SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Membiarkan Sakit


Ikhwan (Kendari)
2 weeks ago on Fiqih

Bismillah Begini ustadz, sudah 3 tahun ana menderita kanker, sekarang sudah menjalar hampir ke seluruh bagian tubuh. Tapi ana tidak berobat, hanya meruqyah dengan membaca ayat-ayat al qur'an. Ana juga tidak memberitahu keluarga ana tentang penyakit ana karena karena kakak saya beberapa bulan lalu meninggal karena penyakit tumor yg dideritanya dan keluarga ana sangat berdedih karenanya, ditambah lagi utang riba keluarga ana yg membuat ana semakin enggan memberitahukan penyakit yg ana derita. Malahan setiap hari ana terus membantu keluarga jualan di pasar semakin mempercepat penyabaran penyakit ini. Apakah ana menzholimi diri sendiri atau membinasakan diri sendiri ustadz??? Apakah ana berdosa dengan apa yang ana lakukan sekarang??? Karena seharusnya kalau sakit kita dianjurkan untuk berobat.
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Secara umum berobat itu dianjurkan oleh syariat. Berdasarkan riwayat Abu Darda' Radhiyallahu 'Anhu ia berkata: Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam bersabda:

إن الله أنزل الداء والدواء ، وجعل لكل داء دواء ، فتداووا ، ولا تتداووا بالحرام 

"Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit beserta obatnya, dan Dia telah menetapkan bagi setiap penyakit obatnya, maka janganlah berobat dengan perkara yang haram." (H.R Abu Dawud No:3372)

Dan berdasarkan hadits Usamah bin Syarik Radhiyallahu 'Anhu ia berkata: "

قالت الأعراب يا رسول الله ألا نتداوى ؟ قال : ( تداووا ، فإن الله لم يضع داء إلا وضع له شفاء إلا داء واحد ) قالوا : يا رسول الله وما هو ؟ قال :  الهرم 

Seorang Arab badui bertanya: "Wahai Rasulullah, bolehkah kita berobat?" Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam bersabda:"Berobatlah, karena Allah telah menetapkan obat bagi setiap penyakit yang diturunkan-Nya, kecuali satu penyakit!" Para sahabat bertanya: "Penyakit apa itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Pikun."
(H.R At-Tirmidzi IV/383 No:1961 dan berkata: "Hadits ini hasan shahih." Dan diriwayatkan juga dalam Shahih Al-Jami' No:2930.)

Apabila berobat itu jelas faedahnya seperti membalut luka atau melakukan transfusi darah kepada orang yang memerlukan darah maka hukumnya menjadi wajib. Terkait penyakit dari penanya maka dokter yang lebih faham apakah masih ada faedah dari pengobatan yang akan dilakukan ataukah tidak. mengingat di pertanyaan penanya hanya menyebutkan secara umum penyakitnya yaitu kanker, sedangkan kanker tidak hanya satu macam dan bisa jadi dalam satu jenis kanker kadang ada beberapa stadium, di sisi lain manfaat pengobatan bisa berebda-beda hasilnya tergantung macam dan stasiumnya. 

Oleh karena itu kami sarankan penanya untuk berobat ke dokter supaya menjadi jelas penyakitnya. Mengenai biaya berobat, apabila penanya termasuk keluarga yang tidak mampu maka ia bisa mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS untuk orang yang lemah keuangannya. Diharapkan dengan begitu ia bisa mendapatkan penanganan dokter secara gratis atau lebih murah dibandingkan pengobatan tanpa BPJS. Semoga Allah ta'ala memberikan kesembuhan untuk penanya serta memberikan kesembuhan untuk kaum muslimin yang sedang sakit.

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com