SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (Jakarta)
1 week ago on Keluarga

Tradisi Keluarga

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Singkat cerita keluarga saya dan suami 1 suku, dan ada tradisi di setiap hr raya idul fitri dn idul adha yg mereka anggap tanda syukur dan mendoakan kerabat dekat yg sudah meninggal . orangtua kami menyiapkan beberapa jenis masakan dan lauk pauk, kmudian disusun di baki/talang smpai mnjadi bberapa bagian (untuk rumah,untuk kakak/adik/org tua yg meninggal,dn untuk bagian lainnya saya kurang ngerti). Setelah itu diberi baca2an doa dilengkapi dengan dupa. Tapi saya dan suami pikir itu trlalu brlebihan sbagai acara syukuran, dn saya pribadi rasanya ragu mau melanjutkan tradisi trsebut. apakah hal itu memang ada dalam islam ? dan bagaimana cara melakukan syukuran sesuai syariat islam ? Mohon responnya,Terimakasih banyak.
Ikhwan (jakarta)
2 weeks ago on Keluarga

Suami Melarang Istri

Assalamualaikum ustad.. Saya (suami) melarang istri saya untuk bertemu dengan teman-teman masa kecil nya dan sebagian teman kecil nya itu lelaki yang dari bicara dan tingkah laku dengan bahasa-bahasa yang tidak manfaat (mencela satu sama lain).. Apakah saya salah untuk melarang nya?
Ikhwan (tangerang)
2 weeks ago on Keluarga

apakah orang tua durhaka terhadap anak?

assalamualaikum wr.wb. ibu saya sering memarahi saya ketika saya beli keinginan saya apapun itu uang dari hasil keringat saya, dan ibu saya selalu pingin uang gajian itu di miliki ibu saya padahal selalu saya kasih setiap bulan, ibu saya juga melanggar ucapannya sendiri "bila sudah kerja silahkan beli yg kamu inginkan" tetapi setelah saya membeli yg saya inginkan ibu saya selalu memarahi saya, dan selalu mengungkit ketika membesarkan saya, mohon jawab ustad, terima kasih.
Akhwat (Jember)
2 weeks ago on Keluarga

Suami mengagumi wanita lain

Assalammu'alaikum Bagaimana hukum nya jika suami mengakui suka kepada wanita lain, dan sudah menyatakan langsung kepada wanita tersebut? Apakah istrinya boleh tidak ridho dengan kelakuan suami tersebut?
Ikhwan (Makassar)
1 month ago on Keluarga

Kata Pergilah Apakah Menyebabkan Jatuh Talak

Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Bagaimana hukumnya dengan suami yang mengatakan " kalau kamu mau pergilah selama selamanya saya mengizinkanmu" dan mengatakan juga " jangan hubungi saya selama lamanya" Tak bermaksud mentalak hanya karna emosi mengatakan hal seperti Apakah jatuh talak ?
Ikhwan (Padang )
1 month ago on Keluarga

Anak kecil yang mencuri

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Ustadz, ana punya beberapa dosa sewaktu kecil dan banyak dosa selepas baligh. Sebelum baligh ana pernah mencuri barang tetangga ketika bermain dirumah tetangga dan juga ada beberapa kasus lainnya. Dan juga pernah mencuri ketika selepas baligh di sekolah dan berbuat curang ketika berbelanja di kantin sekolah. Apakah dosa ana sebelum baligh di hitung dan apakah ana harus meminta maaf kepada yang dirugikan. Dan bagaimana sikap dengan dosa-dosa ana selepas baligh ustadz. Jazakallah. Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
Akhwat (Makassar)
1 month ago on Keluarga

