SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (Semarang)
4 days ago on Keluarga

Keluarga Suami Atau Keluarga Istri?

Assalamualaikum ustaz, saya menikah dengan suami saya sudah 2 th dan saat ini kami masih tinggal serumah dengan ibu mertua saya (dikarenakan beliau jg seorang janda dan suami saya anak terakhir serta anak laki satu"nya) ibu mertua saya baik, tetapi terkadang saya kesal dengan sifatnya, beliau selalu berkata bahwa keluarga suami (atau keluarga dari pihak laki") lebih utama dibanding keluarga istri atau pihak perempuan, sepengetahuan saya yg lebih utama itu adalah suami daripada keluarga istri bukan keluarga suami lebih penting dari keluarga istri, pertanyaan saya apakah benar keluarga suami lebih utama daripada keluarga istri?mohon pencerahannya ustaz karena saya tidak mau menjadi tidak adil di keluarga saya juga wassalamualaikum wr.wb.
Akhwat (Surabaya)
1 week ago on Keluarga

Saya Dilarang Menikah Hingga Tiba Tahun Depan

Assalamualaikum, saya mau bertanya. Ibu saya melarang saya menikah karena bapak saya baru meninggal 4 bulan yang lalu dan saya disuruh untuk menunggu setahun tepat alm bapak saya meninggal. Padahal saya sudah memenuhi keinginan ibu untuk lulus kuliah tepat waktu dan sudah bekerja (bahkan saya sudah bekerja sebelum lulus kuliah). Selain itu, saya juga akan menikah dengan biaya saya sendiri (sudah ada tabungan) dan ibu sudah saya jelaskan supaya tidak perlu keluar dana saat pernikahan saya. Saat teman lelaki saya ijin untuk melamar pun tidak diperbolehkan ibu saya dan ibu tetap kekeuh alasannya adalah disuruh menunggu 1 tahun alm bapak saya meninggal. Saya mau bertobat atas zina yang telah saya lakukan dengan menyegerakan menikah karena saya merasa mampu dan supaya menjauhi dari fitnah. Saya sangat bingung dan bagaimana langkah yang harus saya lakukan? Terima kasih.
Akhwat (Tegal)
2 weeks ago on Keluarga

Membenci suami

Assalamu'alaykum ustadz. Saya seorang ibu rumah tangga (25) anak 1 (2th). Belakangan ini saya merasa sangat membenci suami saya, sehingga rasa ingin bercerai semakin kuat. Suami saya seorang pecandu game online. Saya baru mengetahuinya setelah menikah, perangainya secara umum baik, tp beliau sangat cuek dan attitudenya kurang (misal: menyerahkan barang dgn cara dilempar, mengacuhkan lawan bicara). Bahasanya pun kasar & mudah emosi untuk hal² kecil, setiap hari entah berapa kali saya dibentak untuk kesalahan sepele (misal: lupa mematikan lampu, salah menaruh barang dll), beliau jg sering mencela fisik saya yg berubah setelah melahirkan. Tapi beliau ramah pada org lain kantornya. Untuk urusan ibadah suami saya malas²an dlm mengerjakan sholat, meskipun tdk pernah ditinggalkan. Namun dari segi tanggung jawab terhadap nafkah lahir beliau sangat royal. Orgtua sayapun diberi jatah setiap bulannya. Apabila saya mengajukan gugatan cerai, saya bedosa?
Akhwat (bandung)
2 weeks ago on Keluarga

TUKAR TAMBAH CINCIN TUNANGAN DENGAN MAS KAWIN

Assalamualaikum wr wb, ustadz/ustadazah mohon bantuannya saya hendak menikah tapi saya tidak ingin memberatkan calon suami saya, jadi saya punya inisiatif untuk cincin tunangan yg pernah dia berikan keapada saya dijual dan ditambahkan dengan mas kawin. yang saya ingin tanyakan apakah dalam islam diperbolehkah menjual cincin tunangan dan menambahkannya kedalam mas kawin? terimakasih sebelumnya..
Akhwat (Depok)
3 weeks ago on Keluarga

Suami Serumah Dengan Lawan Jenis Yang Bukan Mahram

Assalamualaikum wr wb.. Ustad, suami saya bekerja diluar kota dg mengontrak sebuah rumah yang isinya wanita dan laki laki bercampur baur. Sebenarnya suami saya disana ada adik yang bisa ditumpangi tidur, tetapi tetap berada dikontrakan tersebut sampai tengah malam dengan alasan bekerja (setelah ditanya, ternyata hanya makan dan tidak ada bekerja sampai malam). Saya sangat marah ketika suami bilang disana tidak ada apa apa ketika saya bilang tidak setuju. Sampai suatu malam saya dengar teman wanitanya bilang tolong hidupkan kipas angin, membuat saya semakin tidak bisa toleransi. Saya sudah ingatkan dan saya tidak ridha. Saya mengingatkan dari baik baik sampai saya marah saya katakan bahwa disana haram karena saya marah. Bagaimana hukumnya ustad? Apakah memang boleh laki laki perempuan bercampur baur dalam suatu rumah yang kecil sampai sebulan lamanya? Terimakasih ustad, semoga saya diberi pencerahan.
Ikhwan (Balikpapan)
3 weeks ago on Keluarga

Apakah bukan anak kandung berhak mendapatkan warisan ?

