SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Ibadah Diterima Setelah Meminum Khamr?


Ikhwan (Jakarta)
2 months ago on Ibadah

Assalamualaikum.. mau tanya ustad, seminggu yang lalu saya meminum minuman ber akohol, dan saya selalu shalat 5 waktu dan puasa senin kamis,apakah shalat saya dan puasa saya diterima/syah ustad? terima kasih
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Ibadah tersebut sah bila terpenuhi syarat dan rukunnya. Namun meski sah penanya telah menjerumuskan dirinya sendiri kedalam kerusakan diri di dunia dan akhirat bila tidak bertaubat segera. Di sisi lain shalat yang dilakukan oleh penanya tidaklah dilakukan dengan tepat  mengingat asalnya shalat akan mencegah orang yang mengamalkannya dari perbuatan keji dan mungkar.  Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya: Apa hukumnya orang yang pada malam harinya minum khamr, dan pagi harinya mengerjakan salat. Padahal, salat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Salatnya tersebut sah atau tidak?

Mereka menjawab: Jika seseorang salat dan memenuhi seluruh rukun, syarat, dan wajibnya, maka salatnya sah. Jadi, orang tersebut mendapatkan pahala atas salat yang dikerjakannya, dan mendapat dosa dari meminum khamr. Dan ia termasuk orang yang mencampur-adukkan amalan baik dengan amalan buruk. Allah Ta'ala berfirman Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.(7) dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu 'Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Abdullah bin Ghadyan (Anggota)
Abdurrazzaq `Afifi (Wakil Ketua Komite)
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (Ketua)
Pertanyaan Kedua dari Fatwa Nomor 11293

Wallahu ta'ala a'lam

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com