JATUH TALAK/TIDAK

Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Suami sms saya dengan kata kata "Jika kamu melawan lagi maka kuceraikan" . Suami tidak berniat menjatuhkan talak hanya mengancam akan menceraikan. Apakah telah jatuh talak/ tidak saat istri melawan ?
Akhwat (bandung)
1 month ago on Keluarga

mencintai suami orang

Boleh kah saya mencintai suami orang?? Saya tidak bermaksud merebutnya atau dia harus menceraikan istrinya Saya terima untuk jadi ke 2, selama ini kami saling mencintai, dia berjanji akan nikahi saya tapi dia butuh waktu untuk melakukan pendekatan ke istrinya, agar istrinya suatu saat bisa terima saya dan setuju klau dia menikah lagi Tapi setahun lalu dia coba katakan ke istrinya klau dia mau nikah lagi tapi istrinya bersedih dan tidak terima malah sikapnya berbeda sama saya, dia selalu agak jengkel( saya mengerti perasaannya, wanita mana yg tidak sedih klau suaminya mau nikah lagi) tapi kali ini laki" itu berjanji akan melakukan pendekatan pada istrinya agar suatu saat dia bisa terima Apa yang harus saya lakukan?? Sementara ada laki" lain yg mau melamar saya malah dia mau terima apa pun kekurangan ku Tapi saya juga sangat sayang sama laki" yang beristri itu, dan saya memang ingin merawatnya suatu saat nanti karena saya dengan dia berbeda usia yg sangat jauh Apa yg harus saya lakukan?? Tolong berikan saya nasihat apa yg harus saya lakukan
Ikhwan (Surabaya)
1 month ago on Keluarga

Keluarga Istri Yang Mengompori Terjadinya Perceraian

Assalamualaikum ustadz.... Istri saya sudah hampir 1bulan tidak pulang kerumah kerana telah lari kerumah orang tuanya. Saya memujuknya untuk pulang tidak mahu. Ceritanya begini.. Sebelum istri saya kluar rumah, saya selama 2hari telah mendiamkan diri tanpa menegur sapa istri saya dan juga saya ada juga membanting barang kerana saya marah kerana istri selalu keluar rumah dan seperti mengabaikan saya kerana pabila sya pulang kerumah tiada makanan untuk saya. Tapi walaupun saya mendiamkan diri apabila saya keluar rumah atas urusan kerja dan dalam perjalanan pulang saya ada bertanya pada istri saya dirumah sama ada mahu dibelikan apa2 makanan. Pada keesokannya juga saya masih mendiamkan diri dan kluar bekerja tanpa menghiraukan istri saya. Pada hari itu isteri keluar rumah dan kerumah keluarganya. Sya ada pergi kerumah orang tuanya dan memujuk istri untuk pulang tapi istri enggan pulang kerana sudah tidak tahan hidup bersama saya kerana sikap saya yang suka banting barang. Setelah beberapa hari istri tidak pulang kerumah, istri mengatakan ingin menuntut cerai, dan ibunya seperti mendesak istri saya untuk bercerai dengan saya dan ibunya juga yang akan membantu untuk proses menuntut cerai.. Saya ada meminta ibunya untuk saya bertemu dengan isteri saya untuk membincangkan hal ini berdua bersama isteri saya tapi ibunya menghalang..  Sepertinya ibunya sudah ikut campur urusan rumah tangga saya, dan membuatkan masalah menjadi lebih besar. Sedangkan nafkah untuk isteri dan tempat tinggal yang lengkap sudah saya penuhi.Saya juga tidak memukul istri saya.  Saya tidak menyangka istri saya berubah begitu dan ingin menuntut cerai sedangkan sebelum ini istri saya tidak begitu walaupun ada kalanya kami bertengkar. Saya masih sayang rumahtangga saya dan sayangkan anak. Istri saya juga sedang hamil..  Saya sangat kwatir dengan keadaan istri saya yang sedang hamil jika istri berjauhan dengan saya.. Saya bingung ustadz.. saya harus gimana.. Saya berharap ada saran dari ustadz saya harus gimana sekarang... setiap hari saya berdoa supaya istri dilembutkan hatinya... Saya berharap saran dari ustadz.... Terima Kasih ustadz...
Ikhwan (jogja)
2 months ago on Keluarga

fadilah surat yusuf ayat 4 dan thahaa ayat 39

assalamu'alaikum ustadz, saya baru dapat artikel tentang fadilah membaca surat yusuf ayat 4 dan thahaa ayat 39. yg katanya dapat merekatkan hubungan suami istri, dikasihi masyarakat dan dimudahkan dapat jodoh. apakah itu benar ustadz?
Akhwat (Cilacap)
2 months ago on Keluarga

