SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menjual Sesuatu Yang Disewakan


Ikhwan (Duri - Riau)
7 months ago on Mu'ammalah

ustadz, mohon penerangan terkait permasalahan berikut ini ustadz ? si A menjual rumah kepada si B, dimana si B belum membayar lunas(bayar separuh dulu) sedangkan rumah tersebut dalam keadaan di sewakan kepada si C pertanyaannya : siapakah yang berhak menerima uang sewa rumah tersebut ustadz ? syukran ustadz
Redaksi salamdakwah.com
7 months ago

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

Sebenarnya ada perbedaan pendapat di kalangan Ulama' dalam masalah ini, namun pendapat yang kuat menurut Dr. Musaid Bin Abdullah al-Huqail setelah menjabarkan masalah ini di makalah yang beliau tulis.

Apabila sudah ada persyaratan dari salah satu pihak ketika akad, baik itu dari pihak penjual atau pembeli bahwa hasil sewa yang tersisa diperuntukkan bagi dia maka itu yang dijadikan acuan.

Apabila tidak ada persyaratan dari salah satu pihak ketika akad, baik itu dari pihak penjual atau pembeli bahwa hasil sewa yang tersisa diperuntukkan bagi dia namun ada kebiasaan masyarakat (urf) yang menunjukkan bahwa hasil sewa di waktu yang tersisa untuk salah satu pihak maka kebiasaan masyarakat ini yang dijadikan acuan.

Apabila tidak ada persyaratan kala akad dan tidak ada   urf yang berlaku umum maka hasil sewa dari waktu yang tersisa menjadi milik penjual. 

Silahkan membaca makalah beliau dengan mendownload versi digitalnya di link berikut: http://www.salamdakwah.com/kitab/57-menjual-sesuatu-yang-disewakan

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com