SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (jakarta)
3 weeks ago on Mu'ammalah

membeli produk perusahaan yang mendukung lgbt

assalamu’alaikum, izin betanya. saya baru2 ini tahu bahwa ternyata banyak produk/perusahaan yang mendukung LGBT (homoseksual dll) dengan menyumbang uang kepada organisasi2 LGBT tersebut. saya khawatir bahwa jika saya membeli produk itu berarti saya ikut mendukung LGBT. apakah solusinya adalah memboikot produk2 itu? diantara produk2 itu adalah yang terkenal dan banyak dipakai masyarakat saat ini, seperti a*ple, st**bucks dan lainnya. terimakasih, jazakallah khairan.
Akhwat (Kelaten)
3 weeks ago on Mu'ammalah

menggunakan harta dari hasil yang batil

Jadi begini ustaz, saya seorang pelajar dan berusia 20 tahun. saya memiliki uang yang banyak. Uang itu awalnya saya dapat dari bekerja yang halal. Lalu saya tergoda dengan kegiatan mencari uang dengan cara batil.. Dan akhirnya uang halal tersebut saya pakai sebagai modal mencari uang yg haram. Saya tidak mencuri, korupsi, menggelapkan uang, judi, mengundi, namun saya memanfaatkan fasilitas aplikasi android untuk mendapat keuntungan. Namun saya melakukan kecurangan yang tidak sesuai standar apk tersebut untuk mendapat keuntungan dan membuat banyak akun untuk untuk semakin mendapat keuntungan, jelas tentu hal itu melanggar ketentuan dari promo aplikasi tsb. Lalu ustad, saya taubat dan tidak ingin mengulangi perbuatan saya lagi. Lalu saya ingin berniat mencari uang yang halal dengan berdagang. Namun sebagian uang haram tsb, sudah saya pakai untuk membeli peralatan berdagang, karena saya sebelum nya bertanya pada dosen agama saya, beliau berkata asalkan sudah taubat tidak apa apa, anggap saja "bonus" Yang saya dapat. Namun setelah saya searching lagi ternyata hal itu tidak boleh, ibarat mencuci baju dengan air kencing. Karena kasusnya sebagian sudah saya belikan alat berdagang, apakah tetap saya boleh pergunakan Alat berdagang saya? Dan saya mencari modal lagi dengan meminjam uang orang tua saya untuk lanjut berdagang. Atau kalau tidak boleh, apakah boleh saya melakukan hal ini, Saya menghitung keseluruhan modal yang sudah saya gunakan dr uang haram tsb untuk membeli alat dagang. Misal seluruh nya 2jt. Lalu saya tetap pakai alat nya, dan meminjang uang orang tua saya lagi untuk tambahan modal (uang halal) Dan setelah saya untung 2jt. Saya kembalikan uang haram trs ke rekeni ng tempat saya menyimpan uang haram trs dan yang itu tidak akan saya pakai lagi. Boleh kan seperti itu ustaz??? Saya benar2 bingung karena saya takut sekali dengan uang itu ibadah, sedekah, dan amal baik saya tidak diterima oleh Allah SWT.
Akhwat (Baubau, sulawesi tenggara)
1 month ago on Mu'ammalah

menjual barang pemberian orang lain

Assalamu'alaykum wa rohmatullahi wa barakatuh. afwan izin bertanya Ustadz. apakah boleh saya menjual barang pemberian orang lain kepada saya, seperti tas, karena saya tidak dapat menggunakannya disebabkan tas itu bukan tas wanita melainkan tas pria dan ukurannya cukup kebesaran. demikian pertanyaannya Ustadz. syukron jazaakallahu khoyran. wassalamu'alaykum wa rohmatullahi wa barakatuh.
Ikhwan (Kubu Raya, Kalimantan Barat)
1 month ago on Mu'ammalah

apa sikap kita saat di doakan barakAllah fii umrik saat hari kelahiran

Apa sikap kita saat di doakan barakAllah fii umrik (didoakan saat ulang tahun), padahal merayakannya tidak boleh ?
Akhwat (jakarta)
1 month ago on Mu'ammalah

jual beli emas online

assalamu’alaikum, saya pernah dengar bahwa jual beli emas itu haram, namun boleh dengan cara COD (cash on delivery). apakah hal ini benar? dan apakah ada cara halal untuk membeli emas online? terimakasih, jazakallah khair.
Ikhwan (Jakarta)
1 month ago on Mu'ammalah

