SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (GARUT)
1 week ago on Fiqih

Shodaqoh

Pa Ustad aku mau nyanya apa hukum nya jika seseorang tak punya uang kemudian datang seorang guru padanya dan ia berniat ingin memeberi sesuatu pada guru tsb. Terpaksa orang itu meminjam uang demi untuk memberi sesuatu pada guru atau lerabat dan orang lain? Terima kasih pa ustad.
Akhwat
1 week ago on Fiqih

Laksanakan shalat dulu atau mandi dulu

Asalamualaikum wr wb Saya mau bertanya nih ustadz.. Saya kan pulang sekolah sore sekitar waktu shalat ashar jam 16: 30 karna saya kos jadi saya lebih memilih melaksanakan shalat di kosan, sebelum saya shalat saya mandi dulu karena jika melaksanakan shalat terlebih dulu saya rasa badan saya kurang bersih karena keringat belum juga baju sekolah yang saya pakai belum tentu bersih. Tapi saya bingung jika saya mandi terlebih dahulu nanti solat ashar nya pasti akan keburu habis. Jika saya shalat dulu kan alasannya tadi. Pertanyaannya, saya lebih baik melaksanakan shalat dahulu atau mandi dulu untuk membersihkan badan?? Mohon bantuannya Wassalamualaikum wr wb
Ikhwan (Malang)
2 weeks ago on Fiqih

Salah baca surat Al-Fatihah saat shalat

Assalamu'alaikum Ustadz, Saya pernah baca artikel bahwa orang yang salah baca surat Al-Fatihah saat sholat, baik jadi imam atau makmum, maka harus diulang/dibetulkan bacaannya mulai awal surat, apa benar demikian Ustadz? Atau yang benar hanya dibetulkan pada ayat yang salah saja? Mohon penjelasannya Ustadz. Terima kasih.
Ikhwan (Jakarta Timur)
3 weeks ago on Fiqih

Hukum memakan makanan dari acara bidah

assalamualaikum.. ustad saya diajak ke acara acara bidah semacam tahlilan, 40 harian, yasinan, tapi saya tidak datang, namun sering sekali saya dikirimi makanan dari acara acara tersebut... apa hukumnya memakan makanan dari acara bidah tersebut?
Ikhwan (sidoarjo)
3 weeks ago on Fiqih

resign jabatan

Assalamu'alaikum ustadz... Ana mw tanya.. Ana skrg bekerja di.suatu institusi kesehatan di suatu RS, dan ana mjdi kepala/pimpinan di suatu unit RS tsb... Smenjak kenal Sunnah, ana jdi merasa berat dan terbebani mjd pimpinan, krn konsekuensi nya memang berat di akhirat nanti, apalagi ana juGa merasa saat ini ana tdk sanggup mjd pimpinan tsb dan tidak bisa disebut pimpinan yg adil dan bijak... Ana takut jika bawahan ana ad yg.merasa t'dzalimi... Pertanyaan : Jika ana berpikiran utk resign dri jabatan tsb, dan mjd pegawai biasa saja,, Apakah bisa dibilang ana lari dri tanggungjawab?? Dan mohon nasihat nya, krna ana semakin tidak nyaman dgn kondisi ini ustadz... Jazakallahu khairan..
Akhwat (Pontianak)
1 month ago on Fiqih

Orang Tua Tidak Merestui Pernikahan Dengan Pacar Karena Suku Yang Berbeda

Saya ingin menikah dengan pacar saya. Tetapi orang tua saya tidak setuju karena perbedaan suku jadi orang tua saya ingin memisahkan kami. Pertanyaan saya apakah saya termasuk anak durhaka karna tidak mendengar kan kata kata orang tua saya dan apakah saya bisa menikah tanpa restu orang tua saya.
Ikhwan
1 month ago on Fiqih

Nafkah Untuk Istri dan Orang Tua Suami (Mertua)

Bismillah (Pertanyaan ini datang dari seorang ibu rumah tangga) Dlm penghasilan suami ada hak mertua (org tua suami saya) didlmnya. Brp persen dari penghasilan suami utk mertua (org tua suami saya)? Lalu jika penghasilan suami itu minim, artinya tdk bisa memenuhi kebutuhan keluarga kami, apakah tetap wajib mengeluarkn hak mertua (org tua suami saya)?
Akhwat (Padang)
1 month ago on Fiqih

Shalat Setelah Haid

Assalamu'alaikum ustadz. Saya ingin menanyakan shalat setelah suci dari haid itu bagaimana? Saya membaca sebuah buku amalan ketika haid dan nifas. Di sana dijelaskan pelaksanaan shalat jika suci dari haid di waktu sore hari, maka harus mengqadha shalat dzuhur dan ashar. Bagaimana seseorang yang menyakinkan dirinya suci dari haid setelah bangun tidur? Apakah boleh?
Ikhwan (Kota Tasikmalaya)
1 month ago on Fiqih

Ngantuk Saat Khotbah Jum'at

Asalamau 'alaikum pak ustads izin bertanya bagaimana hukumnya jika saya serig ngantuk saat khotbah jum'at mohon penjelasannya sebab saya masih bingun pak ?
Ikhwan (Lampung tengah )
2 months ago on Fiqih

tentang shalat qashar

bagaimana shalat ana ketika ana berada di tempat kerja yang jarak tempuhnya sekitar 40 km dari rumah ana sedangkan ana setiap hari berangkat pagi pulang petang,apakah ana terkena hukum hukum sebagai musafir dan mengqashar shalat?
Akhwat (Pekanbaru)
2 months ago on Fiqih

Status Al Qur'an pada Gadget di Era Teknologi

Assalamualaikum ustad. Bgmn ttg gbr/mp3 potongan/full isi Al Qur'an atau app Al Qur'an dlm dbase gadget seseorang pd keadaan: 1. Bila msk k toilet umum. 2. Dipegang untuk dibaca atau menghafal oleh wanita yg sedang haid. Wassalamualaikum ustad.
Akhwat (Kalimantan tengah)
2 months ago on Fiqih

Bolehkah Membuang Kucing?

Assalamualaikum saya punya 5 anak Kucing yg sudah berhenti menyusui sama induk nya rencana mau saya buang soalnya saya gk sanggup beli makannya apakah boleh,, saya rencana akan buang di warung makan
Ikhwan (Jawa Barat)
2 months ago on Fiqih

Menggambar Siluet

Assalaamu 'alaikum, Ustadz, ana mau bertanya. apakah menggambar siluet itu boleh?. karena yang haram kan menggambar makhluk bernyawa, sedangkan siluet hanya berbentuk bayangan saja, meskipun itu bayangan manusia tapi bayangan kan tidak bernyawa. apakah pendatap ana ini benar atau keliru ustadz?. mohon penjelasannya. terimakasih. Wassalaamu 'alaikum.
Ikhwan (Depok)
2 months ago on Fiqih

Ziarah Kubur Khusus Untuk Keluarga?

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Ustadz. Apakah ziarah kubur harus di makam keluarga atau boleh makam mana saja?
Ikhwan (Kediri)
2 months ago on Fiqih

Bila Mushaf Terkena Najis

Assalamualaikum. Ponakan saya kencing di mushola saya dan mengenai al quran, apa yang harus diperbuat terhadap al quran itu? saya sudah tanya ke beberapa ustadz, ada yang menjawab di siram air lalu dijemur, ada yang menjawab di bakar, mohon penjelasannya ustad, ana masih bingung. Kebetulan itu al quran tidak pernah dipake lagi karena sudah lama sekali. syukron

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com