SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Cara Minum Air Zamzam


Ikhwan (Surabaya )
1 week ago on Keluarga

Assalamu'alaikum. Bismillah. Sy membaca artikel "Keajaiban Air ZAMZAM", bagaimana cara membaca niat (doa) / adab / tatacara ketika minum air zamzam, sebagaimana yg pernah penulis lakukan?
Redaksi salamdakwah.com
5 days ago

 

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Telah kita ketahui bersama bahwa termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa adalah ketika meminum air zam zam. Dari Jabir radhiallahu anhu dari Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam, Beliau bersabda:

 

 ماء زمزم لما شرب له 

 

“Air zam zam bergantung orang yang meminumnya.” HR. Ahmad dinyatakan shoheh Albany di Shoheh Jami, (5502)

Terkait cara minum ada beberapa cara yang disampaikan oleh Ulama' diantaranya berdoa dilakukan setelah meminum, Ibnu Quddamah menerangkan,"
Dan disunnahkan untuk minum air zam zam sesuai dengan yang dia inginkan kemudian...kemudian berucap," ya Allah jadikanlah ia bagi kami sebagai ilmu yang bermanfaat, rizki yang Luas, hilangnya dahaga, hilangnya rasa lapar dan obat bagi seluruh penyakit. Bersihkanlah hatiku dengannya, Penuhilah hatiku dengan rasa takut kepada-MU dan penuhilah dengan hikmah-MU. Umdah al-Fiqhi 49

Ada yang menyebutkan bahwa berdoanya dilakukan sebelum minum. Zakaria al-anshori menerangkan," Disunnahkan bagi orang yang meminum air zam zam untuk meminumnya sesuai tujuannya apabila dia sudah menentukan maksudnya dia menghadap kiblat, berdzikir kepada Allah ta'ala dengan berucap," ya Allah telah sampai kepadaku informasi dari Rasul-MU shallallahu alaihi wa sallam bahwa sanya dia bersabda," air zam zam tergantung tujuan meminumnya, ya Allah saya meminumnya untuk tujuan ini, ya Allah kabulkanlah kemudian membaca basmalah dan meminumnya. Asna al-Matholib 1/501

Wallahu ta'ala a'lam

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com