SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ucapan Salam dalam acara yang dihadiri bukan hanya orang Muslim


Ikhwan (Kutai Timur- Kalimantan Timur)
8 years ago

Assalamu`alaikum Ustadz, Ana ingin bertanya, Bagaimanakah sebaiknya kita apabila menjadi pembicara dalam suatu acara yang dihadiri oleh orang-orang yang bercampur didalamnya yang MUslim dan yang Kafir, Apakah kita diperbolehkan membuka dengan ucapan salam "Assalamu`laikum". dan ini terjadi ditempat ana bekerja yang setiap minggunya diadakan acara safety meeting, yang diisi secara bergantian.
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Boleh mengucapkan salam kepada satu majlis yang terdiri dari orang dengan berbagai macam agama dengan meniatkan salam untuk orang muslim saja. Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dalam shahihnya:
حَتَّى مَرَّ فِي مَجْلِسٍ فِيهِ أَخْلاَطٌ مِنَ المُسْلِمِينَ وَالمُشْرِكِينَ عَبَدَةِ الأَوْثَانِ وَاليَهُودِ...... فَسَلَّمَ عَلَيْهِمُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. أخرجه البخاري رقم 6254
Sampai Nabi shallallahu alaihi wa sallam melewati sekumpulan orang yang bercampur di dalamnya orang Muslim dan Musyrik (penyembah berhala dan Yahudi)……maka Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengucapkan salam kepada mereka.

Lih. Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab oleh imam Nawawi 4/607
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com