SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Wudhu Sebelum Masuk Waktu Dibolehkan


Ikhwan (Jakarta)
1 year ago on Fiqih

Assalaamu’alaiku saya ingin bertanya saya membaca di suatu artikel klo syarat wudhu ialah memasuki waktu lalu apakah juka berwudhu di luar waktu sholat membuat sholat yang nanti kerjakan tidak sah?
Redaksi salamdakwah.com
1 year ago

 

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu

 

Wallahu ta'ala a'lam. Mungkin yang dibaca oleh penanya adalah itu bagi orang berada dalam kondisi tertentu seperti wanita yang istihadhoh. Siapa yang terkena cairan semacam ini secara terus menerus, maka dia shalat sesuai dengan kondisinya. Akan tetapi dia harus berwudu untuk setiap shalat setelah masuk waktunya. Menurut jumhur ahli ilmu. Berdasarkan hadits Aisyah radhiallahu anha berkata:

 

جَاءَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ أَبِي حُبَيْشٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي امْرَأَةٌ أُسْتَحَاضُ فَلَا أَطْهُرُ أَفَأَدَعُ الصَّلَاةَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( لَا إِنَّمَا ذَلِكِ عِرْقٌ وَلَيْسَ بِحَيْضٍ فَإِذَا أَقْبَلَتْ حَيْضَتُكِ فَدَعِي الصَّلَاةَ وَإِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْسِلِي عَنْكِ الدَّمَ ثُمَّ صَلِّي ) وفي لفظ : ( ثُمَّ تَوَضَّئِي لِكُلِّ صَلَاةٍ حَتَّى يَجِيءَ ذَلِكَ الْوَقْتُ ) رواه البخاري (228

 

“Fatimah binti Jahsy mendatangi Nabi sallallahu alaihi wa sallam dan bertanya, “Wahai Rasulullah !! sesungguhnya saya wanita yang terkena istihadoh tidak suci, apakah saya tinggalkan shalat? Maka Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam menjawab, “Tidak, sesungguhnya ia adalah penyakit, bukan haid. ketika datang (waktu) haid anda, tinggalkan shalat. Ketika selesai, maka cucilah darah anda kemudian shalatlah. Dalam redaksi lain, “Kemudian berwudulah untuk setiap shalat sampai datang waktu itu.” HR. Bukhori, (228).

 

Al-Ainy rahimahullah mengatakan, “Ungkapan وتوضئي لكل صلاة( dan berwudulah untuk setiap shalat). Maksudnya setiap waktu shalat. Huruf lam untuk penentuan waktu. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:

 

أقم الصلاة لدلوك الشمس

 

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir.” QS. Al-Isra’: 78. Selesai dari ‘Syarkh Sunan Abi Dawud, (2/86).

 

Namun secara umum seseorang bisa berwudhu sebelum masuk waktu kemudian ketika masuk waktu dan ia tidak batal wudhunya maka tidak perlu mengulang wudhunya. 

Syaikh Ibnu Baz pernah ditanya:

 

ما حكم الوضوء للصلاة قبل دخول الوقت؟

 

ِApa hukum berwudhu untuk shalat sebelum masuk waktunya shalat.

Beliau menjawab:

لا بأس بذلك إذا توضأ قبل دخول الوقت لا بأس بذلك، فإذا استمرت الطهارة حتى جاءت الصلاة فالحمد لله، النبي ﷺ في بعض الأيام صلى عدة صلوات بوضوء واحد يوم الفتح صلى صلوات كثيرة بوضوء واحد عليه الصلاة والسلام، 

 

Itu tidak ada apa-apa, jika dia berwudhu sebelum masuk waktu shalat maka itu tidak masalah, jika thaharah (kesuciannya) nya  terus terjaga hingga tiba waktu shalat maka alhamdulillah, Nabi ﷺ dalam beberapa hari beliau melaksanakan shalat beberapa kali dengan satu wudhu. itu di hari penaklukan. Beliau melaksanakan banyak shalat dengan satu wudhu, 

https://binbaz.org.sa/fatwas/29181/ما-حكم-الوضوء-للصلاة-قبل-دخول-الوقت

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com