SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Dosa Zina


Akhwat (pontianak)
2 weeks ago on Aqidah

assalamualaikum.. ustad apakah benar jika seorang wanita berpacaran dan melakukan zina dengan laki-laki yang bukan makhromnya , dosa wanita tersebut dipertanggung jawabkan oleh orang tuanya ? mengapa demikian.
Redaksi salamdakwah.com
1 week ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Orang tuanya bisa ikut bertanggung jawab bila orang tua itu lalai dalam pendidikan dan penjagaan anak-anaknya yang mereka itu merupakan amanah Allah ta'ala di pundak mereka.  Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :

(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ)

“ Wahai orang-orang yang beriman lindungilah jiwa-jiwa kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah para manusia dan bebatuan, yang di atasnya dijaga oleh para malaikat yang sangat kasar lagi kuat yang mereka sama sekali tidak akan bermaksiat kepada Allah dan mereka akan senantiasa melakukan apa yang diperintahkan ”. At Tahrim ayat 6.

Dalam suatu hadits disebutkan:


وقال النبي صلى الله عليه وسلم : (كُلُّكُمْ رَاعٍ ، وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَن رَعِيَّتِهِ ، وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا وَمَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا ..

Dan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : setiap orang dari kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian akan bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin atau atas rakyatnya, dan seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia bertanggung jawab atas kepemimpinannya, dan seorang Istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan dia bertanggung jawab akan kepemimpinannya.... Hadits Riwayat Al Buhkari ( 893 ) dan Muslim ( 1829 ).

وقال النبي صلى الله عليه وسلم : (مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْتَرْعِيهِ اللَّهُ رَعِيَّةً يَمُوتُ يَوْمَ يَمُوتُ وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ إِلَّا حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ

Dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : Tidaklah seorang hamba yang Allah mengembankan amanah kepadanya untuk menjadi pemimpin atas rakyatnya, lalu dia meninggal dunia pada hari kematiannya sedang saat itu dia sedang berbuat culas atau menipu rakyatnya, melainkan Allah akan mengharamkannya dari surga Hadits Riwayat Muslim (142)

Wallahu ta'ala a'lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2018 - Www.SalamDakwah.Com