SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mau bersedekah ke keluarga tapi takut riya\\\'?


Akhwat (makasar)
8 years ago

Assalamu'alaikum,,
Ustad setau ana,sedekah pd kluarga pahalanya lebih besar ketimbang pd org lain.tp trkdg sedekah pd kluarga,lbh rentan ada sifat riyax ada.apakah Qtα ttp sedekah pd kluarga walopun,msh ϑǻ sifat riya dlm ht ustad? Tp bgmn dgn amalanx,apakh ditrima olh اَللّهُ?
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Benar, bersedekah kepada keluarga yang memiliki ikatan kekerabatan lebih utama dibandingkan bersedekah kepada orang lain, karena pahala yang akan didapat insyaallah ada dua: Pahala bersedekah dan pahala bersilaturrahim. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


إِنَّ الصَّدَقَةَ عَلَى الْمِسْكِينِ صَدَقَةٌ، وَعَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ. أخرجه النسائي رقم 2582 و ابن ماجه رقم 1844.صححه الألباني


“Sedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, sedangkan sedekah kepada kerabat adalah dua sedekah: Satu sedekah dan satu lagi menyambung silaturahim.”

Kami tidak yakin dengan keumuman ungkapan bahwa bersedekah kepada keluarga rentan terhadap riya' mengingat ada beberapa cara untuk bersedekah kepada keluarga tanpa khawatir terjadi riya', diantaranya adalah: Penyerahan sedekah yang hanya diketahui oleh penerima sedekah atau Penyerahan sedekah yang hanya diketahui oleh Allah ta'ala.

Nasehat kami, bertekadlah untuk berbuat kebaikan dan ikhlas, kemudian wujudkan niat itu di dunia nyata, selanjutnya, bertawakallah kepada Allah ta'ala. Allah ta'ala berfirman dalam surat Ali-Imron ayat 159:


فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ


Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com