SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mengatakan Kepada Teman Didasari Candaan: Engkau Murtad


Akhwat (Makassar)
1 month ago on Aqidah

Bagaimana hukum nya mengatakan murtad pada teman. Tapi dalam hal bercanda. Saya merasa was-was. Dalam hati saya selalu mengatakan bahwa sebagus apa ibadah saya sampai mengatakan teman saya murtad. Karena pada saat itu ada video dari seorang ustadz yg mengatakan bahwa semua yg menyukai korea termasuk kafir. Nah saya dan teman sy itu menyukai Korea, lalu ada teman sy yg mengatakan kalo kamu kafir. Trus si A apa. Spontan lah sy mengatakan murtad. Tapi disana tidak ada di A. Saya tau ustadz saya salah. Dan merasa bersalah pada teman sy. Mohon pencerahannya ustadz
Redaksi salamdakwah.com
1 month ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Tidak boleh bercanda dengan materi semacam ini karena ini berbahaya. Orang yang melemparkan tuduhan kafir ke orang muslim lain dengan bercanda harus meminta ampun kepada Allah ta'ala dan meminta maaf kepada orang yang dikatakan kafir. Ada pertanyaan yang ditujukan kepada Ulama' yang duduk di Komisi Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi:

Apa hukumnya orang yang berkata kepada temannya: Anda Yahudi atau Nasrani dengan bercanda?

 

Mereka menjawab:

Tidak diperbolehkan baginya untuk mengatakan itu, baik itu dalam keadaan serius atau bercanda. Orang itu harus minta ampun kepada Allah, dan dia juga perlu meminta maaf ke saudaranya yang dikatai seperti itu (engkau yahudi atau engkau nasrani.pent) Karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam sudah memperingatkan dan melarangnya. wabillahi at-taufiq wa shallallahu ala Nabiyyina Muhammad wa aalihi wa sahbihi wa sallam.

 

Fatawa al-Lajnah ad-Daimah

Abdurrazzaq Afifi

Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Abdullah din Abdurrahman al-Ghadyan

Abdullah bin Sulaiman bin Mani'

Nomer Fatwa 4591

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com