SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Jakarta)
4 days ago on Fiqih

Apakah Saya Telah Murtad

Assalaamu’alaikum pak saya menonton video orang yang meragukan siksa kubur lalu terbesit di hati saya,saya ragu juga lalu saya berusaha melawannya dengan memikirkan ayat Qur’an untuk menghilangkan keraguan saya.Pertanyannya apakah saya murtad karena ragu?
Akhwat (Solo)
4 days ago on Mu'ammalah

Uang Terlanjur Kembali

Assalamualaikum, ustadz. Jadi begini, saya belanja barang dari luar negeri secara online. Sampai batas waktu pengiriman (3 bulan lebih) ternyata barang tidak juga sampai, akhirnya saya mengajukan pengembalian uang dan uang saya kembali. Tapi baru saja ternyata barangnya sampai setelah kurang lebih 5bulan, karena saya belanja melalui toko online seperti Sh*pee/tokop*dia dari luar negri jadi tidak memungkinkan/sulit untuk mengirim uang nya ke penjual secara langsung. Jika uang tersebut saya sodaqoh kan saja bagaimana ya, ustadz??
Akhwat (Jakarta Selatan)
1 week ago on Ibadah

Minta Segera Dikabulkan

Assalamualaikum waroh matullahi wabarakatuh, izin bertanya ustadz, apakah boleh saat berdoa mengatakan "yaa Allah segerakanlah" ?? Jazakallahu khyran.
Ikhwan (bekasi)
2 weeks ago on Mu'ammalah

Lingkungan Kerja Buruk

Assalamualaikum waroh matullahi wabarakatuh. saya mau bertanya, saya bekerja sebagai karyawan pabrik yang dimana di lingkungan pekerjaan saya seperti perbuatan penggelapaan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi, atau ngobrol ngobrol berbau porno dan kadang mengajak ke tempat panti pijat zina, atau manipulasi laporan kantor atas perintah atasan agar laporan terlihat bagus, atau karaoke setiap sore di bus jemputan, itu sudah biasa. mohon nasihatnya apakah saya harus bertahan atau resign ? saya juga pernah terjebak oleh teman saya dengan dosa penggelapan uang perusahaan, meski saya sudah taubat.
Akhwat (Surabaya)
2 weeks ago on Riba

Pembayaran Hutang Apakah Mengikuti Inflasi

Ustad, saya mau tanya. Semisal saya kan ada hutang yang sudah lama sekali baru saya lunasi sisanya, saya berhutang pada teman saya dan ketika hutang dulu tidak ada perjanjian apa-apa. Tapi karena saya melunasinya cukup lama bahkan saya sempat tidak ada kabar, beliau meminta semacam bunga. Jadi misal sisa hutang masih 500 saya harus bayar 800. Apa yang harus saya lakukan ustad? Apa itu jatuhnya bukan riba? Apa salah bila saya ngotot hanya ingin mengembalikan sesuai jumlah yang kurang saja yaitu 500? Atau saya harus menuruti kemauannya untuk membayar sesuai yg beliau minta?
Ikhwan (Medan)
2 weeks ago on Aqidah

Kesalahan fatal masa lalu

pak ustadz, ketika saya kecil, umur 6 tahun, saya pernah dengan sengaja membunuh kucing dewasa dengan menjatuhkan batu berulang2 kali ketas kepala kucing, dan saya tertawa2, dan ketika saya beranjak 9 tahun, saya pernah menyebabkan seekor kucing mati karena terlindas mobil, harusnya saya memindahkan kucing tersebut, namun saya biarkan, ketika saya kuliah, karena kebodohan saya, saya pernah memberikan makanan yang keliru kepada kucing, kucing tersebut memakan batang lunak tumbuh2an dan menyebabkan muntah2 dan mati. sudah beberapa tahun ini saya bersama istri rutin street feeding, dan memelihara 2 ekor kucing. saya tidak bisa berhenti menyesal dan mengucap astaghfirullah al adzim berulang2 kali ketika ingatan tersebut terlintas dalam pikiran saya, saya coba bertaubat tapi ingatan itu terus melintas dan saya bisa gila pak ustadz, saya sangat menyesal dengan perbuatan saya, saya ingin Allah memaafkan saya, saya ingin kucing2 yg pernah terluka dan terbunuh akibat saya memaafkan saya, apakah saya akan dimaafkan Allah pak ustadz? dosa saya sangat2 lah besar, apakah di hari pembalasan mereka akan membalas saya juga pak ustadz? tolong dijawab pak ustadz, terima kasih pak ustadz.
Akhwat (Magetan)
2 weeks ago on Keluarga

