SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

menggunakan aplikasi dengan cara ini


Akhwat
10 months ago on Fiqih

Bismillaah. Semoga Allaah menjaga kita semua di dunia dan di akhirat. Izin bertanya ustadz, ana sudah lama menggunakan sebuah aplikasi pendownload video. Akan tetapi, qaddarullaah baru-baru ini ana mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut agar aplikasinya secara diupdate ke versi terbaru, dan tiada biaya yang harus dikeluarkan untuk meng-install version barunya. Namun, ana sampai sekarang belum mengupdate, karena jika sudah diupdate, maka nantinya ana tidak bisa menggunakan secara gratis lagi. Sehingga, sampai saat ini ana masih menggunakan versi lama dari aplikasi tersebut. Pertanyaan ana, apakah dengan ana memaksakan untuk tidak mengupdate aplikasi tersebut agar bisa terus menggunakan fitur-fitur gratis dari mereka termasuk keharaman, dan apa yang harus ana lakukan pada video-video yang sudah ana download dari aplikasi tersebut? Jazaakallaahu khairan atas jawabannya.
Redaksi salamdakwah.com
9 months ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Merek dan hak intelektual adalah hak yang dilindungi oleh syariat. Majma' al-Fiqhi al-Islami (divisi fiqih OKI) menerangkan,"
Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah. Sholawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada penghulu kita Nabi Muhammad penutup semua Nabi dan juga bagi keluarga dan para sahabatnya semua.

Keputusan No. 43 (5/5)
Tentang Hak-hak Maknawiyah
Majelis Majma' al-Fiqhi al-Islami Internasional dalam muktamar rutin kelimanya di Kuwait yang terlaksana dari tanggal 1 s/d 6 Jumadil Ula 1409 H bertepatan dengan 10-15 Desember 1988 M, setelah mengkaji beberapa karya ilmiah dari para anggota dan para ahli dalam tema hak-hak maknawiyah, serta setelah mendengar diskusi seputar hal itu Menetapkan sebagai berikut;

Pertama: nama dagang, merek dagang, logo dagang, karangan, dan penemuan, adalah termasuk hak-hak khusus bagi pemiliknya. Dan di masa sekarang ini telah bernilai sebagai harta kekayaan yang diakui karena masyarakat menjadikannya pemasukan. Dan hak ini diakui oleh syariah, sehingga tidak dibenarkan untuk melanggarnya.

Kedua: dibolehkan untuk mengendalikan (seperti jual beli.pent) nama dagang, merek dagang, atau logo dagang, dan boleh menukarkan masing-masing darinya dengan harta, selama tidak ada gharar, penipuan dan kecurangan. Karena itu semua dianggap hak harta benda.

Ketiga: hak atas tulisan, penemuan dan hasil penelitian terlindungi secara syariah, para pemiliknya punya hak untuk memperjual-belikannya, dan tidak dibenarkan untuk melampaui batas atasnya. Wallohu a’lam. http://www.fiqhacademy.org.sa/qrarat/5-4.htm diakses pada 16/9/2015

Oleh karena itu bila memang pemilk software membatasi penggunaan softwarenya secara gratis hingga waktu tertentu maka setelah batas waktu penggunaan berakhir maka tidak boleh digunakan lagi secara bebas. 

Apabila developer software tersebut tidak memberikan batasan waktu penggunaan softwarenya namun pihak developer merilis update software untuk memberikan fitur tambahan, menambal celah keamanan atau tambahan lainnya dengan sistem berbayar maka pengguna tetap boleh memanfaatkan software gratisan tersebut namun dia tidak bisa memperoleh fitur-fitur unggulan, perlindungan keamanan dan lain-lain.

Wallahu ta'ala a'lam  

 

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com