SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (Jateng)
1 day ago on Keluarga

Suami-Istri Selingkuh

Assalamu'alaikum pak uztad Saya mempunyai seorang teman yg saya sudah angggap seperti kakak saya sendiri, dia sudah menikah sudah memiliki anak, akan tetapi suaminya suka mabuk dan selingkuh. Karna teman saya tidak mendapatkan perhatian dari suaminya maka teman saya juga selingkuh dgn teman lamanya. Tetapi temanya ini juga sudah mempunyai istri dan anak bahkan mereka (teman saya) sudah pernah melakukan hubungan suami istri. Pertanyaan saya bagaimana saya harus menasehati teman saya agar tidak melakukan dosa besar (berzina)? Segala macam cara saya sudah menasehati, saya hanya ingin teman saya tidak melakukn dosa besar karna saya hanya ingi kita bersahabat sampai jannah :'(
Akhwat (bandung)
2 days ago on Keluarga

Suami Memberi Tunjangan Keluarganya

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.. sy pny adik ipar perempuan...skrg dia udah mau kuliah.. ibu mertua sy mau anak perempuannya kuliah...tp untuk biaya kuliah saja tidak ada...malahan ibu mertua sy mengharapkan anak2 nya yg biayain adiknya..kalau bpk mertua sy sudah lama meninggal.. kmrn pas dijalan kita lagi ngobrol soal kuliah suami keceplosan bilang hbs trnsfer uang ke ibu nya sebesar 2jt...wkt sy tanya kapan trnsfernya,qo ga ada blg dr kmrn..ternyata dia trnsfer 3hari yg lalu...dan keesokan harinya suami sy prg ga bawa dompet...krn perasaan sy ngerasa suami sy bohong...sy cek dompetnya..ternyata ada struk atm dgn nilai 3jt...sdgkn kmrn dia blg trnsfer 2jt... untuk uang bulanan sy aja hanya dikasih 500rb...dan suami sy selalu mengeluh ga ada uang..toko dan service hp sepi...tp untuk adiknya 3jt itu ada... pas liat struk atm itu...hati sy sakit dibohongi... pdhl mereka itu 5bersaudara...tp soal uang mertua sy selalu mengeluh ke suami sy..pdhl anak2 nya yg lain punya gaji tetap perbulan nya...sdgkn suami sy hanya buka toko dirumah .. sy bukan hanya 1x liat suami sy bohong soal kirim uang.. sy merasa suami tidak adil sm sy...dia lbh mementingkan ibu dan adiknya dibandingkan sy... ingin mengadu tp sy tidak tau hrs mengadu kpd siapa...hanya menangis yg sy bisa lakukan.. hanya anak lah pengobat rasa sakit hati ini pak ustad...
Akhwat (duri,riau,indonesia)
4 days ago on Keluarga

suami mengajak tinggal serumah dengan orangtuanya akan tetapi saya berat menerima keputusan itu

assalamu'alaikum ustad, saya wanita berumur 24 tahun baru menikah 7 bulan dan sekarang sedang mengandung anak pertama, awal setelah seminggu selesai resepsi pernikahan saya dan suami langsung pindah kerumah orangtuanya untuk tinggal disana.. itupun hanya sebulan ustad, karena saya rasa kurang nyaman karena mertua selalu nyindir saya dan mencari kesalahan terkadang saya menangis dikamar sendirian, dan akhirnya saya menceritakan kepada suami saya, suami saya bilang ibu saya orang nya memang cerewt tapi hatinya baik.. gak usah di ambil hati.. dan akhirnya saya coba buat sabar.. tapi rasanya kesabaran saya habis.. mertua masih juga mengulangi.. saya cerita lagi ke suami bagaimana kalau kita ngontrak aja, suami jawabannya lama kayak mikir berat.. karena katanya ingin jaga orang tua , orang tuanya sudah tua ustad dan dia anak satusatunya tinggal bersama orangtuanya dan dia tak ingin meninggalkan orangtuanya karena dia hanya 2 bersaudara abangnya sudah berkeluarga juga tinggalnya pun jauh, terus saya bilang kita ngontrak aja untuk mandiri sementara dan akhirnya suami saya mau, walaupun mertua masih tetap nyindir.. 7 bulan saya mengontrak , suami saya berubah lagi untuk ngajak saya pindah kerumah orangtuanya lagi setelah persalinan nanti, jadi bagaimana ustad saya harus memilih yang mana, saya gak mau terulang kedua kalinya, karena selama ini juga saya udah sabar tapi saya takut ustad.. selama kami ngontrak saja mertua masih juga nyindir saya, dan suami juga bilang kasihan ibu nggak ada teman nya dirumah, tapi kita jagain mereka sama sama.. sementara saya ingin mandiri ingin ngurusin anak..??? saya bingung ustad dalam posisi kayak gini apa yang harus saya lakukan ustad ??
Akhwat (Jakarta)
1 week ago on Keluarga

