SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

apakah fasakh dan talak 3 itu sama ?


Ikhwan (Kubu Raya, Kalimantan Barat)
1 month ago on Fiqih

afwan saya pernah mendengar bahasan fiqih nikah ada namanya fasakh(pembatalan akad nikah) misalnya disebebakan karena aib yang bisa dilakukan pembatalan pernikahan disitu. disitu dibahasakan kalau saling sepakat maka buyar(a), jika ribut maka ke wali hakim jika hasilnya juga buyar(b) apakah kondisi (a) dan (b) ini sama seperti talak 3 yakni suami tidak bisa kembali lagi ke istri lagi, kecuali sudah dinikahi(digauli) oleh orang lain kemudian cerai ?
Redaksi salamdakwah.com
1 month ago

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Wallahu ta'ala a'lam, perpisahan yang terjadi karena fasakh tidaklah dianggap sebagai talak dan tidak dihitung mengurangi talak sehingga hukumnya tidak sama dengan talak. apabila setelah fasakh mantan suami istri itu ingin kembali menjalin hubungan pernikahan maka mereka tinggal menjalin akad baru dan itu tidak perlu istri menikah lagi dengan orang lain sebelum menikah dengan suami sebelumnya.

 

Dalam kitab tuhfatul muhtaj disebutkan:

 

فيجوز تجديد النكاح بعد تكرره من غير حصر، واختاره كثيرون من أصحابنا المتقدمين والمتأخرين 

 

Boleh memperbaharui pernikahan setelah terjadinya fasakh secara berulang tanpa ada batasan. Pendapat ini dipilih oleh banyak Ulama' madzhab kami (madzhab Syafii) baik itu Ulama' dulu maupun yang belakangan.

Wallahu ta'ala a'lam

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com