SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dituduh Oleh Orangtua Mencuri


Akhwat (Kab. Sleman)
2 months ago on Keluarga

selamat siang pak ustad mau bertanya saya menikah sekitr1 thun yg lalu. saya skrng hamii 7 bulan..saya hamil tinggl di rumah orangtua syaa. waktu sya hamil orangtua sya tidak pernh memperlakukan saya dengan baik..sya d sruh bekerja keras membantu ibu sya yg jualan..prnh sya dan suami saya di tuduh mengambil uang ibu saya. pdhl kami nggk tau letak uangnya dmn..simpen dmn..kami sakit hati dengan tuduhun orangbtua sya..saya dan suami harus bersikp bagaimana. mohon pencerhannya
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Kami sarankan kepada anda untuk bersabar dan tidak mengambil hati atas apa yang dilakukan oleh orang tua anda. Anda bisa memberi nasehat ke orang tua anda dengan cara yang tepat dan menyesuaikan dengan posisi beliau sebagai orang tua. Sampaikan kepada mereka juga bukti yang menunjukkan bahwa anda tidak mengambil uang. Silahkan menyampaikan juga kepada mereka bahwa anda begitu mencintai mereka dan ingin mereka berbahagia di dunia dan akhirat. 

Faktanya apa yang menimpa anda bukanlah hal yang paling menyakitkan di dunia, apabila kita melihat cerita orang-orang terdahulu (yang tetap komitmen berbakti meski perlakuan orang tua tidak layak) maka kita akan kaget dan tahu betapa nikmat Allah amatlah besar dan amatlah banyak telah kita terima. Kita selayaknya melihat orang yang berada dibawah kita saat kita merasa berat dalam menghadapi cobaan seperti ini. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:



انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللهِ  عَلَيْكُمْ

”Lihatlah orang yang lebih rendah (kenikmatannya) dari kalian dan janganlah melihat kepada yang lebih banyak (kenikmatannya) dari kalian agar kalian tidak mencela nikmat yang Allah anugerahkan kepada kalian.”HR. Muslim no.2963 dan yang lainnya 

Terkait oang tua yang memiliki kecendrungan buruk, layak kiranya anda memperhatikan bahwa tidak sedikit orang yang juga ditekan oleh orang tuanya. Nabi Ibrahim alaihissalam dalam rangka menegakkan kebaikan pernah diancam oleh ayah beliau sendiri Azar yang mengingkari dan bahkan mengancam Nabi Ibrahim as dengan rajam dan pengusiran. Dalam surat Maryam ayat 46 disebutkan


قَالَ أَرَاغِبٌ أَنْتَ عَنْ آلِهَتِي يَا إِبْرَاهِيمُ لَئِنْ لَمْ تَنْتَهِ لأرْجُمَنَّكَ وَاهْجُرْنِي مَلِيًّا (٤٦)قَالَ سَلامٌ عَلَيْكَ سَأَسْتَغْفِرُ لَكَ رَبِّي إِنَّهُ كَانَ بِي حَفِيًّا


46. berkata bapaknya: "Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku, Hai Ibrahim? jika kamu tidak berhenti, Maka niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku buat waktu yang lama".

47. berkata Ibrahim: "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada Rabbku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku.

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di menafsirkan ayat yang menunjukkan respon Nabi Ibrohim terhadap sikap keras kepala ayahnya padahal sudah didakwahi:

Maka alkholil (Ibrahim.pen) menjawab dengan jawaban hamba Allah ketika berbicara dengan orang yang tidak mengetahui. Beliau tidak mencelanya dan tidak meresponnya dengan sesuatu yang tidak disukai, akan tetapi beliau bersabar. Beliau mengatakan:


سَلاَمٌ عَلَيْكَ


Anda akan selamat dari celaanku yang tidak Anda sukai.


سَأَسْتَغْفِرُ لَكَ رَبِّي إِنَّهُ كَانَ بِي حَفِيًّا


Aku tetap mendoakan Anda supaya mendapat hidayah untuk memeluk Islam dan supaya Anda mendapat maghfiroh sehingga Anda mendapat ampunan.
Taisir Al-Karim Ar-Rahman Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di hal.494

Oleh karena itu semua ambillah sisi positif dari apa yang menimpa anda sekarang dengan menjadikan cobaan ini sebagai sumber pahala dengan terus bersabar. Untuk menghindari perlakuan yang anda tidak ridhoi di masa mendatang maka kami sarankan anda dan suami mengontrak rumah yang terpisah dari orang tua sehingga anda bisa mengatur rumah tangga anda sendiri. 


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

 

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com