SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Akhwat (Bandung)
2 days ago on Ibadah

Apa Hukum Berdakwah? Apakah Dakwah Termasuk Ibadah?

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Apakah hukum memberi nasihat dalam kebaikan kepada sesama muslim (berdakwah) wajib ataukah sunnah? Dan berdakwah termasuk kedalam ibadah kepada Allah SWT atau Mu'ammalah? وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ جَزَاكَ اللّهُ
Ikhwan (Bandung)
3 days ago on Ibadah

Ingin Keluar dari Kemaksiatan yang Sudah Lama Dilakukan

Assalamu'alaikum Ustadz. Mohon berikan ana nasihat yang bisa membuat ana takut kepada Allah. Ustadz, ana bisa mengingat Allah ketika ana beribadah, ketika shalat, bersedekah, tilawah, dll. Tapi ketika setan datang kepada ana dikala ana sendirian, ana mengikuti yang dibisikan setan, dan (astaghfirullah, semoga Allah mengampuniku) ana seperti tidak ingat kepada Allah dan melakukan kemaksiatan, menonton yang tidak senonoh. Ustadz, secara dzahir ana adalah ahli ibadah, di mata orang lain ana adalah orang 'alim, tapi setiap waktu tertentu (setiap 1 - 2 minggu) ana selalu melakukan kemaksiatan yang sama. Perbuatan ini telah ana lakukan dari ana SMP hingga sekarang (berumur 20an tahun). Ana sudah berusaha ustadz, mulai dari harus berpuasa, khusuk dalam shalat, dll. Akhir2 ini ana tidak pernah lewat puasa senin kamis, hanya 1x tdk puasa karena sakit, tapi ana tetap melakukan maksiat itu. Ana belum bisa menikah ustadz.. Mohon berikan nasihat yang khusus, ustadz. Ana sangat ingin keluar dari maksiat ini.
Ikhwan (Palembang)
3 days ago on Keluarga

Saya selingkuh

Ustadz saya mau bertny? Saya laki laki yg tidak setia kepada istri saya, saya selingkuh, dan semua kesalahan besar yg telah saya lakukan membuat istri saya tidak bisa menerima saya kembali, walau saya sgt menyesal dan dan tidk akan mengulangi kembali perbuatan saya, aku hanya meminta satu kesempatan lagi, ... Segala upaya sudah saya lakukan untuk memperbaikinya tetapi semuanya jga sdh tidak ada artinya pula dimata istri saya, ...aku rela melakukan apapun yg akan dia kehendaki kecuali perceraian, krna kami sudh memiliki dua orng anak... Sujud di kakiny pun sush saya lakukan, bahkan memohon maaf kepada semua keluarga, baik ibu bpk sendiri atau mertua, ... Sekrng apa yg harus saya lakukan?
Ikhwan (Lampung tengah )
5 days ago on Fiqih

tentang shalat qashar

bagaimana shalat ana ketika ana berada di tempat kerja yang jarak tempuhnya sekitar 40 km dari rumah ana sedangkan ana setiap hari berangkat pagi pulang petang,apakah ana terkena hukum hukum sebagai musafir dan mengqashar shalat?
Ikhwan (Malang Jawa Timur)
6 days ago on Ibadah

Solat Taubat

Assallamualaikum Wr. Wb. Pak, saya ingin bertanya tentang shalat taubat, apakah jika ingin shalat taubat harus ketika melakukan dosa? Lalu Saya pernah dijarkan untuk shalat pagi pukul 6 setelah sholat Dhuha?
Akhwat (belanda)
1 week ago on Keluarga

