SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

membuka rekening bank konvensional


Ikhwan (Bandung)
5 months ago on Riba

Assalamu'alaikum Maaf mengganggu. Ustadz izin tanya. Saya punya rekening bank konvensional untuk keperluan penerimaan gaji (dalam hal ini wajib menggunakan bank konvensional tersebut). Rekening ini juga sekaligus saya jadikan sebagai rekening arus penerimaan dana / perantara saja (seperti pencairan dana olshop, pencairan dana paypal, dll) setelah dana masuk, langsung saya salurkan ke rekening bank syariah. Dalam hal ini. Bagaimana tanggapan Ustadz. Apakah saya termasuk orang yg ikut dalam kegiatan riba? Dan dengan ikut membuka rekening di bank konvensional, apakah saya sama saja membantu kegiatan riba dan pendanaan modal usaha yg non syariah?
Redaksi salamdakwah.com
5 months ago

 

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu

 

Apabila memang perusahaan hanya mau menyalurkan gaji karyawan ke rekening bank konvensional tertentu maka boleh bagi karyawan perusahaan tersebut untuk membuka rekening di bank itu. Silahkan merujuk fatwa syaikh Sholeh Fauzan di link berikut https://youtu.be/zbB1g1TWt64

 

Selanjutnya kami sarankan segera mentransfer uang di bank tersebut ke rekening bank Syariah yang tidak bermasalah sehingga yang tersisa di bank konvensional itu hanyalah saldo minimum.

 

Apabila dana yang masuk di PayPal bisa dicairkan ke rekening bank Syariah (yang tidak bermasalah) maka harus dicairkan ke sana dan tidak boleh ke yang konvensional. Apabila memang belum bisa dicairkan kecuali ke bank konvensional maka boleh dicairkan di bank konvensional dan apabila sudah masuk maka segeralah ditransfer ke bank syariah.

 

Kalau bisa penanya mengarahkan konsumen untuk memakai aplikasi tertentu yang bisa menggratiskan transfer antar bank sehingga konsumen langsung bisa transfer ke bank syariah (yang tidak bermasalah).

 

Apabila konsumen ada yang belum mau menggunakan aplikasi tersebut maka silahkan diterima transferannya di bank konvensional itu dan segeralah transfer uang itu ke rekening bank Syariah (yang tidak bermasalah)

 

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com