SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

membuang kucing


Ikhwan (Kota Tangerang)
2 months ago on Mu'ammalah

assalamu'alaikum ustadz belakangan ini saya sering sekali mendapati Kucing dipekarangan saya, kucingnya masih kecil, tidak mungkin mampu memanjat pagar saya yang tertutup, saya yakin ada yang membuang mereka ke halaman rumah, saya bukan dari keluarga mampu, terlebih dalam kondisi pandemi seperti ini, saya tidak mungkin merawat banyak kucing-kucing, terlebih kucingnya masih sekitar umur 1 bulan, bahkan hari ini saya mendapati ada kucing yang baru lahir 1 ekor ada dipekarangan rumah, benar-benar seperti ada yg melempar dan membuangnya secara sengaja. Untuk makan sudah susah, tidak ada pula yg mau merawat/adopsi mereka, saya sudah berusaha kesana kemari tapi tidak ada yg mau merawat, saya dengan susah payah memberi makan mereka, menyanggupi kebutuhan dasar mereka, namun saya tidak mampu terus-terusan begini ustadz, saya tidak mungkin pula untuk membuang mereka, saya tidak akan tega, apa yang harus saya lakukan ustadz..?
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Kalau penanya tidak mampu memberi makan kucing-kucing tersebut dan tidak ada yang mau merawat kucing-kucing itu maka kucing-kucing itu bisa ditaruh di pasar yang di situ terdapat banyak pedagang yang berjualan sesuatu yang bisa dimakan oleh kucing tersebut. 

Ulama' yang duduk di Komte Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya," ada Seekor kucing betina yang selalu melahirkan anak-anaknya di dalam rumah. Anak-anak kucing tersebut membuat kami resah. Kami membiarkan sang induk bersama anak-anaknya hingga mereka tumbuh besar dan bisa mencari makan sendiri. Ketika sudah besar, anak-anak kucing itu membawa sisa daging dari tong sampah dan mengotori rumah. Saat itu saya langsung mengangkat anak-anak kucing tersebut dan menaruhnya di ujung terjauh sebuah restoran. Yang penting saya menjauhkannya dari rumah. Apakah perbuatan itu salah atau saya berdosa?

Mereka menjawab: Anda boleh membuang anak-anak kucing tersebut agar terhindar dari gangguannya dan, Insya Allah, Anda tidak berdosa.


Wabillahittaufiq, wa Shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.


Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
  
Abdullah bin Ghadyan selaku Anggota

Abdurrazzaq Afifi selaku Wakil Ketua

Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku Ketua

Fatawa al-Lajnah ad-Daimah  26/182-183. Pertanyaan ketiga dari fatwa Nomor:9687

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com