SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pelihara Jenggot atau Nikah


Ikhwan (Kalimantan selatan)
2 months ago on Fiqih

assalamu'alaekum warahmatullah, Ustadz, saya alhamdulillah sekarang Memelihara jenggot panjang sampai ke leher tengah, yg jadi masalah kerabat dekat saya orang tua, sodara, kakek, teman2 saya banyak yg menyuruh saya cukur saja jenggot kata mereka untuk penampilan apalagi kalau mau menemui perempuan yang mau dilamar. sekarang juga saya masih mencari2 calon istri tapi sudah beberapa kali belum jodoh, belum ada yg menerima saya, tak tau alasan yang mana yang mana, tapi org tua saya kakak saya kakek saya menyindir jenggot saya ini, yang saya sendiri sudah ngaji tentang masalah jenggot ini walaupun masih ikhtilaf ulama tentang wajib sunnah mubah nya Memelihara memanjangkan nya, tapi saya tetap teguh memegang ini untuk Memelihara jenggot saya... mohon bantu solusi nya ustadz tentang masalah saya ini. syukran katsiran ya Ustadz.
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

 

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Ada perbedaan pendapat terkait hukum mencukur jenggot. Pendapat yang kuat adalah haram hukumnya mencukur jenggot. Diantara hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang menunjukkan hal itu adalah:


خَالِفُوا المُشْرِكِينَ: وَفِّرُوا اللِّحَى، وَأَحْفُوا الشَّوَارِبَ ".أخرجه البخاري رقم 5892 ومسلم رقم 259.واللفظ للبخاري


Selisilah orang-orang musyrik. Biarkanlah jenggot dan pendekkanlah kumis. HR. Bukhari no. 5892 dan Muslim no.259 .Lafadz hadits ini adalah lafadz Bukhari

Dengan demikian, berbahagialah Anda karena bisa melaksanakan hadits di atas, sebab, masih banyak kaum muslimin yang belum bisa dan belum mau mendulang pahala dari amalan ini. Bahkan mereka berusaha menghalangi orang yang mendapat hidayah dari Allah ta'ala dari pelaksanaan sunnah ini.

Mengingat ini adalah amalan yang disyariatkan dalam Islam maka perintah makhluq yang menghalangi pelaksanaan sunnah ini adalah perintah dalam berbuat maksiat kepada Allah ta'ala, dan perintah semacam ini tidaklah boleh diikuti. Rasulullah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


إِنَّمَا الطَّاعَةُ فيِ المَعْرُوفُ


Sesungguhnya ketaatan hanya pada perkara yang baik. HR. Bukhari. No 7145 dan Muslim no.1840

Bila memang benar bahwa sumber penolakan wanita kepada anda dikarenakan jenggot yang anda pelihara maka ketahuilah bahwa ada juga para wanita dan orang tua wanita yang mau mencari suami yang berjenggot dan bermanhaj ahlussunnah wal jamaah. Oleh karena itu anda perlu terus berusaha, dan insya Allah anda akan mendapatkan wanita yang mau menerima kondisi anda yang ingin memperbaiki diri. Allah ta'ala berfirman [Ath-Thalaaq: 2-3]


وَمَنْ يَتَّقِ الله يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا﴿٢﴾وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ﴿3


"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya" 

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com