SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bila Istri dan Mertuanya Tidak Cocok


Ikhwan (Palembang)
3 months ago on Keluarga

Assalamualaikum ustadz.. Saya mau bertanya.. Saya dan istri saya tinggal di rumah bersama kedua orang tua saya (suami). Namun, disamping itu istri saya merasa tidak nyaman dengan perlakuan mertua (org tua suami) terhadap dirinya (istri), di karenakan orng tua suami menyuruhnya semena-mena dan membuat istri saya menangis/ sakit hati/kecewa. Dalam islam mengajarkan bahwa, apabila Seorang Istri yang sudah bersuami maka istri wajib patuh kepada suami. Terus Seorang suami harus memprioritaskan ibu/ orang tuanya dari pada istri dan anaknya. Di samping itu juga, seorang suami wajib menjaga, melindungi dan mengayomi istrinya serta menjalankan janji2 yg telah di sampaikan pada saat Akad Nikah. Apa yang harus saya lakukan sebagai suami ?
Redaksi salamdakwah.com
3 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Perlu difahami bahwa seorang istri berhak untuk mendapatkan tempat tinggal terpisah dan tersendiri, lebih-lebih bila ia merasa terganggu dan tidak nyaman terhadap perlakuan mertuanya bila ia tinggal serumah dengannya. Dalam Ensiklopedi Fiqih Kuwait disebutkan:
Mengumpulkan kedua orang tua (begitu pula kerabat lainnya) dan istri di satu tempat tinggal tidaklah diperbolehkan. Istri juga diperbolehkan untuk menolak bila akan ditempatkan bersama dengan salah satu dari keduanya, sebab berada di tempat tinggal pribadi yang menjadikan seorang istri merasa aman terhadap diri dan hartanya adalah hak dari istri tersebut. Dan tidak ada seorang pun yang boleh memaksanya untuk itu (tinggal bersama keluarga suami.pent). Inilah madzhab mayoritas Ahli Fiqih dari kalangan Ulama' Hanafi, Syafi'i dan Hanbali. Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah 25/109.

Apabila suami ingin tinggal bersama ortunya karena ingin berbakti dan melayani orang tuanya maka sebagai jalan tengah sebaiknya suami mencari tempat tinggal di dekat rumah orang tuanya sehingga ia tetap bisa sering mengunjungi dan menjenguk orang tuanya dengan tetap memenuhi hak istri dan menjaga perasaannya. Apabila orang tua bertanya kenapa ingin tinggal terpisah maka bisa disampaikan bahwa suami istri ingin latihan hidup mandiri supaya rumah tangganya kokoh


والله تعالى أعلم بالحق والصواب

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com