SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

masih mempunyai hutang puasa, apakah masih bisa untuk menggantinya


Akhwat (Yogyakarta )
2 weeks ago on Ibadah

Bismillah Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh Mohon izin bertanya ustadz, ana masih memiliki hutang puasa yang belum ana ganti. Mohon izin bertanya apakah masih bisa untuk menggantinya? Jazakumullahu khayran
Redaksi salamdakwah.com
2 weeks ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

 

Memang ada larangan berpuasa setelah seseorang memasuki paruh kedua bulan Sya'ban, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

 

إِذَا انْتَصَفَ شَعْبَانُ، فَلَا تَصُومُوا

 

 

Jika Sya’ban telah mencapai pertengahan maka jangan kalian berpuasa. HR. Abu Daud no.2337 dan An-Nasai no.2923. Disahihkan oleh Al-Albani.

 

Dalam hadits lain ada riwayat lain disebutkan larangan mendahului Ramadhan dengan berpuasa, sehari atau dua hari sebelumnya:

 

لَا تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَلَا يَوْمَيْنِ إِلَّا رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا، فَلْيَصُمْهُ

 

 

Janganlah mendahului Ramadhan dengan sehari atau dua hari berpuasa kecuali jika seseorang memiliki kebiasaan berpuasa, maka berpuasalah. HR. Bukhari no.1914 dan Muslim no.1082. Lafadz hadits di atas adalah lafadz Muslim.

 

Imam Nawawi menulis: Jika boleh berpuasa sunnah pada hari syak maka berpuasa wajib lebih utama untuk dibolehkan. Al-Majmu’ syarhul Muhadzdzab oleh imam Nawawi 6/400

 

Maksudnya jika orang yang sudah memiliki kebiasaan puasa sunnah dibolehkan untuk melaksanakan puasa pada satu atau dua hari sebelum datangnya Ramadhan maka puasa wajib tentu lebih diperbolehkan. Termasuk puasa yang wajib adalah puasa qadha’ (mengganti), apalagi jika jumlah puasa yang harus diqadha’ sesuai dengan sisa jumlah hari sebelum masuk Ramadhan, maka kewajiban puasa qadha’ yang sebelumnya muwassa’(ada kesempatan untuk menunda) jadi sempit. Apabila dianalogikan maka bila seseorang belum shalat dhuhur sedangkan waktu dhuhur yang tersisa tinggal sedikit serta hanya cukup untuk melaksanakan shalat dhuhur maka ketika itu ia harus melaksanakan shalat dhuhur supaya ia melaksanakan shalat Dhuhur sebelum masuk waktu shalat lainnya.

 

Intinya, mengqadha' puasa Ramadhan saat Sya'ban memasuki pertengahan adalah diperbolehkan. Seandainya seseorang tidak berudzur dan bisa bersegera melaksanakan puasa qadha' Ramadhan serta tidak mengakhirkannya sampai mendekati bulan Ramdhan selanjutnya niscaya itu lebih baik.

 

وبالله التوفيق

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com