Asalamualaikum ustad, Saya andika, mau bertanya tetang hadist yang menentukan warisan untuk anaknya... Jadi saya punya ayah dan ibu kandung namun saya sdh di asuh dari kecil oleh orang lain selain ibu kandung saya hingga sekarang umur saya 25th Namun saya masih bingung orang tua saya sekarang sudah tua (org tua angkat) lalu ayah dan ibu saya punya rumah, dan mungkin sedikit warisan... Apakah dsni saya sebagai anak yang di angkat, ber aktekan nama orang tua angkat saya dan sdh di akikahkan ibu/bapk angkat saya apakah saya berhak untuk warisan di kemudian hari ?
Ikhwan (Balikpapan)
3 weeks ago on Keluarga

Sakit Hati

Perkenalkan pak ustad saya andika... Jadi begini pak, saya punya masalah dengan seorang wanita/prempuan yang tadinya mau saya nikahi, dan tiba* si wanita tersebut berubah hatinya dengan alasan bosan dan tidak ada hati lagi... Padahal orang tua saya, keluarga besar saya sudah menyanggupi bahwa di tahun ini akan datang kembali untuk pernikahan yang kemarin tertunda karena panai... Dan sekarang bagaimana saya menyikapi keadaan saya pak ustad, saya merasa sakit hati karena keadaan ini... Orang tua saya pun juga sama halnya dengan saya karena janji yg tertunda... Dan pernah saya membaca bahwa doa orang yg terzalimi tiada halangan doa nya kepada allah SWT... Apakah doa saya termasuk doa yg terzalimi ?
Akhwat (Yogyakarta)
1 month ago on Keluarga

Membantu Keuangan Suami

Assalamualaikum, Saya baru 1,5 tahun menikah, dan kami telah memiliki anak usia 6 bulan, tetapi kondisi keuangan kami kadang tidak cukup baik, terkadang gaji hanya di berikan secukupnya, di satu sisi keluarga dari suami kadang masih suka minta bantuan uang, Walaupun sebenarnya mereka mampu untuk hal itu. Saya tidak bekerja, namun saya memiliki tabungan pribadi sewaktu saya belum menikah, saya sering membantu suami jika keuangan dirasa tidak baik, hanya untuk bisa mencukupi kebutuhan sampai saat tanggal gajian. Tetapi ini terjadi terus menerus. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana hukumnya membantu suami sedangkan saya sendiri tidak bekerja. Apakah wajib atau tidak? Terimakasih
Akhwat (Bondowoso)
1 month ago on Keluarga

Bersuara Saat Berhubungan Intim

Assalamualaikum ustadz. Saya mau tanya .. Apakah boleh jika suami istri berhubungan intim terus ada pihak keluarga atau saudara mengetahui hubungan intim suami istri tersebut. Mengetahui lewat suara atau secara langsung. Apakah boleh ?? Atau ada hukum tersebut
Akhwat (Kaltara)
1 month ago on Keluarga

Istri Dilarang Suami Yang Tidak Konsisten

Assalamualaikum... Sya ingin bertanya apakah istri durhaka kpd suami bila membangkang perintahnya? Dalam kasus ini, suami tdk mau mngantarkan anaknya sekolah, dg alasan telat (telat dsini jika dia mngantarkan anaknya sekolah, maka telat lah kerjanya), tpi keadaan tlat bukannya bersiap2 jstru mlah berbaring baring di kasur... Jdi suami mnyalahkan istri krn tdk bersiap dr pagi².. Pdahal kondisi istri pagi² sangat sibuk dn tdk ada yg bantu.. Jdi istri berinisiatif naik ojek online untk mngantarkan anaknya sekolah meski suami mlarang... Durhaka kah seorang istri yg tdk mematuhi perintah suami? Mohon pnjelasannya
Akhwat (Mojokerto)
1 month ago on Keluarga

