SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

beli produk non muslim


Akhwat (jakarta)
6 months ago on Muammalah

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, bagaimana hukumnya membeli jualan orang kafir, dimana kemungkinan ada keharaman pada transaksinya atau produk jualannya? kemudian, apakah boleh membeli barang yg ada kemungkaran padanya (walau pemiliknya muslim), seperti iklannya mengumbar aurat misalnya? terimakasih. jazakallah khairan.
Redaksi salamdakwah.com
6 months ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Hukum asalnya boleh melakukan jual-beli dengan orang non muslim selama barang yang diperjual-belikan itu halal, model jual belinya juga halal serta jual beli itu tidak merugikan kaum muslimin. Diantara dalilnya adalah:

Imam Bukhori rahimahullah mengatakan, “Bab Syiro’ wal Bai’ Ma’al Musyrikin Wa Ahlil Harbi (Bab jual beli dengan orang Musyrik dan orang yang memerangi kaum muslimin) Kemudian beliau membawakan riwayat (2216) dari Abdurrahman bin Abu Bakar radhiallahu anhuma, dia berkata, kami bersama Nabi sallallahu alaihi wa sallam kemudian ada orang musyrik datang dengan membawa kambing. Maka Nabi sallallahu alaihi wa sallam bertanya:

بَيْعًا أَمْ عَطِيَّةً أَوْ قَالَ أَمْ هِبَةً ؟ قَالَ : لا ، بَلْ بَيْعٌ ، فَاشْتَرَى مِنْهُ شَاةً

“Apakah dijual atau pemberian atau mengatakan hibah? Dia menjawab, “Tidak, ini penjualan. Maka beliau membeli darinya satu kambing.”

Imam Nawawi rahimahullah dalam Syarh Shoheh Muslim, (11/41) mengatakan, “Umat Islam berijma (bersepakakat) diperbolehkannya berinteraksi dengan ahli zimah (orang kafir yang ada kesepakatanan dengan pemerintahan kaum muslimin untuk hidup berdampingan ). Dan orang kafir lainnya kalau tidak terealisasi pengharaman apa yang bersamanya. Akan tetapi orang muslim tidak diperbolehkan menjual senjata dan alat persenjataan kepada musuh yang memerangi. Tidak juga membantu mereka dalam menunaikan agamanya.

Ibnu Batol mengatakan, “Muamalah dengan orang kafir diperbolehkan kecuali penjualan untuk membantu musuh yang memerangi umat Islam.”

Dinukil dalam kitab ‘Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab, (9/432) adanya ijma pengharaman menjual senjata kepada musuh yang memerangi. Hikmah hal itu jelas, yaitu bahwa senjata ini untuk memerangi orang Islam.

Kalau memang barang yang dijual itu haram maka tidak boleh barang itu diperjual-belikan meskipun partner jual belinya seorang muslim, begitu pula bila sistem jual belinya haram atau jual beli itu berefek buruk untuk kaum muslimin.

Terkait pertanyaan selanjutnya, barang halal yang diiklankan dengan cara yang haram maka itu tidak mempengaruhi kebolehan membeli barang itu selama syarat dan rukun jual beli terpenuhi. Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com