SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:
Ikhwan (Tangerang)
5 days ago on Ibadah

Masjid di Negara Minoritas Muslim

Assalamualaiku, afwan anna tinggal dinegara yang mana muslim adalah agama minoritas (sekitar 5%), tetapi alhamdulillah dari hotel yang disediakan oleh pihak perusahaan ada masjid (jarak hotel ke masjid -/+ 3,5 Km) setelah beberapa kali kesana untuk sholat jamaah anna melihat ada kuburan di teras samping masjid...pertanyaan anna, apa hukum sholat dimasjid yang ada kuburnya tetapi tidak ada pilihan masjid lain? syukron
Ikhwan (Bandung)
1 week ago on Ibadah

Taubat dari Tabrak Lari

Assalamu ‘alaikum saya pernah melakukan tabrak lari sewaktu masa kuliah dan pada saat itu saya melarikan diri karena ketakutan, sekarang saat saya sudah mengenal sunnah saya ingin sekali meminta maaf kepada orang yg saya tabrak. tapi kondisi nya saya tidak mengetahui orang itu berada dimana. apa yang harus saya lakukan sekarang ? mohon nasehatnya. Wassalamu ‘alaikum
Ikhwan (Lampung selatan)
2 weeks ago on Ibadah

Cadar Tidak Disyariatkan Karena Hanya Adat Orang Arab?

assalamualaikum ustadz, ustadz saya disini ingin bertanya, teman saya ingin berniqab namun orang tua melarang teman saya dengan alesan bahwa niqob/cadar merupakan tradisi orang arab apakah hal itu betul? lalu adakah dalil yang menunjukan tentang bercadar/niqob ini ustadz? lalu bagaimana solusinya ketika kita di berikan ujian berupa di tidak sejui oleh orang tua untuk bercadar/niqob ustadz? sekian wassalamualaikum
Akhwat (Palembang)
2 weeks ago on Ibadah

Sholat dhuha dan sholat hajat

Assalamualaikum ustadz,saya mau bertanya soal sholat dhuha dan hajat,apakah sholat hajat boleh d iringi setelah sholat dhuha atau harus dkerjakan secara terpisah,dan waktu yg paling utama utk sholat hajat itu kapan,terima kasih atas jawaban ny
Ikhwan (Kediri)
2 weeks ago on Ibadah

Kecanduan Pornografi

Saya seorang pecandu pornografi. Sudah bertahun-tahun saya kecanduan. Sempat sembuh beberapa bulan lalu. Selama kecanduan saya teredam saya sudah meniatkan mencari kerja setelah lulus sma agr bisa menikah. Alhamdulillah saya sekarang sudah dapat pekerjaan. Tetapi saat awal bekerja ada beberapa hal mengganjal dalam diri saya. Saya ditempatkan di posisi yang sangat rawan untuk saya mengulang kembali maksiat saya itu. Beberapa pekan pertama belum terjadi masalah, namun setelah sekitar sebulan saya mulai lemah. Akhirnya saya kambuh lagi sampai sekarang. Saya sudah melakukan anjuran nabi untuk berpuasa akan tetapi tetap saja kecanduan itu mengalahkan saya. Sudah lewat beberapa romadlon saya juga masih kena fitnah ini. Sekarang saya jadi bimbang apakah saya harus tinggalkan pekerjaan saya dan mencari pekerjaan lain ? Sekarang ini setelah kambuh saya jadi ragu untuk menikah. Apakah saya masih harus berusaha menikah ? Orang tua saya tidak tahu permasalahan ini sehingga mereka menyarankan saya untuk kuliah. Tolong beri saya saran yang cocok untuk permasalahan saya. Jazakumullahu khairan.
Ikhwan (depok )
3 weeks ago on Ibadah

solusi bertaubat

Assalamualaikum .. Saya berpasangan dengan seoarang yang bukan muhrim saya tetapi saya telah melakukan hal zina terhadap nya .. saya ingin tobat dari semuanya dan menghilangkan berfikir yang seperti hal itu .bagaimana solusi nya ?
Akhwat (kutai)
1 month ago on Ibadah

Tertidur Setelah Sahur Hingga Jam 9

Assalamualaikum Saya mau bertanya. Hari ini saya sholat subuh terlambat (sholat saat jam 09.00) karena saya tertidur sehabis saya sahur. Dirumah saya ada orang tetapi tidak membangungkan saya. Saat saya terbangun saya langsung pergi untuk melaksanakan sholat subuh. Apakah itu diperbolehkan? Mohon dijawab. Terimakasih Wassalamualaikum
Ikhwan (Bandung)
1 month ago on Ibadah

Shalat Malam Sendiri Setelah Tarawih Bersama Imam?

