SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sholat Sunnah Qabliyah di Rumah?


Ikhwan (Jawa Timur)
5 months ago on Ibadah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ ustadz mau bertanya, Jarak rumah ana dengan masjid sangat dekat, yang ingin saya tanyakan, lebih baik sholat sunnah qobliyah dirumah atau langsung bersegera kemasjid ketika adzan berkumandang dan sholat qobilyah di masjid ?
Redaksi salamdakwah.com
4 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bagusnya shalat sunnah rawatib, termasuk shalat sunnah Qabliah dilaksanakan di rumah. Namun, jika Anda khawatir tertinggal salat berjemaah bila Anda melakukan salat sunah Qabliyah di rumah karena jarak waktu antara azan dan ikamah yang pendek, maka Anda boleh melakukan salat Qabliyah tersebut di mesjid. Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya: Apakah salat sunah Qabliyyah, seperti salat suna Fajar, boleh dilakukan di rumah? Jika saya tengah melakukannya lalu saya mendengar ikamah dikumandangkan, maka apakah saya mesti berhenti atau tetap melanjutkannya?

Mereka menjawab: Salat-salat sunah Rawatib itu lebih bagus dikerjakan di rumah karena berdasarkan kepada sebuah hadis dalam kitab Shahih Muslim yang cukup panjang. Dalam hadis tersebut ada sabda Nabi Shallaullahu 'Alaihi wa Sallam: "

«فعليكم بالصلاة في بيوتكم فإن خير صلاة المرء في بيته إلا المكتوبة»

Hendaklah kalian salat di rumah-rumah kalian karena sebaik-baik salat seseorang adalah yang dilakukan di rumahnya kecuali salat fardu (wajib)

Namun, jika Anda khawatir tertinggal salat berjemaah bila Anda melakukan salat sunah Qabliyah di rumah karena jarak waktu antara azan dan ikamah yang pendek, maka Anda boleh melakukan salat Qabliyah tersebut di mesjid. Apabila Anda sedang melakukan salat sunah Rawatib lalu ikamah dikumandangkan, maka Anda harus menghentikan salat sunah tersebut dan mengulanginya sesudah mengerjakan salat fardu atau setelah matahari naik bagi salat sunah Fajar. Hal ini berdasarkan kepada hadis sahih dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam:

«إذا أقيمت الصلاة فلا صلاة إلا المكتوبة»

Apabila iqamah sudah dikumandangkan, tidak ada lagi salat kecuali salat wajib. Hadis riwayat Imam Ahmad dalam (Musnad)nya dan Imam Muslim dalam (Shahih)nya. Hadis ini juga diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Dawud, dan Nasa'i.

Namun, jika ikamah tersebut baru dikumandangkan setelah rukuk kedua salat sunah tersebut, maka Anda harus menyelesaikan salat sunah tersebut secara cepat, bukan menghentikannya.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.
Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa
Bakar bin Abdullah Abu Zaid (Anggota)
Abdul Aziz bin Abdillah Alu asy-Syaikh (Wakil Ketua)
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (Ketua)
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 6/123-124 Pertanyaan pertama dari fatwa nomor 20196

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com