SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Ilmu Yang Diperoleh Itu Haram


Ikhwan (Surabaya)
1 month ago on Fiqih

Assalamu alaikum ustad , mau tanya jika saya mengamalkan ilmu yg saya dapat dari buku curian apakah berdosa seperti contoh : saya mendapatkan ilmu tentang cara sholat , cara wudhu, dan bacaan dzikir  dll . seputar islam , saya punya 2 pertanyaan : (1), jika saya sholat , saya wudhu, dan berdzikir, apakah berdosa , karena ilmu yang saya dapat tentang sholat , wudhu, berdzikir dll seputar islam dari membaca buku curian ?...... (2) , apakah ilmu yang ada didalam hati dan akalku ini haram karena diperoleh dari membaca buku curian ?.....
Redaksi salamdakwah.com
1 month ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Apabila ilmu yang dia peroleh dari kitab curian itu adalah ilmu yang benar karena bersumber dari al-Qur'an dan Sunnah maka ilmu itu bisa diamalkan. Namun tetap dia berdosa karena mencuri. 

Ulama' yang duduk di Komisi Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya:

Apa hukumnya seseorang yang mencuri Al-Qur'an atau buku-buku agama atau budaya sementara dia bisa memberikan faedah (dengan bantuan dua buku tersebut) di jalan Allah dan Rasul-Nya yang Mulia?

Mereka menjawab: mencuri hukumnya haram;baik pencuri itu ingin mengambil keuntungan dari barang curiannya untuk Allah atau tidak, dan siapa pun yang mencuri sesuatu harus mengembalikannya kepada pemiliknya, dan bertobat kepada Allah - Yang Maha tinggi- dan dia harus memohon ampunan-Nya.

Panitia Tetap Riset Ilmiah dan Ifta

Ketua: Abdulaziz bin Abdullah bin Baz

Wakil Ketua: Abdul Razzaq Afifi

Anggota: Abdullah bin Ghadian

Fatawa al-Lajnah ad-Daimah, Pertanyaan ketiga dari Fatwa No. (11003)

 

Wallahu ta'ala a'lam 

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com