Asswrwb, Saya ingin menanyakan perihal shalat Qiyamul Lail, jika saya sudah mengerjakan shalat tarawih pada suatu malam, apakah shalat qiyamul lail masih bisa dikerjakan ? Berapa jumlah rakaatnya ? Mohon disertakan hadist riwayatnya. Terima kasih
Ikhwan (Jakarta Selatan)
1 month ago on Ibadah

Orang Yang Sakit Menerima Zakat?

Assalamualaikum Ustadz......, Ditempat saya ada seorang ibu (ditinggal mati oleh suaminya) yang biasanya selalu mengajarkan membaca Al-Quran kepada warga (yg biasanya ibu-ibu juga), sudah beberapa tahun belakangan ini beliau diberikan oleh Alloh ujian berupa sakit kanker yang berkepanjangan sampai menggerogoti tubuhnya hingga beliau kurus kering dan tidak dapat bangun dan beraktifitas seperti sebelumnya. Atas sakitnya itu, otomatis kegiatan pengajaran kepada warga terhenti. Yang ingin saya tanyakan tadz... apakah boleh saya menyalurkan zakat kepada beliau, mengingat saya memiliki kewajiban zakat mal yang harus ditunaikan. Apakah alasan saya masuk dalam ketentuan seperti yang tertuang dalam QS: At-taubah ayat 60, bilamana saya mengambil "pintu" Fii Sabilillah, atau adakah alasan lain bila Fii Sabilillah tidak tepat mengingat ada beberapa "pintu" lain bila saya menggunakan "gerbang" zakat. Ataukah bilamana hanya dapat dilewati melalui "gerbang" sedekah atau infak. Dasar pertimbangan saya, menggunakan fii sabilillah adalah, kemungkinan bila Alloh menghendaki beliau sehat, beliau dapat kembali memberikan pengajaran kepada warga. Saya mohon maaf atas pertanyaan yang kurang berbobot ini, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih semoga Alloh merahmati. Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarakatuh. -Pembelajar-
Ikhwan (Tulungagung)
1 month ago on Ibadah

Keluar Mani Tanpa Onani Apakah Membatalkan Puasa

Assalamualaikum Ustasz. Begini teman saya membatalkan puasa ramadhan 1 hari karna mengeluarkan sperma tanpa menyentuh alat kelaminnya jadi mengqadhanya berapa hari Ustadz? Dan apakah boleh melajutkan puasa?
Akhwat (Makassar)
1 month ago on Ibadah

Surah

Kalau tidak tahu surah yang dibacakan imam? Kita harus bagaimana diam atau baca surah lain?
Akhwat (Jakarta)
1 month ago on Ibadah

Suami Tidak Bagus Bacaan Al-qur'annya

Assalamu'alaikum ust.. saya wanita yg baru menikah selama 6 bulan. Sebelum nikah saya tidak tau klo suami saya tidak lancar membaca Al-quran. Tapi untuk ibadah sholat alhamdulillah ga pernah ditinggal, puasa sunah juga rajin. Makanya saya memilihnya untuk jd suami saya. Karna saya ga pernah mendengar ketika ia mengaji jd saya baru tau klo ia tidak lancar membaca Al-qur'an terutama tajwid dan panjang pendeknya setelah nikah. Kebetulan saya lulusan pesantren modern dan alhamdulillah saya bisa dan mengerti tajwid. Beberapa x saya mengajarkannya mengaji dimulai dr melafadzkan huruf2 hijaiyah yg benar. Tapi kenapa susah banget ya ustz.. memang sih ada perubahan sedikit pada baca Al-fatihahnya. Tp kadang suka salah2 lagi. Saya sudah suruh suami saya cari guru ngaji laki2. Karna klo sama saya diajarinnya suka ga mau nurut. Ga mau nurut contohnya. Dia maunya pake Al-qur'an yg kecil yg ada terjemahannya katanya sekalian baca terjemahnya. tapi saya ngotot minta pake Alquran yg besar dengan alasan huruf2nya lebih besar. Baca terjemahya nanti aja yg penting baca Qur'an bener dulu maksudnya saya gt. Trus dy itu maunya ngaji yg pake nada. Saya bilang jangn mikirin nada dulu yg penting tajwid bener dulu. Kata dy kaya anak kecil kalo ga pake nada. Saya bilang emang harus kaya anak kecil dulu. Pertanyaan saya, saya salah ga sih ust kaya gt? Trus saya harus gimana? Apa saya harus panggil guru ngaji laki2 atau saya ubah metode ngajar saya ust? Saya geregetan ust pengen dia bisa ngaji soalnya kan pasti dia disuruh jd imam sholat. Saya malu sama yg lain apalagi sama keluarga saya kalo bacaannya ga bener. Terimakasih ust.. mohon jawabannya
Akhwat (Bekasi)
1 month ago on Ibadah