Jika anak perempuan tidak ikhlas dijodohkan

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh Ustadz, saya sekarang dalam masa "penjajakan" tepatnya terpaksa saya lakukan karena orangtua saya mengatakan bila saya tidak bersedia serius dengan beliau maka saya membangkang. Saya sudah mengatakan berulang kali saya tidak ikhlas jika dinikahkan dengan beliau, tetapi orangtua saya mengatakan jika saya masih tinggal di rumah mereka maka saya harus bersedia. Sebenarnya, saya meminta izin juga untuk bekerja di luar kota, tapi orangtua saya mengatakan tidak ridho saya bekerja disana. Orangtua saya mengatakan apa gunanya bekerja di luar kota paling gajinya tidak seberapa, di rumah saja coba berwirausaha atau apa & nikah saja dengan beliau. Saya tahu saya masih kurang dalam beragama, meski saya sudah sholat istiqoroh, tahajud, hajad, meminta sahabat-sahabat untuk membantu mendoakan saya juga dan menjelaskan ke orangtua bahwa bukan beliau menurut petunjuk Allah. Orangtua berpendapat itu hanya akal-akalan saya saja. Beliau 8 tahun senior saya jika tidak salah, duda beranak 1. Orangtua saya juga tidak bersedia menerima kemungkinan jika saya membawa calon lain. Saya harus bagaimana ketika orangtua mengatakan ridho Allah itu ridho orangtua, jika saya menikahi beliau itu dasarnya ibadah dan pasti diridhoi Allah karena mereka ridho. Apakah memang demikian ? Tidak peduli bahwa hati putrinya tidak ikhlas, bahwa menuruti kemauan orangtua itu jelas mendapatkan ridho Allah.
Ikhwan (Jakarta)
3 weeks ago on Fiqih

Apakah Saya Sudah Termasuk Orang Yang Wajib Berzakat

Assalaamu’alaikum saya ingin bertanya saya seorang remaja yang belum berpenghasilan dan harta yang saya miliki saat ini ialah pemberian orang tua.Apakah saya wajib berzakat?
Ikhwan (Dharmasraya)
3 weeks ago on Aqidah

Musik Menurut Imam Empat

Assalamu'alaikum... Benarkah imam yang 4 mengharamkan musik? Lalu bagaimana hukumnya bila ditempat nongkrong ( cafe,restoran atau tempat makan dan lainnya) memutar musik ( live musik atau player dan memutar video musik) untuk hiburan para pengunjung ?
Akhwat (Semarang)
3 weeks ago on Ibadah

Seorang Wanita Berharap Menikah Namun Orang Tua Belum Belum Memprioritaskan Itu

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Assalaamu'alaikum Ustadz. 'afwan sebelumnya ana seorang akhwat izin bertanya, ana berusia 22 tahun, waktu2 ini syahwat saya kadang apa sering begitu muncul, menginginkan suatu perlakuan halal bersama suami namun saya belum menikah. Saya sempat tadi malam nonton video yang tidak seharusnya ditonton dan barangkali selama ini pernah berapa kali membayangkan suatu tindakan halal suami istri bersama ikhwan yang ana kenal. Bagaimana solusi hal ini tadz? Apakah saya harus segera menikah? Dan apa hukum menikah bagi saya? Sedangkan ortu saya tidak prioritas untuk kesana dulu waktu2 ini, tapi barangkali ortu tidak tau keadaan saya seperti itu. Mohon nasehatnya ustadz. Jazaakallaahu khairan wa baarokallaahu fiik
Ikhwan (jakarta)
3 weeks ago on Keluarga

Istri Berucap Bahwa Suaminya Adalah Musuhnya dan Bukan Suaminya Lagi?

Assalamualaikum ustadz, istri saya berucap klo saya bukan suaminya lagi tapi musuhnya( kondisi marah ) apa itu termasuk jatuh talak?
Ikhwan (jakarta)
3 weeks ago on Keluarga

Rumah tangga sering berantem

Assalamualaikum. Banyak pertanyaan sbnrnya ustad tp tdk apa2 tdk di jwb semua. 1. Orang tua istri selalu memaksa tinggal di rumahnya tp suami tdk mau karna tdk betah grgr si ortu istri selalu mengomentari, komplain dan suka ikut campur alias mengatur rumah tangga kami ber2, sering berkata kasar dan selalu menyuruh istri bekerja pdhl suami melarang. 2. istri sering keluar dengan teman laki2 kantornya dengan alasan kerjaan. 3. suami sudah menyuruh berhenti kerja tetapi istri selalu nolak dengan alasan membantu suami dan ibunya tp kenyataannya suami tdk terbantu karna pembagian lebih besar ke orang tuanya. 4. Apa hukumnya di hadapan allah ketika suami sudah terlalu sabar dengan kelakuan istri yg di benci suami sampai suami menangis? apakah harus berpisah?
Ikhwan (Sulawesi tenggara)
3 weeks ago on Keluarga

Suami Mengantar Teman Kantor

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu Uztad apakah salah saya cemburu sama suami saya karena dia mengantar seorang wanita teman kantornya pulang naik motor katanya niatnya menolong, tanpa izin dari saya
Akhwat (Palembang)
3 weeks ago on Fiqih

hamidun majid atau hamidum majid

Assalamualaikum wr wb,saya mau bertanya ketika tahiyat akhir kita membaca shalawat ibrahimiyah,kalimat terakhir nya yang benar itu hamidun majid atau hamidum majid,trimaksih
Ikhwan (Malang)
1 month ago on Mu'ammalah

Uang Jasa Transfer

Assalamualaikum ustad. Saya membuka jasa transfer, dan banyak sekali yang transfer itu uangnya di buat judi. Bagaimana hukum uang jasa yang saya dapatkan.

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com