SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menelan Semacam Ingus Saat Puasa


Akhwat
3 months ago on Ibadah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Ana biasanya kalau menarik nafas itu ada hingus yg ikut ana hirup sekali ke dalam hidung. Tapi disaat menghirup hingus tadi, hingus tsb terasa di dalam kerongkongan. Apakah ana harus mengeluarkan hingus tsb setiap masa di saat puasa?
Redaksi salamdakwah.com
3 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Kami sarankan setelah anda menyedot dari hidung kemudian melewati tenggorokan maka anda segera keluarkan  dari tubuh melalui mulut. Jadi ingus bisa dikeluarkan langsung melalui hidung atau melalui mulut. Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi menerangkan:

ابتلاع الصائم ريقه لا يفسد صومه ولو كثر ذلك وتتابع في المسجد وغيره، ولكن إذا كان بلغما غليظا كالنخاعة فلا تبلعه، بل أبصقه في منديل ونحوه إذا كنت في المسجد.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

Orang berpuasa yang menelan liurnya sendiri pada saat berpuasa tidak merusak ibadah puasanya, meskipun dalam jumlah yang banyak dan berkesinambungan, baik di masjid atau di tempat lain. Namun jika berupa riak seperti ingus , maka jangan ditelan, tapi ludahkanlah di sapu tangan atau yang serupa dengannya jika anda berada di masjid.

Dan Allah Maha Pemberi taufik, semoga shalawat dan salam dihaturkan kepada Nabi kita Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.

 

komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa 
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (ketua)
Abdurrazzaq Afifi (wakil ketua)
Abdullah bin Ghadyan (anggota)
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 10/270 pertanyaan pertama dari fatwa no.9584

Apabila ada lendir yang tidak bisa dikeluarkan melalui hidung atau mulut maka semoga saja tidak bermasalah bila tertelan. Wallahu ta'ala a'lam 

  

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com