Sholat Taraweh Dimasjid Dalam Keadaan Mengantuk? Obatnya?

Bissmillah, assallamualaykum...ustad saya termasuk tipe orang mudah mengantuk, lalu yang ingin saya tanyakan apakah sah sholat taraweh saya jikalau dalam keadaan mengantuk ? Dan kiat"nya apa agar kebiasaan mengantuk pada saat sholat terutama saat sholat qiyamul lail itu hilang ?
Ikhwan (Jawa Timur)
1 month ago on Ibadah

Phone Sex

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, Ustadz, mohon dapat diberi penjelasan. Apakah puasa kita batal apabila air mani keluar. Saya coba searching2 hal yang membatalkan puasa ada salah satunya berjima, tp apabila keluarnya secara tidak sengaja seperti bermimpi basah atau yang lainnya tidak membatalkan puasa. Apakah benar seperti itu? Dalam hal ini saya mengeluarkan air mani hanya dengan bercengkrama atau teleponan dengan teman cewe tidak melakukan hal2 zina. Mohon dapat diberitahu bagaimana hukumnya puasa saya. Terima kasih sebelumnya dan mohon maaf apabila tutur kata saya salah. Wasalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Akhwat (Kalimantan)
1 month ago on Ibadah

Tidak Tahu Kalau Puasa Wajib

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya mau bertanya tapi sebelumnya, saya ingin memberikan penjelasan terlebih dahulu. Sekarang saya telah lulus SMA dan alhamdulillah sejak kelas 1 SMA, puasa saya yang pecah akibat menstruasi dapat saya ganti karna hal tersebut wajib diganti dan saya baru mengetahui itu semua pada saat bertanya kepada teman sekolah saya pada saat SMP kelas 3. Nah, yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana cara saya mengganti puasa Yang pecah sejak pertama kali mengalami menstruasi ( kelas 6 sd ) hingga SMP kelas 3 tersebut?? Mohon dibantu, karna saya sangat terbebani akan hal itu. Terimkasih. Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

PANDUAN MEMBUAT PERTANYAAN

  1. Ini adalah halaman untuk input pertanyaan seputar Islam.
  2. Jangan mem-posting pertanyaan di halaman forum.
  3. Sebelum posting pertanyaan gunakan fasilitas pencarian (search) di halaman berikut terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan Anda belum pernah diposting sebelumnya oleh user lain:
  4. Pilih kategori pertanyaan sesuai dengan tema pertanyaan.
  5. Gunakan kalimat yang jelas agar team redaksi SalamDakwah mudah memahami pertanyaan dan dapat memberikan jawaban sesuai yang diinginkan.
  6. Pertanyaan yang telah dijawab akan ditampilkan di halaman Tanya Ustadz.
  7. Semua pertanyaan Anda baik yang telah atau belum dijawab bisa dilihat di halaman Pertanyaan Saya (Klik nama Anda setelah login di menu paling kanan di menu bar)
  8. Pertanyaan akan dijawab oleh team redaksi SalamDakwah sekitar 1 - 7 hari.
  9. Demi alasan kehati-hatian tidak semua pertanyaan akan dijawab. Hanya pertanyaan yang telah ada fatwa dari ulama' yang akan dijawab.
© 2017 - Www.SalamDakwah.Com