SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Memperdengarkan Apa Yang Dibaca Saat Shalat Ke Diri Sendiri? Membaca Dalam Hati?


Ikhwan (Sambas)
2 months ago on Ibadah

Bismillah.. Ustadz ketika saya shalat, saya melafadzkan bacaan shalat, namun terkadang ada bagian bacaan yang saya lafadzkan namun telinga saya tidak mendengarnya. Apakah sah sahalat saya, Dan bagaimana shalat seseorang yg bacaannya hanya di hati saja?
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Ada perbedaan pendapat terkait apakah memperdengarkan diri kala membaca bacaan dalam shalat itu hukumnya wajib ataukah tidak. Wallahu ta'ala a'lam kami menyearankan kepada pembaca untuk memperdengarkan dirinya sendiri tanpa mengganggu orang sekitarnya. Imam an-Nawawi rahimahullahu menerangkan:

 

وأدنى الإسرار أن يسمع نفسه إذا كان صحيح السمع ولا عارض عنده من لغط وغيره، وهذا عام في القراءة والتكبير والتسبيح في الركوع وغيره، والتشهد والسلام والدعاء ـ سواء واجبها ونفلها ـ لا يحسب شيء منها حتى يسمع نفسه إذا كان صحيح السمع ولا عارض 

 

Bentuk melirihkan bacaan yang paling rendah adalah dia memperdengarkan dirinya sendiri jika pendengarannya sehat dan tidak ada yang menghalanginya (untuk mendengar.pent) seperti adanya keributan dan selainnya, dan aturan ini sifatnya umum dalam hal bacaan surat, takbir dan bertasbih saat rukuk dan selainnya, dalam hal tasyahud, salam dan doa - baik itu yang hukmnya wajib atau yang dianjurkan - hal-hal itu tidak dihitung atau dianggap sampai dia mendengarkan dirinya sendiri jika dia mampu mendengar dan tidak ada penghalang untuk mendengarkan. 

 

Adapun orang yang membaca dalam hati saja dan tidak menggerakkan lisan maka dia seperti tidak membaca. Dalam kitab Mawahib al-Jalil Syarh Mukhtashor al-Kholil disebutkan:

زاد في شرح المدونة: فمن قرأ في قلبه في الصلاة فكالعدم،

Dan ia menambahkan dalam Syarh al-Mudawwanah: Barang siapa membaca dalam hatinya saja saat shalat maka bacaan itu seperti tidak ada.

 

Wallahu ta'ala a'lam

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com