Calon Saya Tidak Disetujui Oleh Keluarga

assalamualaikum..... bagaimana cara menyatukan dua keluarga.... keluarga saya sangat membenci cowok yang dekat dengan saya saat ini karena cowok saya tatoan, penguna aktif salah satu obat2an dan peminum, saya ingin merubahnya agar dia dapat diterima dikuarga saya dan saya ingin merubahnya menjadi lebih baik lagi tetapi.. keluarganya pun tidak setuju dengan saya karena ayah saya sudah berbicara marah2 dengan keluarga... tapi kami ada niatan serius melanjutkan kejenjang pernikahaan.... pertanyaan saya apakah kita boleh menjalankan ibadah menikah dengan restu orang tua?
Akhwat (Maros)
1 week ago on Keluarga

Suami Selingkuh

Assalamu'alaikum ustadz. Mau tanya bagaimana sebaiknya istri bersikap jika mendapati suaminya sering telponan dengan perempuan lain? Dan suami sudah mengakui dan berjanji tidak akan mengulanginya. Sikap apa yang harus saya ambil ustadz
Akhwat (Cirebon)
1 week ago on Keluarga

Suami Tidak Mau Berusaha Maksimal

Assalamu'alaikum wr.wb Ustadz/Ustadzah ijinkan sya utk bertanya,. saya sudah menikah dengan suami selama 3tahun. pada saat bertemu , posisi saya adalah wanita pekerja di sebuah lembaga keuangan dan suami saya adlah seorang guru honorer. saya pikir setelah menikah suami saya berpikir utk mencari pendapatan lebih, krn honor nya tidak cukup utk mencukupi kebutuhan , dn itupun dibayar setiap 3bulan sekali. saya sering meminta suami saya utk mencari tambahan penapatan, krn saya merasa saya sendiri yg berusaha bekerja , sedangakan suami saya dengan pekerjaan seorang guru dia tidak memikirkan utk kebutuhan kami. saya akui suami saya laki2 yg sholeh , dia rajin beribadah, namun soal nafkah dia sulit sekali utk dinasehati. mungkin krn sudah ketergantungan dg pendapatan saya , jadi dia tidak terlalu berpikir utk mencari nafkah yg lebih. tapi saaat ini saya merasa capek ustadz. apa yg harus saya lakukan ? menasehati nya sudah , tapi dia tidak ada kemauan utk berusaha lagi. dan apakah saya dosa jika berpikir seperti ini ?mohon penjelelasannya, terima kasih wassalamu'alaikum wr.wb
Akhwat (tangerang)
2 weeks ago on Keluarga

Suami Meminta Tambahan Modal

Bismillah..saya sudah menikah selama 3 th. Saya janda dengan 2 anak menikah dengan duda 2 anak. Selama 3 th pernikahan sering sekali terjadi perselisihan dalam rumah tangga kami. Persoalan tersebut di sebabkan suami saya selalu meminta tambahan modal usaha kepada saya. Saya bingung ustadz mengingat uang yg saya miliki adalah peninggalan alm suami saya dan saya memiliki 2 anak yg harus saya tanggung ( sy tdk bekerja) biaya pendidikan dan kebutuhannya. Pernah saya akan memberi tambahan modal kepada suami dengan syarat biaya pendidikan dan kebutuhan anak2 saya menjadi tanggung jawab suami, namun suami menolak. pernah juga saya mengatakan saya akan berikan tambahan modal namun saya meminta agar suami terbuka kepada saya mengenai penghasilan dari usaha tsb, namun suami sy menolak juga dengan alasan suami berhak untuk tdk memberitahukan kpd istri brp penghasilan suami. Mohon nasehatnya ustadz apa yg harus saya lakukan krn saya harus membayai pendidikan anak2 dari alm suami dan juga kebutuhan pribadi saya sendiri ( suami hanya memberi uang belanja saja). suami saya selalu menyebut2 saya istri yg bakhil dan zalim.
Akhwat (Tangerang)
3 weeks ago on Keluarga

Bolehkah Saya Menikah Dengan Paman Saya Ini?

