SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Banjarmasin)
1 week ago on Mu'ammalah

Doa Penutup Setelah Kajian

apakah boleh meng Amalkan/mengikuti Do'a pada saat Ustadz membaca Do'a penutup ?
Ikhwan (sulawesi tengah)
3 weeks ago on Mu'ammalah

membuat aplikasi perpajakan

saya seorang pembuat aplikasi yang kebetulan mendapat tawaran membuat aplikasi perpajakan untuk mempermudah proses pembayaranya. sebelum saya deal kepada klien saya baru mengetahui bahwa hukum pajak dalam islam itu haram, untuk itu sy berancana menolak proyek ini. apakah saya boleh mencarikan orang lain untuk menggantikan saya membuat aplikasi ini sebagai tanggung jawab kepada klien saya ?
Ikhwan (Malang )
1 month ago on Mu'ammalah

Hukum kerja sebagai akuntan

Assalamu 'alaikum Ustadz, Mohon penjelasan untuk hukum bekerja sebagai akuntan yang telah umum di negeri ini, akuntansi konvensional. Pada kenyataannya bekerja sebagai akuntan tersebut berkecimpung dalam riba, misalnya mengakui/mencatat pendapatan luar usaha. Pendapatan luar usaha ini biasanya berupa pendapatan bunga (riba) dari akun bank konvensional perusahaan. Dan juga bekerja sebagai akuntan di perusahaan dagang apabila ia pada posisi AP (account payable) atau posisi AR (account receivable), mereka biasanya mengakui/mencatat pengeluaran dan penerimaan dari transaksi jual beli secara kredit yang dilakukan perusahaan, dan umumnya transaksi secara kredit tersebut terdapat bunga (riba). Dari keadaan tersebut apakah benar profesi sebagai akuntan haram Ustadz, karena termasuk yang mencatat dan menjadi saksi atas riba seperti yang tersebut pada hadits dibawah ini? Dari Jabir dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknat pemakan riba, orang yang menyuruh makan riba, juru tulisnya dan saksi-saksinya." Dia berkata, "Mereka semua sama." (HR. Muslim 1589) Mohon penjelasannya Ustadz, supaya lebih mantap, karena dijelaskan oleh yang punya kapabilitas. Terima kasih.
Ikhwan (Tangerang)
1 month ago on Mu'ammalah

Mau Memutuskan Pacar Karena Melanggar Syariat Tapi Pacar Mengancam Untuk Menyakiti Dirinya Sendiri

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh, pak ustadz yang dirahmati Allah Subhanahu wa ta'ala, saya ingin konsultasi, saya memiliki pacar (waktu itu saya terlena akan dunia dan menganggap bahwa pacaran adalah hal yang wajar) tetapi setelah baru-baru ini saya mendalami islam ternyata pacaran itu tidak sesuai syariat islam bahkan haram. Masalah nya adalah, saya sudah menerangkan kepada pacar saya bahwa pacaran itu tidak sesuai syariat islam dan saya meminta untuk berpisah untuk menghindari segala maksiat dan jodoh itu sudah di tangan Allah, tetapi dia tidak mau dan malah menyiksa dirinya dengan menangis seharian bahkan mengiris-iris tangannya dengan silet, sehingga sampai saat ini saya masih memacarinya, apakah tindakan yang harus saya lakukan? (Kesimpulan: kalau saya terus pacaran, saya akan terus mendapat dosa, jika minta berpisah maka saya akan menyakiti seseorang, bukan hanya hati bahkan fisik, dan saya takutnya lebih dari itu). (Umur saya menginjak 20 tahun dan masih berstatus mahasiswa) Terimakasih sebelumnya, barakallah fiik ustadz.
Ikhwan (Ciamis)
3 months ago on Mu'ammalah

Mencuri Waktu Ketika Sedang Bekerja

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Ustadz, Ana mau bertanya, Ana kan kerja setiap hari di depan komputer, kadang-kadang Ana merasa jenuh sehingga di sela-sela pekerjaan Ana suka mencuri waktu untuk sekedar bermain internet. apakah yang Ana lakukan berdosa ustadz? terimakasih. وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ikhwan (WONOSOBO)
3 months ago on Mu'ammalah

