SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Cara Menghitung Sepertiga awal, Pertengahan dan Akhir Malam?Akhir Waktu Shalat Isya'?


Akhwat (Malaysia)
2 weeks ago on Ibadah

Bismillah.. bagaimanakah caranya utk menghitung sepertiga awal, pertengahan dan akhir malam? Dan sampai jam berapakah batas waktu shalat isya'?
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Untuk mengetahui sepertiga malam terakhir kita harus membagi malam (mulai terbenam matahari sampai terbitnya fajar dengan menggunakan data yang cukup kuat) menjadi tiga, dan bagian terakhir itulah yang disebut sepertiga malam terakhir.

Perhitungan "waktu yang cukup kuat" di sini adalah seperti perhitungan waktu shalat (dengan ukuran pukul/jam tertentu) yang sudah disebarkan oleh lembaga resmi. Awal malam adalah ketika waktu maghrib masuk sedangkan akhir malam adalah saat waktu shalat subuh tiba. Apabila ingin mengetahui tengah malam maka mencari waktu pertengahan antara terbenam matahari dan terbit fajar sodiq. Apabila ingin mengetahui pertengahan malam tinggal menghitung jumlah jam antara terbenam matahari dan terbit fajar sodiq kemudian dibagi dua dan dipilih yang tengah tengah. Misalnya terbenam matahari atau waktu maghrib tiba pada pukul enam dan waktu adzan subuh dimulai pada pukul lima  maka pertengahan antara jam enam sore hingga jam lima pagi itulah waktu tengah malam. Apabila mencari waktu sepertiga malam maka antara jam enam soren hingga jam lima pagi dibagi menjadi tiga bagian, saat itu nampaklah sepertiga malam pertama, sepertiga malam kedua dan sepertiga malam terakhir.

Terkait shalat Isya', akhir waktunya (menurut pendapat yang kuat) adalah tengah malam. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


وَقْتُ الظُّهْرِ مَا لَمْ يَحْضُرِ الْعَصْرُ، وَوَقْتُ الْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ، وَوَقْتُ الْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَسْقُطْ ثَوْرُ الشَّفَقِ، وَوَقْتُ الْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ، وَوَقْتُ الْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ


"Waktu shalat zhuhur selama belum tiba waktu shalat ashar, dan waktu shalat ashar selama matahari belum menguning, dan waktu shalat maghrib selama tebaran syafaq (mega merah) belum menghilang, dan waktu shalat isya` hingga tengah malam, dan waktu shalat fajar selama matahari belum terbit." HR. Muslim no.612 


وبالله التوفيق

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com