Calon Suami Dikabarkan Pernah Berzina

Assalamualaikum ustadz, saya seorang akhwat yang akan dilamar oleh seseorang tahun ini. Suatu hari, mantan calon suami saya menghubungi saya. ia mengatakan bahwa calon suami saya sudah pernah berzina dengannya dan perempuan lainnya. Hati saya hancur ustadz, saya merasa Allah tidak adil kepada saya. Saya tidak pernah pacaran, saya menjaga diri saya. Tpi kenapa saya mendapatkan jodoh seperti dia? saya ingin meninggalkannya saat itu. Tetapi mengingat saya begitu mencintainya, akhirnya saya menerima dia dengan ikhlas. tetapi sekarang, perlahan sifat aslinya mulai muncul, dia sesekali juga menyakiti saya dengan sifatnya yang egois, bhkan dia juga pernah mnghubungi wanita lain. tetapi, lagi2 saya memaafkannya. Saya sangat khawatir dengan hubungan saya ustadz. Apa yang harus saya lakukan? dan apakah nnti pernikahan saya akan tetap sah jika mengacu pada Qs. An-nur ayat 26? mohon bantuannya ustadz. terima kasih, wassalamu'alaikum.
Akhwat (Jambi)
1 month ago on Keluarga

seorang mualaf ingin menikah tapi tidak mendapat restu orang tua pihak laki laki

Perkenalkan sya sebelum nya beragama non muslim ( kristiani) tapi sudah beberapa bulan ini saya sdah menjadi mualaf, Saya mempunyai seorang pasngan muslim, sya bersma pasngn sdah menjalin hub sekitar ±1 tahun lebih.saya sdh mngenlkan kepda orng tua saya dan Sya selama ini jga sdah d kenalin ke orang tua pasangan saya. Di baru baru ini menjabat sebagai ASN tahun ini dan baru baru ini jga saya baru mngetahui jika orng tua psngn saya tidak merestui hub saya bersma pasngn jika berlanjut ke pelaminan , dia tdak pernh bercerita sma skli jika slma ini orng tuanya tdk menyukai saya di karenakan sya seorang mualaf, orang tua pasngan saya menginginkan anaknya mndpat pasngan yang sejati dari lhir seorng muslim karena menurut mereka takut jika cucu cucunya tidak mndpatkan pelajaran tantng kaidah islam sedari kecil krna slah satu orng tua nya seorng mualaf.. sya pun sekarng menjadi mualaf lgi proses beljr sya lgi beljar ngaji dan ikut pngajian . Krna semkin bnyk permslahn di antara kmi , pasngan saya berniat mengajak menikah siri Yang ingin sya tnyakan 1.Apakah hukumnya jika saya wanita mualaf menikah dgn seorng pria muslim menikah tnpa restu kedua orng tua psngn sya? 2. Apa saja yang harus sya lakukan ( wanita mualaf) untuk menyakinkan orang tua pasngan saya? 3. Doa apa saja yg harus sya bacakan untk meluluhkan hati orang tua pasngan saya? 4. Apakah seorng wanita mualaf tidk pantas menikah dengan seorng pria muslim? Mohon bantuannya ustad Walaikumsalam
Akhwat (cirebon)
1 month ago on Keluarga

Apakah Harus Lanjut Bekerja

Assalamualaikum warokhmatullahi wabarokhatu pak ustadz… Saya ingin mencari pendapat pak ustad tentang permasalahan saya. orang tua saya menyuruh kerja tetapi pekerjaan tersebut tidak membolehkan memakai hijab, saya menolak pekerjaan tersebut karna saya tidak terbiasa tidak memakai hijab dan tidak nyaman, tetapi orang tua saya selalu menyuruh saya untuk tetap bekerja disitu. apa yg harus saya lakukan, mengikuti perintah orang tua apa tetap dengan pendirian saya menolak pekerjaan tersebut? tolong jawabannya pak ustadz wassalamu'allaikum warokhmatullahi wabarokhatu
Ikhwan (Bandumg)
1 month ago on Keluarga

Apakah Harus Akad Lagi?

Assalamualaikum wr wb Pak ustadz, saya bru menikah bbrpa bulan yg lalu. Suatu hari kmrn, saya dan istrk bertengkar, tersebut kata2 dr istri saya bahwa tidak mau disentuh lg oleh saya (suaminya). Apakah hal tersebut sama seperti talak? Yg mengharuskan untuk melakukan akad nikah lagi agar tidak dianggap berzina? Mohon pencerahan nya pak ustadz. Wassalamualaikum wr wb
Akhwat (Denpasar)
1 month ago on Keluarga

Apakah harus berhenti bekerja

Assalamualaikum ustad, saya mau bertanya ustad apakah saya harus berhenti bekerja sesuai anjuran suami sementara kondisi keuangan kami masih sangat parah ( banyak hutang dan hampir semuanya hutang riba ) dan penghasilan suami belum mencukupi. bagaimana saya harus bersikap ustadz ? sedangkan saya masih ingin membantu suami karena jujur saya takut saat saya benar - benar berhenti bekerja keuangan kami makin memburuk.terima kasih ustadz..wassalamualikum warohmatullohi wabarakatuh

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com