SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Makmum Masbuk Ikut Salam Imam Karena Lupa


Ikhwan (Cirebon)
2 months ago on Ibadah

Assalamu’alaikum, Apabila kita menjadi makmum masbuk, tapi ketika imam menyelesaikan salat dengan salam kita ikut salam bersama imam karena kita lupa,lalu saya langsung berdiri lagi membayar kekurangan rakaat saya, tapi saya tidak sujud sahwi karena tadinya saya tidak tahu,Apakah kita harus mengulangi salat?
Redaksi salamdakwah.com
2 months ago

Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu

Syaikh Ibnu Baz menerangkan

إذا كان فاتك ركعة إذا سلم إمامك تقوم تأتي بالركعة لا تسلم معه وإذا سلمت معه ناسيًا فلا حرج تقوم وتكمل صلاتك ثم تسجد للسهو بعد السلام أفضل، تسجد السهو بعدما تسلم تسجد سجدتين للسهو؛ لأن سلامك مع إمامك سهوًا لا يضر،

Jika anda ketinggalan satu rakaat kemudian imam melakukan salam maka anda berdiri untuk menyempurnakan shalat dengen satu rakaat tambahan dan hangman anda salam bersama imam. Apabila anda salam bersama imam dikarenakan lupa maka tidak apa-apa, anda tingat berdiri kembali, menyempurnakan shalat kemudian melaksanakan sujud sahwi setelah salam (ini lebin afdhal), anda melaksanakan sujud sahwi setelah salam (dalam bentik dua kali sujud), mengingat salam anda bersama imam tidak bermasala  

https://binbaz.org.sa/fatwas/10075/حكم-سلام-المسبوق-مع-الامام-نسيانا

Apabila anda lupa melaksanakan sujud sahwi dan telah berlalu beberapa saat antara masa lupa dan masa ingat. Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa arab Saudi pernah ditanya: Saya pernah ragu jumlah rakaat dalam salat dan lalai membaca doa "subhana rabbiyal 'azhim", dan saya juga lupa melakukan sujud sahwi. Apakah salat saya batal?

Jawaban: Apabila Anda ragu jumlah rakaat dalam salat, maka hendaklah Anda berpegang pada rakaat yang Anda yakini, kemudian melakukan sujud sahwi. Namun jika Anda lupa melakukan sujud sahwi dan sudah berlalu jeda beberapa waktu setelah salam, maka Anda tidak wajib melakukan sujud sahwi. Adapun membaca doa "subhana rabbiyal 'azhim" ketika ruku hukumnya wajib. Jika lupa membacanya, Anda wajib melakukan sujud sahwi dan salat Anda tetap sah.

wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa

Bakar Abu Zaid 

Abdul Aziz Alu asy-Syaikh 

Shalih al-Fawzan

Abdullah bin Ghadyan

Abdurrazzaq Afifi

Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

 

 

 

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com