masalah dengan keluarga

assalamualaikum ustadz, ana mau tanya, ana ada masalah dengan adik perempuan ana, sudah beberapa bulan ini kita tidak ada silahtuhrami. hampir setiap tahun selalu bermasalah dengan adik ana, sampai2 suami ana bilang untuk mensudahi hubungan ana dengan adik ana tapi ana tidak mau karna ana sayang sma adik ana jadi ana selalu memaafkan nya walaupun ana selalu di fitnah (yang paling sakit dia bilang ana tidak pernah ikut membantu membiayai ibu dan adik laki2 ana(adik laki2 ana sakit di gangguan otak klu pak ustadz bilang gangguan jin sudah lebih dari 10 tahun)padahal itu tidak benar, karna apapun ana lakukan walaupun harus membohongi suami). Adik ana punya suami yang lebih dari cukup jadi alhamdulillah ibu ana di biayai hidupnya sama adik ana,sayangnya kalau dia marah sama ana dia juga mengontrol hubungan ana sama ibu dan adik laki2 ana. Bantuan ana memang tidak sebesar dia ( kontrakan mahal, biaya dokter setiap bulan buat adik laki2 ana, dan keperluan lain nya yang mahal ) tapi walaupun kecil ana selalu memberi ibu ana uang, sampai sebelum masalah pun ana selalu mengirim untuk ibu ana ( kirim uang nya melewati dia karna ana sekarang tinggal di belanda ikut suami sudah 3 tahun ). Puncak nya tahun ini dia menfitnah ana lagi jadi ana marah dan ana kirim uang ke ibu ana nya tidak melalui dia, tetapi melalui kakak perempuan ana yg lain, dan dia marah sekali sampai2 dia putus kontak ana dengan ibu ana (ibu ana no nya ganti). ana tidak tau bagaimana ana menghubungi ibu ana, ana sudah coba tanyakan ke kakak ana yg lain tapi tidak ada hasil, yang ada kakak ana bilang ana harus sabar. Tapi ana takut jadi anak durhaka kalau ana diam saja, ana tidak bisa berbuat apa2 karna ana jauh di belanda. pertanyaan ana, 1: apakah ana bisa jadi anak durhaka ( walaupun ana yakin ibu ana tidak marah sama ana, dia cuma takut sama adik ana ) kalau ana diam saja? 2: apa yang harus ana lakukan ( in syaa Allah tahun ini ana ke indonesia, walaupun ana tidak tahu di mana ibu ana tinggal sekarang )? 3: suami ana menyuruh ana untuk tidak berusaha keras mencari ibu dan adik ana (karna dia takut ana di sakiti lagi), apakah ana mengikuti kata suami? mohon bantuan nya pak ustadz. jazaakallah khairan
Akhwat (Bandung)
1 week ago on Keluarga

menjatuhkan khulu terhadap suami demi kebahagiaan suami

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Saya sudah beberapa kali memergoki suami saya berkhalwat dengan seorang akhwat dan terang terangan mengatakan mencintai si akhwat. Saya sudah memberi dia ijin untuk menikah lagi daripada terus2an berkhalwat, bahkan sudah pula mengingatkan ke si akhwat untuk menjauhi suami saya dan untuk tidak menanggapi suami saya kecuali suamiku datang ke orang tuanya untuk melamarnya. Karena setelah saya perhatikan suami saya setelah dekat dengan si akhwat suami saya menjadi buruk akhlaknya. Tetapi suami saya bimbang karena statusnya sebagai PNS dan si akhwat yang juga seorang honorer pegawai negeri banyak rintangan yang menghadang untuk mereka menikah. karena salah satu syarat laki laki PNS dibolehkan untuk mengambil istri ke dua adalah karena istri pertama tidak bisa melayaninya atau berbuat dzolim, sedangkan ke dua syarat itu tidak dapat dipenuhi Dan syarat lainnya adalah mendapat izin dari atasan yang prosesnya sangat rumit. selain itu tidak dibolehkan seorang wanita pegawai negeri untuk menjadi istri ke dua sedangkan si akhwat masih berharap untuk diangkat menjadi pegawai negeri. sedangkan suami juga tidak mau menceraikan saya dengan berbagai pertimbangannya. Apa yang harus saya lakukan bertahan dengan suami yang tidak bisa lepas berkhalwat dengan si akhwat. dan melihat suami memasang muka masam di rumah dan bahkan lalai melaksanakan kewajibannya sebagai suami. atau menjatuhkan khulu agar suami saya dapat mengejar kebahagiaannya? وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ جَزَاكَ اللّهُ
Ikhwan (Denpasar)
1 week ago on Ibadah

