SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (yogyakarta)
3 days ago on Fiqih

satu tempat dengan pelaku maksiat?

apakah diperbolehkan bagi saya satu tempat dengan pelaku maksiat? kadang kala saat saya berada satu tempat pelaku maksiat itu akan memutar lagu tapi sebelum itu fulan ijin dulu kepada saya jika fulan akan melakukan maksiat agar saya meninggalkan tempat itu, dan saya sudah menasehatinya tetapi fulan belum bisa berhenti , apakah diperbolehkan bagi saya satu tempat dengannya?
Akhwat (Lampung)
4 days ago on Keluarga

Mensikapi Keluarga Yang Murtad

Assalamualaikum pak ustad. Saya 3bersaudara perempuan semua. Semula hubungan kami harmonis. Sampai pd saat kk saya menikah dg lelaki non muslim. Awalnya si lelaki masuk Islam saat menikah. Ayah saya sebenernya tdk menyetujui. Sampai setelah menikah akhirnya si lelaki keluar lagi dr Islam dan membawa kk saya masuk ke Kristen. Ayah saya sampai terkena stroke. Setahun ayah sakit kk g pernah jenguk ortu kami krna dilarang oleh suaminya itu. Sampai ayah meninggal pun kk saya hanya datang saat hari meninggal nya saja.bahkan anak2 nya (cucu ortu) tdk diperbolehkan datang oleh suami kk saya itu.kk saya juga jd semakin pelit thdp ortu. Saya saya sangat marah..benci terutama dg ipar sy yg sdh mengacaukan keluarga kami. Saya sering mengingatkan dan menasehati tp saya yg malah dimusuhi dan dijauhi sampai skrg seperti terputus silaturahmi. Bagaimana pak ustad.. Saya dan adik semua dimusuhi. Sedangkan dlm Islam putus silaturahmi itu dilarang. Dan ini kk kandung saya yg seperti ini. Ibu jg sdh menasehati tp tetap tdk berubah. Saya harus bagaimana ustad.. Jazakallah..
Akhwat (Solo)
4 days ago on Ibadah

Apabila ada yang mengajak ta'aruf

Assalamu'alaikum Ustadz Saya mau bertanya, bagaimana bila ada seorang laki-laki mengajak ta'aruf tetapi dia lebih muda 2 tahun dari saya... Dan syaa sama sekali belum mengenal sosok laki-laki tersebut pak uztad? Dia mengenal saya di media sosial uztadz mohon pencerahannya uztadz Terus bagaimana bila segera ingin menikah karena dikerjar usia (keburu tua)?
Ikhwan (Jakarta)
5 days ago on Fiqih

Tidak Sengaja Melanggar Sumpah

Siang pak,jika saya melanggar sumpah apakah saya wajib mengganti kafarahnya?Bagaimana bila tidak sengaja
Akhwat (yogyakarta)
5 days ago on Fiqih

Mimpi Melakukan Maksiat

mimpi melakukan maksiat, berdosa?
Akhwat (Bandung)
6 days ago on Keluarga

Hukum akhwat tinggal terpisah dengan orang tua

Assalamualaikum, Semoga ustadz dan team salam dakwah semua selalu dalam lindungan Allah dan di beri keberkahan di akhirat maupun di dunia, Afwan ana izin bertanya, Ana seorang akhwat 23 th dan ana dengan kaka ana 25 th ( akhwat juga ) tinggal bersama dengan ibu kandung dan ayah tiri, Ayah tiri ana ini sering bertengkar dengan ibu ana, dalam pertengkaran mereka, ayah tiri ana ini selalu bilang kalau ana dengan kaka ana ini memberatkan dia, hal tsb sudah terjadi saat ana masih usia 8 th .. Ana sangat sedih melihat orang tua bertengkar, Padahal ana menyayangi ke 2 nya walaupun ayah tiri.. ana membantu kebutuhan keluarga walaupun hanya sedikit2.. Ana berencana untuk tinggal terpisah dengan orang tua, tapi ibu melarang.. ana jadi bingung harus gimana, Mohon nasehat , dan solusi nya apa jalan terbaik yang harus ana ambil ya ustdaz ? Syukron wa Jazakallahu khyr, Barakallahu fiikum
Akhwat (yogyakarta)
1 week ago on Fiqih

Bernadzar Tidak Memakan Makanan Tertentu Namun Melanggar

jika fulan bernazar tidak akan memakan makanan itu etapi akhirnya fulan memakan makannan itu apakah makanan itu haram?
Akhwat (yogyakarta)
1 week ago on Fiqih

Apakah Berlaku Amar Ma'ruf Nahi Munkar Terhadap Non Muslim

apakah hukum beramar ma'ruf nahi munkar juga berlaku kepada orang non muslim?
Ikhwan (bandung/jawa barat)
1 week ago on Fiqih

