SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Perlu Mengulang Shalat Jika Taubat Dari Murtad


Akhwat (Yogyakarta)
6 months ago on Fiqih

Jika seseorang kafir di siang hari atau saat Dzhuhur seperti jam 1 . karena menertawakan Islam lalu ia bertaubat sedangkan ia sudah shalat Dzhuhur sebelum kafir Apakah shalatnya perlu diulang ?
Redaksi salamdakwah.com
5 months ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Kami ingin memfokuskan jawaban ini pada pertanyaan yang sifatnya umum, yaitu apakah orang yang murtad kemudian bertaubat dan kembali lagi masuk Islam apakah  ia wajib mengqodho' shalat, puasa, zakat dan ibadah lainnya saat dia murtad dan belum masuk Islam lagi.

Komisi tetap Riset Ilmiah dan Fatwa menerangkan:

 

    وليس على المرتد إذا رجع إلى الإسلام أن يقضي ما ترك في حال الرِّدَّة من صلاة وصوم وزكاة ... وما عملَه في إسلامه قبل الرِّدَّة من الأعمال الصالحة ؛ لم يبطل بالرِّدَّة إذا رجع إلى الإسلام ؛ لأنَّ الله سبحانه علَّق ذلك بموته على الكفرر

 

Orang yang murtad kemudian masuk Islam lagi, ia tidak wajib untuk mengqodho' ibadah (seperti shalat, puasa dan zakat) yang ia tinggalkan saat dia dalam keadaan murtad...Sedangkan amalan baiknya saat ia menjadi muslim (sebelum murtad) tidaklah batal (dengan kejadian murtadnya dia) jika dia kembali rujuk ke Islam mengingat Allah  subhanahu wa ta'ala mengaitkan itu dengan kematian seseorang dalam keadaan kafir (silahkan merujuk ke surat al-Baqarah ayat 217). Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 2/9

 

Terkait status orang tersebut apakah sebelumnya dia murtad atau tidak maka kami tidak bisa hanya menyandarkan kepada info pertanyaan yang sifatnya sangat terbatas, sehingga kami tidak bisa mengenalisa lebih lanjut, dengan begitu kami tidak bisa  menghukumi orang yang ada di pertanyaan apakah dia statusnya masih muslim  atau tidak.

 

 

Wallahu ta'ala a'lam

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com