SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Kepulauan Riau)
2 weeks ago on Keluarga

Apakah Perlu Melaporkan Perselingkuhan Kepada Pasangan hidupnya

Assalammu'alaikum wr wb. Izin bertanya ustadz, gimana sikap kita yang mengetahui bahwa kawan kita berselingkuh? Kita sudah mengingatkan untuk tidak berbuat seperti itu, tapi dia tidak pernah mendengar. Apakah boleh kita adukan perbuatannya, kepihak suami/keluarganya? Atau kita diamkan saja? Demikian ustadz, sebelumnya diucapkan terimakasih. Assalammu'alaikum wr wb
Akhwat (Gorontalo)
2 weeks ago on Keluarga

Gadis Tinggal Dengan Tantenya Yang Telah Bersuami

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh... Ustadz.. saya mau tanya.. bagaimana hukumnya jika seorang anak perempuan yang akan melanjutkan sekolah/kuliah diluar daerah dan akan tinggal dirumah tantenya yang sudah bersuami? Sedangkan si anak perempuan tersebut pernah di asuh oleh tante dan suaminya itu semasa kecil lalu diambil lagi oleh ibunya..arti kata si anak perempuan tsb sudah dianggap oleh anak sendiri oleh tante dan suaminya itu..bahkan si anak perempuan sudah memanggilnya ayah..Dan mendiang bapak (almarhum) si anak perempuan tersebut memberikan amanat kepada tante dan suaminya untuk menjaga si anak tsb dengan cara membuat si anak tinggal bersama mereka sekaligus mengurus si anak tsb. Bagaimana hukumnya?
Akhwat (Jakarta)
2 weeks ago on Keluarga

Menghadapi Suami Yang Sudah Ngaji Yang Tidak Mau Bekerja

Assalamu'alaykum Saya mau menanyakan bagaimana cara menghadapi suami yang tidak berpenghasilan ustadz? Qodarulloh sang suami keluar kerja tetap krn butuh uang pesangon untuk keluarganya. Saya sebenarnya siap hidup seadanya namun masalah muncul ketika suami tidak berusaha untuk mencari nafkah setiap harinya. Sementara setiap bulannya kehidupan kami dibiayai orang tua. Ketika diingatkan, dalihnya selalu bertawakkal etc. Kami br menikah beberapa tahun jd komunikasi kurang baik. Krn beliau lebih dulu ngaji dibanding saya dan ilmu saya minim saya jd takut menegur, saya tidak tau apa yang harus saya lakukan? Apa saya boleh menyerah, ustadz? Krn takut akhlaq buruk thd suami jd menumpuk dosa saya...
Akhwat (sabah malaysia)
3 weeks ago on Keluarga

MENOLAK AJAKAN SUAMI UNTUK BERSENGGAMA KARENA KHAMR

saya difahamkan seorang suami apabila meminum ARAK badan akan jadi lemah tubuh badan(lemah batin syahwat) assalamualaikum wbt ustaz.. saya ingin bertanya kepada ustaz..apakah berdosa seorang isteri itu menolak ajakan suami untuk bersegama apabila suami meminum arak..kerana si fulan menjelaskan pada saya apabila suaminya dalam keadaan mabuk sama ada minum banyak atau sikit badanya lemah dan sukar untuk injakulasi.. (mengeluarkan mani/klimax) hingga mengambil masa yang sangat lama..jadi si isteri itu menolak ajakanya dengan alasan tidurnya sangat terganggu badanya sakit dan stress..tapi si suami pula jika belum bisa klimax..sampai ke pagi tidak bisa tidur.. apakah berdosa si isteri itu jika mengingkari ajakan suaminya untuk bersegama
Ikhwan (jawa timur)
3 weeks ago on Keluarga

memberitahu aib kepada orangtua pasangan

Assalamualaikum Wr. Wb. mohon ijin bertanya, apabila saya mengetahui suatu aib penyakit dari calon istri saya dan saya menerimanya, apakah hal ini harus diberitahukan kepada orangtua saya? karena menurut yang saya ketahui aib tidak boleh diberitahukan kepada orang lain. apakah saya berdosa kepada orangtua apabila saya tidak memberitahukannya? terimakasih
Akhwat (jambi)
3 weeks ago on Keluarga

Antara Ibu dan Suami

assalamualaikum ustadh saya mengalami masalah keluarga,keluarga saya bilang semenjak saya menikah dengan suami saya kok rasanya sering kehilangan barang dan uang, dan pas kebetulan suami saya yang dituduh karna masih serumah. saya harus bagaimna ustadh, saya sudah tanyakan kepada suami saya tapi beliau menjawab tidak pernah mengambil apapun, sementara saya juga tidak pernah merasakan uang atau barang yang kalaupun beliau yang mengambil. sementara keluarga saya terus bersikeras bahwa suami saya yang mengambil. sampai akhirnya suami saya sudah tidak kuat menahan tuduhan tersebut dan beliau pulang kerumahnya sendiri. saya bingung pak ustadh, saya harus ikut siapa? ibu saya sendirian dirumah, beliau masih marah sama saya karena masih percaya dengan suami. untuk sementara saya tinggal dengan mertua saya sampai menunggu rumah yang kami sewa dipasang PDAM. mohon beri pencerahannya pak ustadh terima kasih. wassalamualaikum
Akhwat (Jakarta)
3 weeks ago on Keluarga