Ditraktir Makan saat teman ulang tahun

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh Ustadz saya mau tanya,bagaimana hukumnya ketika ada teman ulang tahun lalu dia mengajak saya makan (mentraktir makan)?disini saya tidak memberikan ucapan,kado dll berkaitan dengan ulang tahun dia
Ikhwan (tasikmalaya)
4 months ago on Mu'ammalah

tentang musik

Assalamualikum ustd saya mau bertanya Tentang musik dan saya sudah melihat ceramah ustd khalid dan ustd syafiq mengharamkan musik tersebut trus ceramah ustad khalid tentang musik haram itu saya upload di instagram tp ada komentar dari teman saya orang asli semarang dia menanyaan( bahwa dulu wali songo menyebarkan agama islam pakai musik di tanah jawa )pertanyaan saya gmna saya harus menjawab perihal tersebut ustad sedangkan saya orang yg baru mengenal assunnah..trimakasih ustd Assalamualikum warohmatullahitaalla wabarrokatu..
Akhwat (Bandung)
4 months ago on Mu'ammalah

Memakai tas yang mencolok

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Apakah seorang akhwat boleh mengenakan tas yang berwarna warni atau tas Cantik dengan Hiasan bordir Dan motif? Apakah mengenakan tas yang mencolok Termasuk bertabarruj? وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Akhwat (Sidoarjo)
5 months ago on Mu'ammalah

Menjual Lebihan Jatah Bahan Bakar Kapal

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Ustadz, saya mau bertanya.. Suami saya bekerja di kapal.. nah di kapal itu misalkan pemakaian bahan bakar dalam 1 hari full itu 3 ton,,kami gunakan bahan bakar itu irit2,, lalu sisa bahan bakar nya itu di jual,, setiap kali operasi memang dijatah kantor 3 ton utk bahan bakar kapal tersebut.. hukum uang itu apa ? Lalu uang sisa bahan bakar tadi ada yg pinjam,,terus di kembali kan pakai uang gaji,, hukum uang yg di kembali kan itu kembali ke uang awal di pinjam atau uang gaji tadi ? Mohon penjelasannya ustadz.. terima kasih sebelumnya.. Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Akhwat (Bandung)
5 months ago on Mu'ammalah

Bagaimana menjawab bahwa Ada beberapa istri ustadz Justru berhias

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Ketika akhwat Sudah tidak bertabarruj . Dan memakai jilbab yang syar'i Bahkan tidak bermake up Dan memakai pewarna bibir. Bagaimana menjawab pertanyaan teman temannya Dan Keluarganya bahwa yang akhwat ini lakukan keliru. Bahkan mereka tidak setuju ketika si akhwat mengutarakan niat bercadar. Mereka berpendapat kita harus berpenampilan menarik Di luar rumahnya agar membuat bangga suami. Ketika si akhwat menjawab bahwa si suami Justru berdosa (dayuts) jika bangga istrinya dikagumi Oleh yang bukan mahromnya. Mereka Justru menjawab "loh istri beberapa ustadz saja berhias Dan Bahkan Ada yang tampil Ditv? " Bagaimana si akhwat menjawabnya Tanpa harus menjelek jelekan ustadz ustadz yang Justru istrinya berhias.
Ikhwan (Bandung)
5 months ago on Mu'ammalah

UANG TANDA TERIMA KASIH

Assalamualaikum ustad saya masuk kerja dibantuin orang agar mudah masuk kerjanya, dan orang itu minta "uang karena sudah memuluskan saya untuk diterima kerja" tapi disisi lain saya sudah melengkapi persyaratan nya seperti surat lamaran,cv,fc ijazah,acte kelahiran, kk, surat keterangan sehat dan lainnya, itu artinya saya sudah memenuhi persyaratannya bahkan sudah melakukan training lebih dulu dan mendaftar perkerjaan lewat jalur yang benar tapi "harus pakai pelicin" agar bisa lolos. pertanyaan saya , apakah gaji saya nanti nya haram ? tapi saya mendapat gaji karena Hasil kerja keras saya bukan dari merampas hak oranglain, meskipun cara masuk kerja nya lewat "pelicin" . apabila memang haram apa ada cara membersihkan gaji saya agar tidak haram, seperti dengan sedekah? jujur pa ustad saya tidak bisa meninggalkan kerjaan itu terima kasih
Akhwat (wonogiri)
6 months ago on Mu'ammalah