Apakah uang hasil orang bayar hutang halal

Assalaamualaikum saya ingin bertanya saat itu saya menjadi panitia sebuah event lalu dari pihak penyelenggara memakai zoom pro dengan memakai uang saya dulu lalu dikemudian hari saya diminta no rekening untuk pihak penyelenggara membayar uang saya talangi waktu itu tapi saya mengikhlaskan nya karena nominalnya kecil lalu pihak penyelenggara memaksakan agar saya mau menerima uang gantinya apakah uangnya halal yaa pak ustad terimakasih?
Ikhwan (Kota Tangerang)
2 months ago on Mu'ammalah

membuang kucing

assalamu'alaikum ustadz belakangan ini saya sering sekali mendapati Kucing dipekarangan saya, kucingnya masih kecil, tidak mungkin mampu memanjat pagar saya yang tertutup, saya yakin ada yang membuang mereka ke halaman rumah, saya bukan dari keluarga mampu, terlebih dalam kondisi pandemi seperti ini, saya tidak mungkin merawat banyak kucing-kucing, terlebih kucingnya masih sekitar umur 1 bulan, bahkan hari ini saya mendapati ada kucing yang baru lahir 1 ekor ada dipekarangan rumah, benar-benar seperti ada yg melempar dan membuangnya secara sengaja. Untuk makan sudah susah, tidak ada pula yg mau merawat/adopsi mereka, saya sudah berusaha kesana kemari tapi tidak ada yg mau merawat, saya dengan susah payah memberi makan mereka, menyanggupi kebutuhan dasar mereka, namun saya tidak mampu terus-terusan begini ustadz, saya tidak mungkin pula untuk membuang mereka, saya tidak akan tega, apa yang harus saya lakukan ustadz..?
Ikhwan (Riau)
3 months ago on Mu'ammalah

Akun yg masih ada di hp bekas

Ketika beli hp bekas saya menemukan akun email dan akun game online yg menjual, apakah akun itu menjadi milik saya karna sudah membeli? Terimakasih.
Ikhwan (Bekasi)
4 months ago on Mu'ammalah

Kualitas Dan Kuantitas Produk Perusahaan

Assalamualaikum ustadz, Semoga Allah selalu menjaga ustadz. Saya ingin bertanya, terkait saya bekerja di sebuah perusahaan, perusahaan ini mempunyai berbagai produk, ada kasus seperti ini misalkan produk A launching di tahun 2014, sampai 2021 produk A ini pun masih laku terjual, namun dari 2014 launching, pada 2016 perusahaan mulai menurunkan berat produk ini dan material lainnya sedikit dikurangi kualitasnya, saya tahu kalau ada penurunan berat dan kualitas bahan baku meskipun harga tetap sama bahkan seringnya naik setiap tahun, namun kami di tuntut untuk tidak membocorkan ke konsumen. apakah ini termasuk curang ?, perusahaan kami berpendapat ini untuk menekan ongkos produksi. mohon sarannya ustadz
Akhwat (Yogyakarta)
5 months ago on Mu'ammalah

Jahil Waktu Sekolah

Assalamu'alaikum ustadz. Saya baru saja bergabung karena melihat website ini sangat membantu beberapa pertanyaan yang membuat saya ragu dan bingung. Alhamdulillah dapat terjawab. Kali ini saya juga ingin bertanya seputar perbuatan jahil atau usil. Jadi dulu saya waktu masih duduk di bangku SMA, saya mempunyai satu teman yang bisa dibilang dia itu nyebelin ustadz, dia sering ganggu teman saya dengan membully dan berbuat seenaknya. Dia juga sering berbuat jahil ke saya dan teman saya yang lain, pernah ngumpetin tas saya dan teman saya kemudian memberikan pernyataan menjelekan kepada guru saya, tentang saya. Kemudian suatu waktu teman saya ini berinisiatif buat ngerjain balik temen saya, dengan menyembunyikan sepatu milik dia, saya tidak mau tapi akhirnya saya ikut bantu teman saya itu. Akhirnya teman saya yang nyembunyiin sepatunya malah membawa balik sepatu itu dan dipakai kemudian saya juga tahu akan hal itu. Saya merasa bersalah saya ingin berhijrah ustadz. Saya ingin menebus kesalahan saya, kira2 apa yang harus saya lakukan. Kalo untuk minta maaf saya sudah minta maaf tapi tudak saya jelaskan terperinci salah saya apa. Karena saya tidak mau membawa teman saya ke dalam masalah. Apakah kalo saya mengganti sepatu yang dulu itu boleh ustadz, saya kasih kedia sepatu baru? atau ganti dengan sedekah. Terimakasih sebelumnya ustadz, semoga pertanyaan saya dijawab
Ikhwan (Sambas)
5 months ago on Mu'ammalah

