SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Surabaya)
6 hours ago on Ibadah

Nikah di Bulan Nabi Dilahirkan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadz...mohon maaf sebelmnya...saya ingin berkonsultasi perihal pernikahan...jadi begini ustadz akhir tahun ini tepatnya tanggal 2 november 2019 kan hari pernikahan saya...semua tanggal dan bulan yg mencarikan dari pihak perempuan, tetapi ibuk saya kurang setuju karena pas bulan itu menurut hitungan jawa tepat pada bulan maulud nabi yang katanya bulan kurang baik untuk menikah...dengan persoalan seperti ini apa yang harus saya lakukan ustadz, saya sangat risau sekali apakah saya tetap jalan di bulan itu karena kalau difikir2 semua bulan itu baik, atau menurut pada ibuk sya...karena ada yang bilang anak harus patuh orang tua...menurut ustadz langkah apa yang harus saya lakukan...trima kasih sebelmnya ustadz wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh 🙏🙏
Ikhwan (Tulung Agung)
11 hours ago on Keluarga

Orang Tua Melarang Menikah Karena Alasan Keyakinan Mereka

Assalamualaikum ustadz, Saya berencana menikah namun orangtua belum merestui karena kakak prempuan saya belum menikah, ortu percaya apabila kakak dilangkahi maka tidak akan mendapatkan jodoh. Ortu saya juga mengancam tidak akan menganggap anak kalau melanjutkan pernikahan. Saya sudah berusaha meyakinkan ortu selama satu tahun lebih tapi tetap bersikeras kakak harus duluan dan ketika saya tanya ke kakak kapan dia akan menikah, kakak menjawab belum ada kepikiran kesana.. Saya juga sudah menjelaskan alasan syahwat yang tidak bisa lagi dibendung, tetapi tidak ada saran apa2 dari ortu selain melarang menikah, saya pun sudah berusaha berpuasa, olahraga, perbanyak ibadah tetapi tetap sulit bagi saya.. Sekarang ini saya dan calon istri sudah merencanakan pernikahan dan mengurus persuratan keperluan nikah, namun orangtua saya tetap bersikeras tidak membolehkan. Apabila meminta bantuan pihak ketiga untuk menjelaskan ke ortu tidak memungkinkan, karena keluarga saya pasti mendukung keputusan ortu.. Bagaimana solusinya ustadz, apabila kami melanjutkan pernikahan apakah saya durhaka kepada orangtua?
Akhwat (Medan)
2 days ago on Ibadah

Nominal Sedekah

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ust saya sampai sekarang masih belum tahu, dilingkungan rumah saya setiap mau menjelang bulan suci ramadhan, mushola dilingkungan saya tinggal selalu melakukan undangan datang untuk anak yatim-piatu. Sebanyak 35 orang. Saya mau bersedekah uang. Adakah patokan nominal untuk bersedekah ust?
Akhwat
3 days ago on Fiqih

Hadiah Untuk Guru Pada Hari Guru

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Disekolah ana setiap tahun Akan diadakan hari guru sekali dalam setahun. Apakah hukum ana memberi hadiah pada guru-guru disitu? Apa hukum memberi hadiah pada guru yang mengajar kita atau yang tidak mengajar kita? Karena setau ana, ana pernah dengar bahwa tidak boleh memberikan hadiah kepada guru kita karena itu spt membayar gaji kepada mereka, sementara kita sebagai muridnya tidak punya hak memberi gaji kpd mereka
Akhwat
4 days ago on Fiqih

Bau Najis Belum Hilang

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Pakaian ana yg sering ana pakai baik utk shalat atau luar shalat terkena najis. Tp najisnya sdh ana cuci berkali-kali tapi baunya tidak hilang. Ana sudah mencucinya dengan air bersih, jg dengan air sabun tapi hasilnya tetap sama baunya tidak hilang. Apakah dengan ana menggunakan pakaian yang tsb tadi untuk shalat, shalat ana sah?
Akhwat
4 days ago on Ibadah

Keutamaan meninggal hari Jum'at

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Disini ada 2 pertanyaan: 1. Tolong disebutkan keutamaan meninggal pada hari Jum'at bagi seorang muslim 2. Benarkah orang Islam yg meninggal pd hari Jum'at tidak akan disoal oleh malaikat Munkar dan Nakir?
Ikhwan (Lubuklinggau)
5 days ago on Ibadah