membantu tapi merasa dikhianati

Assalamualaikum Ustad. Saya adalah seorang istri dengan 1 anak dan bekerja dengan gaji Rp 1.700.000/bulan. Suami saya juga seorang karawan kontrak dengan gaji yang sama. untuk menunjang pendapatan keluarga saya berjualan aksesoris belum genap setahun ini. alhamdulillah hasilnya mencukupi (meski awalnya modal sangat besar. tapi investasi dalam bentuk barang dagangan menurut saya lebih baik daripada dalam bentuk tabungan). berbeda dengan kondisi ekonomi keluarga salah satu teman saya. dia hutang ke bank sana ke sini, ke teman-temannya, bahkan ada beberapa yang tidak dilunasi. ditambah saat ini suaminya sudah tidak bekerja. sekitar 2 tahun yang lalu dia pernah meminjam uang kepada saya Rp 900.000. sampai sekarang saya tidak bisa menagih karena kondisinya seperti itu. sebagai gantinya, rak display dia saya bawa untuk menunjang jualan aksesoris saya yang saya pajang di halaman rumah. meskipun jika dihitung, nilai rak tersebut masih dibawah jumlah hutang dia. karena kasihan, saya membantu dia dengan meminjamkan barang dagangan agar dijual kembali. alhamdulillah awalnya lancar, uang dagangan selalu dilunasi, meskipun jangka waktunya lama. tapi belum lama ini ketika saya tagih penjualan berikutnya, dia hanya mampu membayar kurang dari 50%nya. ketika saya tanya kemana uang pokoknya, ternyata dia pakai. saya sakit hati sekali, modal yang seharusnya bisa diputar lagi, tertahan padanya. sejak saat itu dia tidak pernah lagi mendekati, meminta bantuan, atau mengambil barang orderan kepada saya. mungkin dia juga tau perasaan saya yang sakit hati. namun, dalam pergaulan kami tetap bertegur sapa. mohon saran Ustad sebagai pertimbangan agar saya mampu menata hati. mohon maklum Ustad, saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari salah.
Ikhwan (Pandeglang, Banten)
6 months ago on Mu'ammalah

Menjual produk dengan maksud digunakan untuk hal-hal positif tapi digunakan untuk hal-hal negatif

Assalamu'alaikum... Seandainya saya membuat produk (misal: Smartphone). dan ada satu orang yang membeli produk saya itu untuk melakukan hal-hal negatif(misal: akses pronografi). Apa yang membuat produk atau yang menjualnya ikut mendapat dosa? Terimakasih
Ikhwan (YOGYAKARTA)
6 months ago on Mu'ammalah

Memberi ucapan selamat ulang tahun

Bolehkah mengucapkan "Selamat ulang tahun,semoga disisa umur yang masih diberi bisa lebih istiqomah,semoga diberi kesehatan dan sukses dunia akhirat"kepada kerabat muslim yang ulang tahun?
Ikhwan (Bekasi)
7 months ago on Mu'ammalah

Jual Smartphone Langka

Bismillah, Assalamua'laikum Ustadz. Saya ingin bertanya perihal jual beli yang saya lakukan. Saya pernah membeli sebuah Smartphone langka yang tidak pernah dijual di Indonesia, dengan harga Rp. 1.300.000, setelah beberapa lama, saya jual kembali Smartphone itu dikarenakan ada kebutuhan yang mendesak. Saya coba untuk pasang dengan Harga Rp. 1.800.000 , dan ternyata masih banyak sekali peminatnya. Apakah boleh mengambil keuntungan yang seperti itu? Dikarenakan itu Smartphone langka, yang jika saya cek ke situs aslinya, harga baru masih dihargai 3 juta lebih. Sukran Wassalamu'alaikum

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com