SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tinggal Di Rumah Orang Tua Atau Mertua?


Akhwat (pekalongan)
2 weeks ago on Keluarga

Assalamualaikum wr. wb.. saya hampir menikah ustadz, semua hampir sudah direncanakan dr dekorasi hingga tinggal seusai menikah. sy menginginkan tinggal di rumah org tua sy dg alasan ingin mendidik suami agar tdk ketergantungan/manja dg org tuanya. dr kecil sy diajarkan mandiri sekali & pertama kenal sy juga kaget dg pola asuh org tuanya. sy pingin mandiri baik scr finansial maupun ketergantungan. tp calon mertua menginginkan sy u/ tinggal disana & melarang sy u/ buat rumah sendiri, pdhl sodara suami sy ada 2. selain itu camer juga tipe org yg sngat cerewet&ikut campur, sedangkan sy biasa bebas slma patuh aturan. bagaimana seharusnya yg sy lakukan ustadz ?? jika sy hrus menolak nantinya sy dosa krn dianggap tdk patuh suami, tp kalau patuh suami sy tdk akan jd org yg mandiri, bahkan sy akan sering tekanan batin krn cerewetnya. trimakasih ustadz sebelumnya..
Redaksi salamdakwah.com
2 weeks ago

 

 


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Perlu difahami bahwa seorang istri berhak untuk mendapatkan tempat tinggal terpisah dan tersendiri, lebih-lebih bila ia merasa terganggu dan tidak nyaman terhadap perlakuan mertuanya bila ia tinggal serumah dengannya. Dalam Ensiklopedi Fiqih Kuwait disebutkan:
Mengumpulkan kedua orang tua (begitu pula kerabat lainnya) dan istri di satu tempat tinggal tidaklah diperbolehkan. Istri juga diperbolehkan untuk menolak bila akan ditempatkan bersama dengan salah satu dari keduanya, sebab berada di tempat tinggal pribadi yang menjadikan seorang istri merasa aman terhadap diri dan hartanya adalah hak dari istri tersebut. Dan tidak ada seorang pun yang boleh memaksanya untuk itu (tinggal bersama keluarga suami.pent). Inilah madzhab mayoritas Ahli Fiqih dari kalangan Ulama' Hanafi, Syafi'i dan Hanbali. Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah 25/109.

Untuk latihan kemandirian lebih besar, sebagai jalan tengah maka penanya dan suami bisa menyewa kontrakan tersendiri. Sehingga suami-istri bisa merasakan kebebasan dalam menjalani rumah tangga tanpa ada dominasi pengaturan oleh orang tua atau mertua. Wallahu ta'ala a'lam 

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com