SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Shalat Dalam Keadaan Basah Kuyup


Akhwat
4 weeks ago on Ibadah

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh Bismillah Saya ijin bertanya, diperbolehkankah shalat dalam keadaan basah kuyup? Waktu itu sedang ada kuliah, sengaja datang agak awal soalnya jarak antara rumah dan kampus lumayan jauh dan sekalian mau shalat di kampus. Dan ternyata di tengah" perjalanan hujan turun deras dan tidak membawa jas hujan shg mau tidak mau saya terus terjang soalnya waktu sudah mepet. Mau ganti bajupun juga tidak memungkinkan karena jarak rumah yang terlampau jauh.. Bagaimana menyikapi hal yang demikian?? Jazakumullahu khair
Redaksi salamdakwah.com
3 weeks ago

 

 وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 Apabila basahnya itu sampai menjadikan bajunya menerawang sehingga kulit di balik baju kelihatan maka tidak sah shalatnya namun bila basahnya itu tidak sampai menjadikan kain menerawang dan bajunya masih menutupi auratnya maka sah shalatnya. Syaikh Ibnu Baz rahimahullahu ta'ala menerangkan:

إذا كان الثوب المذكور لا يستر البشرة لكونه شفافاً أو رقيقاً : فإنه لا تصح الصلاة فيه من الرجل إلا أن يكون تحته سراويل أو إزار يستر ما بين السرة والركبة .

وأما المرأة فلا تصح صلاتها في مثل هذا الثوب إلا أن يكون تحته ما يستر بدنها كله

Apabila baju tersebut tidak menutupi kulit karena dia itu menerawang atau tipis maka shalatnya tidak sah kecuali (bagi laki-laki) dia mengenakan celana atau sarung di bagian dalam yang menutupi anggota badan yang posisinya antara pusar dan lutut. (Bagi wanita) shalatnya tidak sah bila ia memakai pakaian semacam ini kecuali bila di bagian dalam ia memakai pakaian lain yang menutupi seluruh badannya. wallahu ta'ala a'lam.

  

 

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com