashab Syafi’iyyah tidak membedakan antara perginya wali atau  perginya perempuan dan perginya perempuan karena di paksa atau kerena kemauanya sendiri. Bahkan saya berkata apabila dia punya wali di tempat kemudian walinya tidak mau menikahkan dengan orang yang sepadan tapi perempun tersebut sulit membuktikan ketidakmauan wali untuk menikahkan , kemudian oerempuan tersebut pergi kesuatu tempat yang jauh dari wali lalu memberi izin kepada qodli setempat untuk menikahkannya dengan laki laki yang sepadan , maka pernikahanya sah . ( Bugyatul Mustarsyidin Hal : 208 ) Tapi saya juga pernah baca ini: “Wanita manapun yang menikah tanpa seizin walinya, maka pernikahannya bathil, pernikahannya bathil, pernikahannya bathil. Jika seseorang menggaulinya, maka wanita itu berhak mendapatkan mahar, sehingga ia dihalalkan terhadap kemaluannya. Jika mereka terlunta-lunta (tidak mempunyai wali), maka penguasa adalah wali bagi siapa (wanita) yang tidak mempunyai wali.” (At Tirmidzi no 1102) Bagaimana pendapat Ustadz tentang hal tersebut? Apakah boleh menikah tanpa seizin ayah kandung karena tempat tinggalnya jauh (lebih dari 84/90 km) syarat qashar shalat dengan wali muhakkam? Sahkah pernikahannya? Mohon penjelasannya Ustadz. Terima kasih. Wasssalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.
Akhwat (Bangka Belitung)
1 month ago on Fiqih

Menikah Sedangkan Wali Tempatnya Jauh

Assalamu'alaikum Ustadz. Saya mau tanya, sahkah pernikahan tanpa sepengetahuan ayah kandung karena ayah kandung tinggal berjauhan (lebih dari 90 km) dengan putrinya. Sehingga menggunakan wali yang lain. Saya pernah membaca bahwa boleh mengganti wali nasab jika wali tersebut (ayah kandung) tinggal berjauhan dengan putrinya (lebih dari 90 km/84 km syarat boleh qashar shalat). Sedangkan saya pernah membaca hadits bahwa tidak sah pernikahan tanpa adanya izin dari wali pihak wanita. Oleh karena itu sahkah pernikahannya Ustadz? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Akhwat (Bekasi)
2 years ago on Fiqih

Mengangsur Sedekah Ketika Orang Yang Diambil Hutangnya Tidak Ditemukan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته Ustadz sy dlu pnh bhutang dgn seseorang.,krn suatu alasan dan kbtulam sy hijrah sy khilangan contact dgn Tmn2 sy tmasuk dgn orang yg mbri hutang tsb.Skrg sy ingin mbayar hutang tsb tp sy sm skli tdk tahu dmn dia tgl,contactnya sdh tdk bs dhubungin..sy jg g py contact tmn atau kluarga nya..intinya sy sdh brusaha mcari cra utk mcarinya tp tdk memungkinkan krn mmg sy tdk pnh tau tmpt tgl dan kluarganya..yg sy ingin tanyakan...bolehkah sy mensedeqahkan hutang sy itu atas nama orang tsebut...dan bolehkan hutang itu dbayar / dsedeqahkan dgn cra dicicil...?kondisi kdua sy kbetulan py tmn yg fakir...bhkan tak jarang dia pnh tdk makan krn tdk py uang sm skli..pdhal dia msh mempunyai kakak2 yg tbilang mampu,,tp entah knp kakak2 ny sdh tdk pduli dgn keadaanny bahkan smpai melantarkannya,,dan sahabat sy ini sdh tdk mempunyai orgtua ,,dan dia sdh brusaha utk mdptkan pekerjaan tp qadarullah blm rezekinya..yg sy ingin tanyakan bolehkah jk hutang yg sy ingin sedeqahkan atas nama org yg sy hutangi tsb dberikan kpd tmn sy ini.,mhn penjelasanny ustadz...jazakallah khair ..barakallah fiik
Ikhwan (Jogja)
2 years ago on Fiqih

Menggambar Hewan Untuk Edukasi Anak

Assalamu'alaikum Ustad. bagaimana hukumnya menggambar hewan dengan tujuan mengedukasi anak. ?
Ikhwan (Purwokerto)
2 years ago on Fiqih

Belum Selesai Baca al Fatihah Atau Tasyahhud Ternyata Imam Sudah Pindah Ke Rukun Lain

Permisi ustadz,saya hendak bertanya,kalau misal saya sedang membaca al fatihah atau misal doa tahiyat namun imam sudah pindah gerakan apa yang harus saya lakukakn,apakah kita menyelesaikan bacaan kita atau langsung mengikuti imam ke gerakan lain ,lalu apakah shalat kita menjadi kurang sempurna kalau bacaan kita kurang lengkap ustadz,terimakasih ustadz
Akhwat (sulawesi tenggara ( kendari ))
2 years ago on Fiqih