Membaca Selain Qur'an Tanpa Tajwid

Assalaamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh, Apa hukumnya ustadz bila kita berdo'a, dzikir, atau membaca hadits (selain al-Qur'an) tanpa memakai kaidah tajwid?
Akhwat
5 days ago on Ibadah

Ada Najis Di Dekat Tempat Shalat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Ana shalat di dalam kamar ana yg ada kasurnya. Di atas kasur ana dan selimutnya ada terkena najis padanya, lalu ana shalat di sebelah kasur tsb. Tapi di tempat yg ana bentangkan sajadah itu tidak ada najis padanya. Apakah hukum ana shalat di situ? Apakah shalat ana sah? Mohon jawabannya, ana sgt membutuhkannya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memuliakan saudara
Akhwat (Bekasi)
5 days ago on Mu'ammalah

Dialog dan Nadzor dengan Calon Pasangan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustadz. Dalam sebuah kajian bertema proses pra nikah yg disampaikan seorang ustadz sunnah, beliau menyampaikan para ulama fiqih menyatakan bahwa Nadzor hanya boleh dilakukan di tahap pertengahan atau akhir, di saat kita sudah dapat data valid tentang calon kita dan merasa yakin, jadi tidak boleh di tahap awal. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara kita bisa berdialog dengan si calon (ikhwan) untuk menggali data dirinya secara dalam jika di tahap awal tidak diperbolehkan untuk bertemu (nadzor), ustadz? pengalaman saya sebelumnya, si ikhwan datang ke rumah di tahap awal (setelah kami bertukar biodata), lalu kami saling bertanya jawab secara langsung dengan didampingi oleh mahrom saya.. apa hal tersebut salah ustadz? Jazakallah khairan atas jawabannya.
Ikhwan (Palu)
1 week ago on Keluarga

Istri Tidak Mau Mendengar Suami Saat Hamil

Assalamualaikum. Ustadz apakah saya berdosa meninggalkan istri yang sedang hamil. Alasanya karna istri saya tidak mau dengar perkataan saya. Saya sering nasehati tentang agama. Apa lagi tetang bertauhid sama allah.namun dia hanya marah2. Apakah bisa saya ceraikan dia yang sedang hamil. Karna istri saya keras kepala dan membangkang ustadz.Syukron
Ikhwan (tasikmalaya)
1 week ago on Fiqih

Hukum Sex Phone

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ustadz. bagaimana hukumnya suami-istri melakukan sexphone saling melihat aurat, kemudian melakukan onani. شكرا
Akhwat
1 week ago on Ibadah

Tau Shalatnya Tidak Sah Tapi Malas Mengganti

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Ada segelintir orang yang ketika dia mendapati shalatnya telah batal, dia malas menggantinya.. Bahkan dia lanjut shalat dalam kondisi dia ketahui shalatnya telah batal.. Apakah org semacam ini berdosa?
Akhwat
1 week ago on Fiqih

Sudah Berusaha Menghilangkan Najis, Tetapi Baunya Masih Ada

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Bagaimana jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membersihkan najis berupa kencing pada (maaf) celana dalam, Tetapi baunya masih ada.. Bahkan sudah direndam di dalam air sabun namun baunya ttp tidak hilang. Apakah shalat menggunakan (maaf)celana dalam tsb atau mungkin pakaian yg lain juga jika sudah berusaha menghilangkan najisnya tetapi baunya masih ada shalatnya sah?
Akhwat ( Tangerang, Banten, Indonesia)
1 week ago on Fiqih

Baju Terkena Najis Babi

assalamualaikum,saya seorang yang tinggal di mess orang non muslim dan mereka mengonsumi daging b*bi,ketika saya kepasar untuk menemani teman berbelanja kebutuhan dapur dengan tidak sengaja setelah ia memegang daging tersebut ia memegang baju bagian bahu saya,apakah harus dibersihkan dengan 7 air yang salah satunya dengan tanah? mohon pencerahannya syukron
Akhwat (Balaraja, Tangerang, Banten, Indonesia)
1 week ago on Aqidah

mencuri mainan ketika kecil

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya pernah mengambil mainan milik tetangga ketika masih kecil,tapi mainan itu sudah hilang saya ingin meminta maaf tapi malu karena barangnya pun sudah tidak ada.apa yang harus saya lakukan? mohon pencerahannya syukron,wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2019 - Www.SalamDakwah.Com