SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Suami Selingkuh


Akhwat (Maros)
2 weeks ago on Keluarga

Assalamu'alaikum ustadz. Mau tanya bagaimana sebaiknya istri bersikap jika mendapati suaminya sering telponan dengan perempuan lain? Dan suami sudah mengakui dan berjanji tidak akan mengulanginya. Sikap apa yang harus saya ambil ustadz
Redaksi salamdakwah.com
2 weeks ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila suami sudah bertaubat dan berjanji untuk tidak mengulangi maka seharusnya  istri memaafkannya. Mengingat begitu besar balasan dari Allah untuk orang  yang suka memaafkan.  Allah ta'ala telah mengkabarkan hal yang demikian di surat Ali-Imron:


وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (133) الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (134) وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ (135) أُولَئِكَ جَزَاؤُهُمْ مَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَجَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ (136)


133. Dan bersegeralah kalian kepada ampunan dari Rabb kalian dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

134. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

135. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau Menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

136. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Rabb mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah Sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.
 

Allah ta'ala telah berfirman dalam surat Asy-Syuro ayat 40:


فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ


Maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik Maka pahalanya atas (tanggungan) Allah.

Ibnu Hibban pernah menyinggung masalah orang yang tidak mau memaafkan orang lain dalam salah satu kitabnya:
Orang berakal wajib untuk menerima udzur saudaranya dalam kejahatan dan kelalaian yang telah diperbuat, kemudian ia menjadikan orang yang bersalah itu bersih dari kesalahannya. Sebab, jika seseorang (yang bersalah) ingin memiliki hubungan lagi dengannya tapi tidak diterima olehnya maka aku takut ia tidak bisa mendatangi telaga Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Raudhatul Uqola' wa Nuzhatul Fudhola' 183

Sikap yang perlu Anda lakukan adalah mengajaknya untuk menuntut ilmu agama supaya ketakwaannya bertambah. Di saat yang sama Anda intropeksi diri sendiri apakah ada yang salah dengan diri Anda sebagai seorang istri, dari cara bergaul, berbicara, penampilan di depan suami dll.

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com