SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

apakah bayar kafarat karena melanggar sumpah namun itu terjadi karena tidak sengaja, tidak tahu atau lupa


Ikhwan (Jakarta)
7 months ago on Fiqih

Assalaamu’alaikum saya ingin bertanya apakah wajib melakukan kafarat sebeb melanggar sumpah yang dilakukan dengan tidak sengaja,tidak tahu,lupa?
Redaksi salamdakwah.com
5 months ago

 

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu

 

Wallahu Ta'ala a'lam. Apabila seseorang lupa atau tidak sengaja atau tidak tahu sehingga dia melanggar sumpah nya maka dia tidak terkena kafaroh sumpah. Ibnu Quddamah al-Maqdisi menerangkan:

 

من حلف أن لا يفعل شيئاً ففعله ناسياً : فلا كفارة عليه ، نقله عن أحمد الجماعة ، إلا في الطلاق والعتاق  فإنه يحنث ، هذا ظاهر المذهب ... لقوله تعالى : (وَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ فِيمَا أَخْطَأْتُمْ بِهِ وَلَكِنْ مَا تَعَمَّدَتْ قُلُوبُكُمْ) ، وقال النبي صلى الله عليه وسلم : (إن الله تجاوز لأمتي عن الخطأ والنسيان وما استكرهوا عليه) ، ولأنه غير قاصد للمخالفة ، فلم يحنث ، كالنائم والمجنون" انتهى

 

 

Barangsiapa bersumpah untuk tidak melakukan sesuatu kemudian dia melakukannya disebabkan lupa maka dia tidak terkena kewajiban kafarat. Ini diriwayatkan oleh sekelompok orang dari Ahmad bin Hanbal, kecuali dalam masalah talak dan membebaskan budak, lupa dalam dua masalah itu dianggap sebagai pelanggaran terhadap sumpah. Ini adalah pendapat yang dhohir di madzhab...Ini didasari firman Allah ta'ala:

 

(وَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ فِيمَا أَخْطَأْتُمْ بِهِ وَلَكِنْ مَا تَعَمَّدَتْ قُلُوبُكُمْ)

Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

 

(إن الله تجاوز لأمتي عن الخطأ والنسيان وما استكرهوا عليه)

Sesungguhnya Allah ta'ala memaafkan untuk ummatku saat ada ketidaksengajaan, lupa, dan keterpaksaan. 

Dan karena dia tidak bermaksud untuk melanggar maka dia tidak dianggap melanggar sumpah, seperti orang yang tidur atau orang gila.selesai

Dalam surat al-Baqarah ayat 286 Allah ta'ala berfirman:
 

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا 

 
“Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah.  
 
Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com