Salasul Baul

Assalamualaikum ustadz. Saya memiliki sebuah masalah, tatkala selesai sholat saya sering mendapati bekas tetesan sisa kencing di celana dalam saya. Pernah dalam 5 waktu sholat saya, 3 diantaranya saya ulang karena hal ini. Padahal sebelum sholat saya sudah kencing dengan maksimal, sekitar 8-15 menit saya menghabiskan waktu di kamar mandi untuk menuntaskan kencing sy. Dan saya yakin bahwa bekas air yg saya dapati di celana dalam saya ini adalah tetesan kencing bukan karena was-was. Karena setelah membersihkan kemaluan saya mengelapnya sampai tidak basah. Saya sebenarnya sudah menanyakan hal ini kepada seorang ustadz, dan beliau mengatakan saya menderita salisul baul, dan sholat saya tetap sah dengan catatan ketika sholat harus menggunakan popok/kain/plastik . Apakah ustadz setuju dengan pendapat tersebut ? mohon penjelasannya ustad, afwan sebelumnya mungkin ada pertanyaan yg serupa yg sudah dibahas di web ini,karena saya kurang menangkap solusi dari pembahasan sebelumnya. Jazzakallahu khairan
Ikhwan (YOGYAKARTA)
1 week ago on Riba

BEKERJASAMA DENGAN LEASING

Assalamualaikum ustadz,ana ada teman dia punya usaha jual beli motor.Untuk jual beli kredit dia bekerjasama dengan leasing,jd sitemnya jika ada konsumen yang akan membeli motornya secara kredit dia menyarankan melalui leasing,misal harga motor 10 juta jika ada konsumen yang mau membelinya secara kredit maka dia akan menerima uang 10 jt dari leasing tersebut lalu konsumen yang akan mencicil perbulannya ke perusahaan leasing tersebut. Bagaimana hukum uang yang diterima oleh teman ana dari penjualan motor tersebut(halal/haram)? (perusahaan leasingnya adalah perusahaan leasing konvensional)
Ikhwan (pekalongan)
1 week ago on Aqidah

Kerajaan Saudi Hasil Pemberontakan Terhadap Khilafah Turki Utsmani?

Bismillah.. assalamu'alaikum ustadz. apakah kerajaan saudi dalam berdirinya adalah hasil memberontak dari kekhalifahan turki utsmani? Dimana bani su'ud waktu itu di bantu inggris? Apakah dlm hal ini saudi bisa di kategorikan pemerintahan khowarij?
Ikhwan (Karawang)
1 week ago on Ibadah

Ucapan Doa Saat Sholat

Assalamualaikum Warrohmatullah wabarakatu ustadz saya mau bertanya saat kita sholat (Posisi Sujud) Bolehkah Kita Berdoa Dengan Bahasa Indonesia Di Dalam Hati? JazaakALLAH Khoiron
Akhwat (Pekanbaru)
1 week ago on Fiqih

Status Al Qur'an pada Gadget di Era Teknologi

Assalamualaikum ustad. Bgmn ttg gbr/mp3 potongan/full isi Al Qur'an atau app Al Qur'an dlm dbase gadget seseorang pd keadaan: 1. Bila msk k toilet umum. 2. Dipegang untuk dibaca atau menghafal oleh wanita yg sedang haid. Wassalamualaikum ustad.
Akhwat (Jakarta)
1 week ago on Ibadah

Seorang Laki-laki Mengimami Dua Orang Wanita Yang Bukan Istri Ataupun Mahram

Assalamualaikum ustadz, apakah hukumnya shalat berjamaah namun hanya terdiri 3 orang, 1 laki laki sebagai imam dan 2 makmum nya perempuan. Apakah shalat nya sah ustadz, dikarenakna tidak ada makmum laki lakinya. Terimakasih.
Akhwat (Kalimantan tengah)
2 weeks ago on Fiqih

Bolehkah Membuang Kucing?

Assalamualaikum saya punya 5 anak Kucing yg sudah berhenti menyusui sama induk nya rencana mau saya buang soalnya saya gk sanggup beli makannya apakah boleh,, saya rencana akan buang di warung makan
Ikhwan (Jawa Barat)
2 weeks ago on Fiqih

Menggambar Siluet

Assalaamu 'alaikum, Ustadz, ana mau bertanya. apakah menggambar siluet itu boleh?. karena yang haram kan menggambar makhluk bernyawa, sedangkan siluet hanya berbentuk bayangan saja, meskipun itu bayangan manusia tapi bayangan kan tidak bernyawa. apakah pendatap ana ini benar atau keliru ustadz?. mohon penjelasannya. terimakasih. Wassalaamu 'alaikum.

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com