Memasak Untuk Mertua Yang Non Muslim

Assalamualaikum Ustadz, Saya mau bertanya. Suami saya adalah seorang mualaf dan seluruh keluarganya beragama Katholik. Saya tinggal di rumah orang tua saya, tapi sesekali saya juga tinggal di rumah mertua saya (masih bolak balik). Ibu mertua saya sangat baik kepada saya walaupun kita berbeda keyakinan. Saya sering membuatkan kue untuk mertua saya karena beliau bilang memang suka kue. Bulan depan (Desember) mertua saya merayakan Natal. Bolehkan saya memasak atau memberikan kue untuk mertua dan keluarganya untuk perayaan Natal? Ataukah haram? Sedangkan saya tidak ada niat untuk ikut merayakan. Tapi saya selalu ingin membuat ibu mertua saya senang dan merasa diperhatikan sehingga rasa kasih sayang diantara kami tetap terjaga. Mohon pencerahannya ustadz. Wassalamu'alaikum.
Ikhwan (Duri - Pekanbaru -Riau)
2 months ago on Keluarga

Ayah Menafkahi Keluarga Dari Hasil Bermusik

Assalamu'alaikum Ustadz. Ayah saya bekerja sebagai pemain musik (keyboard) pada sebuah perusahaan untuk mengisi acara pada kegiatan-kegiatan dalam lingkungan perusahaan tersebut. ayah sudah bekerja sejak saya lahir dan dengan itu menafkahi keluarga. yang ingin saya tanyakan, apakah saya harus meninggalkan rumah agar tidak termakan makanan dari hasil pekerjaan tersebut ? ataukah tetap di rumah dalam rangka menjaga perasaan orang tua agar tidak bersedih bahkan sakit bila saya meninggalkan rumah. Jazakallahu Khairan Ustadz  
Ikhwan (Mataram, NTB)
2 months ago on Keluarga

Jual Beli Dengan Ortu

Asslamualaikum ustadz... ana ingin bertanya... ana lagi menjalani usaha jual pulsa elektronik...dengan modal yang sdikit (50rb), jika orang tua ana membeli pulsa di ana dan tidak langsung membayar (hutang) apakah ana durhaka jika menagihnya? karena modal ana yang sedikit jadi ana kesulitan untuk menutupinya ustadz...apalagi ana masih pelajar... saya tggu jawabannya ustadz. barakallah fikum
Akhwat (Bandung)
2 months ago on Keluarga

Jika Suami Tidak Ridho

Jika seorang suami berkata tidak bahagia hidup dengan istrinya. Dan ketika ditanya Apa yang bisa membuat suaminya bahagia dia tidak menjawab. Tetapi juga tidak mau menceraikan istrinya. Apakah si istri berdosa? Karena tidak Dapat membhagiakan suaminya. Sedangkan menurut si istri dia Sudah berusaha maksimal untuk membahagiakan suaminya. Sedangkan salah satu syarat istri masuk Surga adalah Dapat membhagiakan suaminya Dan membuat suaminya ridho.
Akhwat (Surabaya)
2 months ago on Keluarga

Apakah Saya Telah Durhaka

Assalamualaikum, Keluarga saya sedang ada masalah, uang orang tua saya dibawa orang dan tidak segera dikembalikan. Kemudian saya juga belum kunjung mendapat pekerjaan dan jodoh. Ibu saya kadang kala berkata "Gimana ini kok semuanya mengecewakan? Yang ditunggu tidak segera terwujud, uang tidak segera dikembalikan, jodoh blm dapat pekerjaan juga" Seringkali saya berkata "jangan berkata seperti itu Bu, doakan terus, katanya sih tidak boleh putus asa dalam berdoa biar diijabah, karene doa ibu itu paling mujarab" Yang ada saya dibilang menyalahkan ibu saya, padahal niat saya mengingatkan biar ibu saya tidak kelepasan berkata yg tidak baik. Kata ibu saya dengan berkata begitu saya sudah menyakitinya sehingga doanya tidak terkabul. Apakah saya durhaka Ustadz? Dan saya harus bagaimana? Terima kasih ustadz.

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com