SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menghadapi Perlakuan Buruk Saudara


Akhwat (Solo)
3 months ago on Keluarga

Assalamualaikum uztadz Saya perempuan punya abang 10 taun diatas saya belum menikah tidak bekerja dan tidak mau berusaha . Saya dan kakak belum menikah tinggal dengan ibu tapi yg bekerja hanya saya semua keperluan saya yang mencukupi uztadz sudah lebih dari 3 tahun . Padahal penghasilan saya juga ga besar2 banget, rumah juga kontrak per tahun saya sendiri yang mikir . Yang paling buat saya sakit hati setiap kakak saya kasar sama ibu dan juga saya, dan jika butuh uang dia selalu mencuri uang saya dan ibu saya kadang barang2 berharga untuk dijual . Apa yang harus saya lakukan uztadz saya bingung saya rasanya ga sanggup uztadz . Terimakasih uztad
Redaksi salamdakwah.com
3 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Kesabaran penanya menghadapi saudaranya yang tidak berusaha mencari nafkah semoga diganjar pahala besar oleh Allah ta'ala.

Allah Ta'ala berfirman:"

{وَلَمَن صَبَرَ وَغَفَرَ إنَّ ذَلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الأُمُورِ}

Dan sesungguhnya orang yang berhati sabar dan suka memaafkan, sesungguhnya hal yang sedemikian itu adalah termasuk pekerjaan yang dilakukan dengan keteguhan hati." (as-Syura: 43)   

Ada hadits yang menceritakan bagaimana perlakuan baik dari seseorang ke keluarganya dibalas dengan perlakuan yang buruk.

عن أَبي هريرة رضي الله تَعَالَى عنه: أنَّ رَجُلًا، قَالَ: يَا رسول الله، إنّ لي قَرَابةً أصِلُهم وَيَقْطَعُونِي، وَأُحْسِنُ إلَيْهِمْ وَيُسِيئُونَ إلَيَّ، وَأحْلُمُ عَنهم وَيَجْهَلُونَ عَلَيَّ! فَقَالَ: «لَئِنْ كُنْتَ كَمَا قُلْتَ، فَكأنَّمَا تُسِفُّهُمُ الْمَلَّ، وَلاَ يَزَالُ مَعَكَ مِنَ اللهِ تَعَالَى ظَهيرٌ عَلَيْهِمْ مَا دُمْتَ عَلَى ذَلِكَ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwasanya ada seorang lelaki berkata: "Ya Rasulullah, sesungguhnya saya itu mempunyai beberapa orang kerabat, mereka saya mempererat tali kekeluargaan dengan mereka namun mereka memutuskannya, saya berbuat baik kepada mereka itu, tetapi mereka berbuat buruk pada saya, saya bersikap sabar kepada mereka itu, tetapi mereka tak acyh kepada  saya itu." Kemudian beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Jikalau benar sebagaimana yang engkau katakan itu, maka seolah-olah mereka itu engkau beri makanan abu panas )Dalam salah satu tafsirannya itu berarti  mereka mendapat dosa yang besar). Dan engkau senantiasa disertai pertolongan Allah dalam menghadapi mereka itu selama engkau benar dalam keadaan sedemikian itu." (Riwayat Muslim) 

Tindakan yang bisa dilakukan oleh penanya adalah memberikan masukan ke saudaranya tersebut (baik itu secara langsung atau melalui orang lain) supaya dia tidak melakukan pencurian dan supaya dia berusaha keras mencari pekerjaan yang halal. 

Apabila dia  tidak perduli dan penanya merasa tidak ridho barang-barangnya dicuri maka penanya bisa mengadukan saudaranya ke pihak berwajib. Diharapkan dengan begitu saudara penanya bisa sadar. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


«انْصُرْ أَخَاكَ ظَالِمًا أَوْ مَظْلُومًا»


Tolonglah saudaramu dalam keadaan dia dhalim atau didhalimi. HR. Bukhari no.2443 dan yang lainnya.

Wallahu ta'ala a'lam

 

 

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com