Assalamualaikum wr wb. Sebelum saya kepada topik pertanyaan, saya akan menjelaskan silsilah keluarga saya ini. Ini adalah keluarga dari ibu saya. Jadi Ayahnya kakek saya (Mbah buyut) memiliki adik nah adiknya ini memiliki anak kan. Anak nya ini berati jadi sepupu kan sama kakek saya. nah kakek saya punya anak yaitu ibu saya, lalu anaknya adik buyut saya ini juga punya anak, jadi silsilahnya paman dan ponakan dong antara ibu saya dengan si anak adiknya buyut saya? nah trus kondisinya sekarang adalah, saya memiliki hubungan dengan anaknya paman ibu saya ini. jadi ibu saya sepupuan kan dengan orang yang saya suka ini, jadi otomatis saya dengan dia adalah paman dan keponakan. Mohon agar mengerti dengan penjelasan saya yang berbelit belit ini hehe. nah inti pertanyaannya, menurut islam dengan silsilah keluarga yang saya jelaskan, apakah kami termasuk mahram?
Ikhwan (Bekasi)
1 month ago on Keluarga

Mempertahankan Rumah Tangga Ataukah Menyudahinya

Assalamualaikum pa ustad.. Saya mohon petunjuk, apa yang harus saya lakukan. Pernikahan kami sudah 12 tahun dan dikaruniai 2 orang anak, tapi hati saya masih gundah dan gelisah tentang hubungan pernikahan, karena dulu saya menikah dijodohkan oleh orang tua dan sampai bertahan demi orang tua, anak-anak dan harta, apa yang harus saya lakukan? tetap mempertahankan pernikahan atau menceraikan isteri saya? Dan berkata jujur kepada isteri bahwa saya tidak mencintainya?
Ikhwan (Bandung)
1 month ago on Keluarga

Menyukai Wanita Yang Masih Bersuami

assalamualaikm...mau tanya ustdz, temen suka sama akhwat, trs dia ungkapin rasa suka sama akhwat tsb yg telah bersuami, stlh tmn ungkapin rasa sukanya k akhwat tsb, trs si akhwat jadi ingin minta cerai sama suaminya...apakah temen sy itu sdh melakukan dosa takhbib? mhon penjelasannya ustadz.
Ikhwan (Bandung)
1 month ago on Keluarga

Menggunakan Hadiah Kelahiran Untuk Biaya Aqiqah

Bismillahirrahmanirrahim assalamualaykum ustadz... Dimasyarakat jika ada seorang istri yg melahirkan selalu diberi amplop berisi uang dgn niat untuk anaknya...jika uang tersebut dipakai untuk aqiqah apakah boleh karena aqiqah itu kewajiban seoranh ayah
Ikhwan (Bandung)
1 month ago on Keluarga

Istri Sering Menolak Ajakan Suami

Asalamualaikum. Apa hukum nya jika istri sering sekali menolak Berhubungan dengan suami......
Akhwat (Jakarta)
1 month ago on Keluarga

Masalah Dalam Rumah Tangga

Assalamualaikum pak ustadz mohon maaf saya ingin bertanya apakah boleh dalam Islam bercerai dengan alasan suami jarang memberi nafkah, menyakiti lahir dan batin istri, serta tidak mau menjalankan ibadah? Mohon di jawab pak ustadz Terima kasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wb.
Ikhwan (garut)
1 month ago on Keluarga

Bagaimana Keputusan Yang Tepat

assalamualaikum pa ustad , ingsaallah sebentar lgi sya akan menikah , saya mau bertanya , dan disitu saya berjanji 60jt mw bayar untuk biaya perniakahaan , dan ternyta dibtengah hari H sya kurang 4 jta , dari pihak wanita tidak mau tau uangny harus ada , apa yg harus saya lakukan sedangkan keaungan saya sudah habis2an ? mohon petunjuknya pa ustad
Ikhwan (Palembang)
1 month ago on Keluarga

Bila Istri dan Mertuanya Tidak Cocok

Assalamualaikum ustadz.. Saya mau bertanya.. Saya dan istri saya tinggal di rumah bersama kedua orang tua saya (suami). Namun, disamping itu istri saya merasa tidak nyaman dengan perlakuan mertua (org tua suami) terhadap dirinya (istri), di karenakan orng tua suami menyuruhnya semena-mena dan membuat istri saya menangis/ sakit hati/kecewa. Dalam islam mengajarkan bahwa, apabila Seorang Istri yang sudah bersuami maka istri wajib patuh kepada suami. Terus Seorang suami harus memprioritaskan ibu/ orang tuanya dari pada istri dan anaknya. Di samping itu juga, seorang suami wajib menjaga, melindungi dan mengayomi istrinya serta menjalankan janji2 yg telah di sampaikan pada saat Akad Nikah. Apa yang harus saya lakukan sebagai suami ?

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com