SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Dua Butir Nasi Sisa Boleh Dibuang?


Ikhwan (Jakarta)
2 weeks ago on Fiqih

Assalaamu’alaikum saya ingin bertanya,sebelumnya saya pernah membaca bahwa dilarang membuang makanan.lalu apa yang dinaksud makanan disini apakah termasuk sisa sisa nasi yg hanya 2 butir yang tentu agak sulit untuk memakannya semua
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago

 

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Kami nasehatkan kepada penanya untuk tidak menyisakan makanan meskipun cuma dua butir nasi sebab bisa jadi keberkahan berada pada nasi tersisa yang ditinggalkannya.

Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan dari Anas –Radhiyallahu Anhu– ia berkata, Kami diperintahkan (oleh Nabi –Shallallahu alaihi wa Sallam–) agar tidak menyisakan makanan kami. (HR. Muslim no.2034)

Pada hadits lain yang diriwayatkan dari Abu Hurairah disebutkan, “Hendaknya kalian tidak menyisakan makanan kalian.” (HR. Muslim no.2035)

Syeikh Ibnu Utsaimin –Rahimahullah– mengatakan, “Maksudnya adalah membersihkan piring yang digunakan untuk makan dengan jari jemari lalu menjilati jemarinya. Hal ini juga termasuk sunnah yang sering disepelekan oleh banyak orang, bahkan sayangnya juga terlupakan oleh sebagian penuntut ilmu.” (lihat. Syarhu Riyadh Ash-Shalihin 1/892)

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com