Hasil Klaim Jauh Lebih Besar Dari Premi Yang Disetorkan

Bismillah, ustadz apakah transaksi BPJS itu hutang pihutang, Misalnya si fulan pernah operasi jantung menggunakan BPJS, kira2 biayanya 50juta. Fulan tersebut hanya membayar iuran BPJS selama 5bulan saja sisanya tidak dibayar fulan mungkin karena gak ada biaya/meninggal dunia. (Iuran perbulan fulan 100rb,. 5bulan= 500rb) Kalau di hitung operasi 50juta, yang baru di setor iuran 500rb, sisa 49juta 500rb. Apakah ini bentuk hutang, atau bukan, Bantu jawab ustadz Saya khawatir
Ikhwan (bandung)
5 months ago on Mu'ammalah

Pinjam Dana Untuk Pembangunan Rumah

Bismillah Assalamualaykum perkenalkan saya abu ibrahim dari kota bandung ingin bertanya, saya punya kebutuhan ingin membangun rumah (bangunan nya saja) tapi saya searching tidak ada akad pinjaman yg berbentuk bahan bangunan. apakah boleh, pinjaman dengan akad nya untuk membeli barang seharga bangunan yang diinginkan, nanti setelah ada barangnya dijual untuk membangun rumah?
Akhwat (Kotabumi)
5 months ago on Mu'ammalah

PO Celengan

Assalamualaikum ustadz, beberapa minggu lalu saya chat via WA dengan salah satu olshop di daerah saya untuk membeli celengan, ternyata celengan tsb tidak ready di tempat melainkan PO, dan dia tidak bisa memastikan kapan barangnya datang, akhirnya saya tetap keep pesanan tsb dan dia tidak bertanya/membahas soal pembayaran, saya berpikir berarti bisa dibayar setelah barangnya sampai, namun karena saya tidak sabar ingin menabung dan berpikir bahwa olshop tsb tidak bisa memberi kepastian kapan barangnya sampai, beberapa hari kemudian akhirnya saya membeli celengan di toko lain yg barangnya ready/ada di tempat, dan ternyata barusan sore ini, ternyata olshop tsb meng-update status di WA bahwa celengannya sudah ready di tempat dan sudah bisa diambil, pertanyaan saya adalah: apakah tidak apa-apa apabila saya tidak jadi mengambil celengan tersebut tanpa mengabari olshopnya? Karena sepertinya dia juga lupa bahwa saya pernah memesan celengan tsb dikarenakan waktu yg sudah cukup lama.
Ikhwan (Malang)
6 months ago on Mu'ammalah

Lotre Berhadiah?

Assalamualaikum ustad Saya saat ini bekerja membuat jualan lotre berhadiah, ada yg dengan hadiah uang dan ada yang hadiah mainan untuk anak anak harga 500 an. Contoh penjualan. 1. Setiap anak yg membeli yg kosong saya kasih permen 1 2. Setiap anak yg membeli yg kosong, bisa ditukar dengan jajan sesuai uang yg dia keluarkan. Bagaimana hukumnya, dan apakah halal dan diperbolehkan ? Terima kasih.
Akhwat (Purwakarta)
7 months ago on Mu'ammalah

Konsumsi Siput Dan Penggunaan Lendir Siput

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Saya pernah membaca di sebuah artikel bahwa siput/bekicot termasuk binatang yang haram dimakan. Saya ingin bertanya, bagaimana jika memakai produk perawatan kulit yang ada kandungan lendir siputnya pada wajah ? Apa hukumnya ? Jazakumullah Khairan katsiran

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com