Jual Beli Dropship

Bismillah,assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. ijin bertanya perihal fikih muamalah. Bagaimana kasusnya jika menjadi dropshipper/marketer produk suatu pabrik, dengan harga jual (dropship) yg akan kita iklankan sudah ditentukan oleh mereka sendiri untuk keuntungan si dropshipper (aturan mereka : dropshipper tidak berhak menentukan harga sendiri). Bagaimana hukum keuntungan komisi yg didapat? (keuntungan diperoleh dari selisih harga dropship yg diiklankan dengan harga untuk dropshipper oleh pabrik) Simulasi : Harga barang = 450rb Harga yg harus diiklankan oleh dropshipper/marketer (sudah ditentukan pabrik untuk komisi) = 450rb Keuntungan bagi dropshipper/marketer = 100rb (yg diteruskan ke pabrik = 350rb)
Akhwat (Jambi)
1 week ago on Keluarga

Suami Punya Perasaan Pada Wanita Lain?

Assallammualaikum ust .. Suami sy jujur jika sudaj 2 bulan dy merasa kalo dy puny perasaan dg teman kantor nya ( istri org ) Dy beralasan di ruma tidak pernah sy urus keperluan kerja ny setiap hari ( dan sy mengakuinya ) Suami sy mandiri dri bangun buat kopi smpe nyetrika baju sendiri.. Dy menangis sambil meminta maaf kepada sy mengapa smpai punya perasaan sama wanita lain. Apa yang harus saya lakukan ust ?? Sy merasa bersalah tapi tetap sakit hati . Mohon saran ny ustπŸ˜‡πŸ˜‡ Terima kasih
Ikhwan (Jambi)
1 week ago on Keluarga

Hukum Seputar Warisan

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.. Saya ingin bertanya mengenai hukum waris.. Ibu saya memiliki 2 orang anak (lelaki dan perempuan) dengan suami pertamanya, setelah bercerai kemudian menikah lagi dan memiliki seorang anak laki-laki.. Setelah hidup bersama lebih dari 30 tahun, suaminya meninggal dan memiliki harta yang belum dibagi kemudian beberapa tahun kemudian ibu saya meninggal.. Bagaimana cara penghitungan untuk pembagian harta warisan nya..?Semoga kami mendapatkan pencerahan sehingga terhindar dari azab Allah Azza Wa Jala.. Aamiin Allahumma Aamiin..
Akhwat (yogyakarta)
1 week ago on Fiqih

Cairan Mani Adakah Yang Bewarna Bening?

bisakah cairann mani bewarna bening?
Akhwat (Yogyakarta )
1 week ago on Keluarga

Ayah diajak temannya menjadi kafir

Bismillah Assalammualaykum warahmatullahi wabarakatuh izin bertanya ustadz, ayah saya berteman akrab dengan kafir(non muslim) bisa dibilang sudah dianggap menjadi anaknya..apa saja yang ayah butuhkan selalu ada dan ayah saya sudah sakit beberapa tahun ini sampai saat ini dan kurang lebih setahun ini mengikuti perkataan temannya itu kalau disuruh berobat di rumah sakit non muslim, ayah saya meng iyakan dan kekeh berobat disana.. Apa saja yang temannya itu katakan selalu manut dan temennya itu melakukan kesyirikan(bisa melihat hal ghaib) ayah sayapun juga ikut terlibat.. Saya sebagai anak sudah menasehati pelan pelan kepada ayah saya untuk berdoa,perbanyak dzikir,perbaiki sholat namun ayah saya tidak melaksanakannya...setiap datang kerumah saya merasa tidak nyaman dengan temannya itu dan kalau telfon membicarakan hal ghaib saya dan ibu jengkel karena bisa berjam-jam... Ibu juga bilang ke ana, jika ayah disuruh pindah agama katanya sudah dibaptis sama temennya itu.. Seketika ibu saya marah kepada ayah mendengar perkataan itu... Hati anak mana yang tidak sedih ustadz mendengar perkataan itu, disini sedang berjuang agar orang tua bisa terlepas dari hal hal syirik, riba namun ada cobaan lain... Bagaimana sikap kita sebagai anak nggih ustadz jika kita sudah mencoba menasehati namun tetap kekeh Jazakumullahu khayran ustadz
Akhwat (yogyakarta)
1 week ago on Fiqih

apakah diperbolehkan mengambil soal tes tahun sebelumnya yang berubah setiap tahun

apakah diperbolehkan mengambil soal tes tahun sebelumnya untuk latihan? yang soalnya itu berubah setiap tahun?
Ikhwan (Jogkakarta)
1 week ago on Ibadah

Ketombe Saat Mandi Junub

Apa hukum ketombe yg Tak hilang saat Mandi junub padahal sudah di keramasi? Apakah Ada keringanan untuk ini ? Terima kasih.

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com