Menikah dengan lelaki hasil zina

Assalamu'alaykum wr. Wb. Saya mau bertanya, apa hukumnya apabila seorang wanita dinikahi seorang lelaki yang terlahir dari hasil berzina? Terima kasih. waasalamualikum wr.wb.
Akhwat (Jakarta)
4 weeks ago on Keluarga

Baju Yang Sudah Dipakai Istri

Assalamu'alaikum ustadz. Dalam adat saya ada yg bilang kalau baju/jaket yg sudah dipakai istri tidak boleh dipakai oleh suami lagi atau istilah dikalangan masyarakat biasa disebut "pamali" Apakah dalam Islam ada adab berpakaian utk suami-istri seperti itu ? Terimakasih banyak.
Akhwat (Garut)
1 month ago on Keluarga

Antara Hutang dan Nafkah

Assalamualaikum ustadz . saya perempuan berusia 22 tahun .saya menikah dengan suami saya baru 10 bulan . saya ingin bertanya bagai mana caranya berdiskusi bersama suami mengenai nafkah lahir .setiap saya berbicara tentang uang suami saya tidak suka .suami saya tidak mau kalau saya tau berapa pendapatan suami . Dan suami saya tidak memikirkan untuk kebutuhan makan sehari hari . Memang ada sebab nya .gara gara kami mempunyai cicilan hutang ke bank yang lumayan buat kami . Dan suami saya tidak mau tau untuk urusan dapur . Dia hanya memikirkan hutang nya saja .tanpa memikirkan yang lain.bahkan setiap hari nya untuk makan kami .masih dari orang tua saya . Apa yang harus saya lakukan jika seperti ini . ??Mohon bantuan nya ..
Akhwat (Jakarta)
1 month ago on Keluarga

Tradisi Keluarga

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Singkat cerita keluarga saya dan suami 1 suku, dan ada tradisi di setiap hr raya idul fitri dn idul adha yg mereka anggap tanda syukur dan mendoakan kerabat dekat yg sudah meninggal . orangtua kami menyiapkan beberapa jenis masakan dan lauk pauk, kmudian disusun di baki/talang smpai mnjadi bberapa bagian (untuk rumah,untuk kakak/adik/org tua yg meninggal,dn untuk bagian lainnya saya kurang ngerti). Setelah itu diberi baca2an doa dilengkapi dengan dupa. Tapi saya dan suami pikir itu trlalu brlebihan sbagai acara syukuran, dn saya pribadi rasanya ragu mau melanjutkan tradisi trsebut. apakah hal itu memang ada dalam islam ? dan bagaimana cara melakukan syukuran sesuai syariat islam ? Mohon responnya,Terimakasih banyak.
Ikhwan (jakarta)
1 month ago on Keluarga

Suami Melarang Istri

Assalamualaikum ustad.. Saya (suami) melarang istri saya untuk bertemu dengan teman-teman masa kecil nya dan sebagian teman kecil nya itu lelaki yang dari bicara dan tingkah laku dengan bahasa-bahasa yang tidak manfaat (mencela satu sama lain).. Apakah saya salah untuk melarang nya?
Ikhwan (tangerang)
1 month ago on Keluarga

apakah orang tua durhaka terhadap anak?

assalamualaikum wr.wb. ibu saya sering memarahi saya ketika saya beli keinginan saya apapun itu uang dari hasil keringat saya, dan ibu saya selalu pingin uang gajian itu di miliki ibu saya padahal selalu saya kasih setiap bulan, ibu saya juga melanggar ucapannya sendiri "bila sudah kerja silahkan beli yg kamu inginkan" tetapi setelah saya membeli yg saya inginkan ibu saya selalu memarahi saya, dan selalu mengungkit ketika membesarkan saya, mohon jawab ustad, terima kasih.
Akhwat (Jember)
1 month ago on Keluarga

Suami mengagumi wanita lain

Assalammu'alaikum Bagaimana hukum nya jika suami mengakui suka kepada wanita lain, dan sudah menyatakan langsung kepada wanita tersebut? Apakah istrinya boleh tidak ridho dengan kelakuan suami tersebut?
Ikhwan (Makassar)
2 months ago on Keluarga

Kata Pergilah Apakah Menyebabkan Jatuh Talak

Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Bagaimana hukumnya dengan suami yang mengatakan " kalau kamu mau pergilah selama selamanya saya mengizinkanmu" dan mengatakan juga " jangan hubungi saya selama lamanya" Tak bermaksud mentalak hanya karna emosi mengatakan hal seperti Apakah jatuh talak ?
Ikhwan (Padang )
2 months ago on Keluarga

Anak kecil yang mencuri

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Ustadz, ana punya beberapa dosa sewaktu kecil dan banyak dosa selepas baligh. Sebelum baligh ana pernah mencuri barang tetangga ketika bermain dirumah tetangga dan juga ada beberapa kasus lainnya. Dan juga pernah mencuri ketika selepas baligh di sekolah dan berbuat curang ketika berbelanja di kantin sekolah. Apakah dosa ana sebelum baligh di hitung dan apakah ana harus meminta maaf kepada yang dirugikan. Dan bagaimana sikap dengan dosa-dosa ana selepas baligh ustadz. Jazakallah. Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com