Berdoa Supaya Dijodohkan Dengan Laki-Laki Sholeh Yang Dikagumi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Mohon maaf ustadz, saya ingin bertanya tentang seorang wanita yang mengagumi sosok laki2, dimana wanita dan laki2 ini tdk saling mengenal hanya saja wanita ini kagum melihat sosok laki2 tersbut krn laki2 ini sering mengisi dakwah2 di beberapa daerah dan wanita ini kagum terhadap laki2 tersbut krn sosok ini paham mengenai sunnah meskipun mungkin tidak sesempurna para ulama dahulu seperti imam syafi'i. Dan sosok pria ini sudah berkeluarga tapi wanita ini ttp sj sperti mngharapkan ridho Allah agar bisa diberi jodoh dgn pria tersebut bahkan wanita ini iklas kalau dirinya harus menerima poligami dan wanita ini seperti tdk trlalu peduli mengenai usia yg terpaut jauh krn rasa inginnya wanita tersebut memiliki suami yg ahli sunnah. Apakah boleh wanita ini berdoa berharap seperti yg saya jelaskan diatas ,mohon penjelasaanya . Terimakasih . Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Akhwat (Bandung)
2 years ago on Fiqih

Mahasiswi tanpa mahram berkuliah di luar kota

Assalamualaikum ustadz, saya mahasiswi baru angkatan 2017. Alhamdulillah saya diterima di salah satu universitas di Bandung jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam. Sebelumnya saya pernah mendengar kalau haram hukumnya bagi wanita bersafar tanpa mahramnya lebih dari 3 hari. Kondisi saya ini, saya berasal dari Bogor. Sekarang tinggal di daerah kampus saya yaitu di Asrama Putri. Saya masih galau ustadz kalau harus menikah, padahal ilmu agama saya masih sangat minim sekali. Saya harus bagaimana ustadz? Apa benar yang saya lakukan ini? Yaitu tetap berkuliah agama walau jauh dari orang tua?. Terimakasih ustadz. Wassalamualaikum wa rahmatullah wa barakatuh.
Ikhwan (kalsel)
2 years ago on Fiqih

apakah harus jujur pada orang tua (2)

apabila orang tua/saudara (kakak/adik) telah curiga dan menanyakan apakah sdh tdk perawan, apakah harus dijawab jujur?
Akhwat (Banfung)
2 years ago on Fiqih

Pertanyaan sambungan dari pertanyaan 6931-zakat-penjualan-sawah

Assalaamu'alaikum.wr.wb, Pak Ustadz, maaf ini menyambung pertanyaan 6931. Tanah sawah yang mau kami jual itu adalah sawah warisan, jadi bukan sawah yg dibeli untuk diperjual belikan, kemudian hasil penjualannya akan dibagikan kepada para ahli waris. Jazakumullaahu khairan katsiraan atas jawaban Ustadz.
Ikhwan (kalsel)
2 years ago on Fiqih

apakah harus jujur pada orang tua

Assalamualaikum, sy ingin bertanya apakah jika sdh pernah berzina dan sdh tdk perawan, apakah harus jujur kepada orang tua. terima kasih
Ikhwan (padangsidimpuan)
2 years ago on Fiqih

ruqyah asmaul husna

Assalamu'alaikum.. Ditempat saya ada aktifis ruqyah, mereka mengatakan metode ruqyah mereka adalah ruqyah asmaul husna. bagaimana sebenarnya metode ini? bolehkah kita mengamalkannya?
Akhwat (bandung)
2 years ago on Fiqih

Zakat hasil penjualan sawah

Assalaamu'alaikum wr. wb, Ustadz, kami akan menjual tanah sawah kami. Dari hasil penjualan sawah tersebut, berapa zakat yang harus dikeluarkan ? Menghitungnya dari hasil brutto atau netto ? Jazakumullah khairan katsiiran atas jawaban Ustadz.
Ikhwan (padangsidimpuan)
2 years ago on Fiqih

Pengajian Bermacam-Macam Ustadz

ada suatu pengajian atau yayasan yg katanya sunnah membuat pengajian rutin tiap hari ahad ditiap pekannya temanya beda ahad 1 riyadussolihin oleh ustadz A ahad 2 tafsir oleh ustadz B ahad 3 kitab imam ahmad oleh ustadz C ahad 3 tajwid ustadz D dari Ke 4 ustadz ini cuma 1 ustadz yg memang bermanhaj salaf..yg tiganya lagi karena memang banyak jamaahnya/terkenal didaerah itu. tidak tau apa tujuan panitia pengajian ini sebenarnya! bagaimana pandangan ustadz tentang pengajian ini? apakah boleh untuk di ikuti?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com