SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Lotre Berhadiah?


Ikhwan (Malang)
8 months ago on Muammalah

Assalamualaikum ustad Saya saat ini bekerja membuat jualan lotre berhadiah, ada yg dengan hadiah uang dan ada yang hadiah mainan untuk anak anak harga 500 an. Contoh penjualan. 1. Setiap anak yg membeli yg kosong saya kasih permen 1 2. Setiap anak yg membeli yg kosong, bisa ditukar dengan jajan sesuai uang yg dia keluarkan. Bagaimana hukumnya, dan apakah halal dan diperbolehkan ? Terima kasih.
Redaksi salamdakwah.com
8 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Yang kami fahami dari ungkapan penanya adalah bahwasanya penanya menjual lotre seharga 500 rupiah dengan hadiah uang atau hadiah mainan (tolong dikoreksi bila kami salah memahami apa yang disampaikan oleh penanya)

Yang kami fahami juga adalah bila ada yang membeli lotre kemudian tidak dapat hadiah maka ia diberi permen atau lotre yang tidak menghasilkan hadiah tadi bisa ditukar dengan jajanan sesuai yang dia keluarkan.

Wallahu ta'ala a'lam. yang nampak dalam pemikiran kami ini adalah perjudian atau paling tidak ini minimal jual beli ghoror karena pembeli mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang dia tidak bisa menentukan sejak awal apa yang akan ia dapatkan dan akhirnya terjadi salah satu bentuk kedholiman yaitu memekan harta orang lain dengan cara yang batil. Allah ta'ala berfirman:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ}

Wahai orang-orang yang beriman janganlah kalian memakan harta kalian dengan cara yang batil

 

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang dari jual beli gharar (yang tidak jelas).

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com