SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Saya Sudah Termasuk Orang Yang Wajib Berzakat


Ikhwan (Jakarta)
4 weeks ago on Fiqih

Assalaamu’alaikum saya ingin bertanya saya seorang remaja yang belum berpenghasilan dan harta yang saya miliki saat ini ialah pemberian orang tua.Apakah saya wajib berzakat?
Redaksi salamdakwah.com
4 weeks ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Apabila penanya tidak memiliki harta lain selain dari yang diberi oleh orang tua maka hukum asalnya uang penanya tidak terkena zakat hingga penanya memiliki simpanan uang melebihi nishab dan telah berlalu satu tahun hijriah dalam kepemilikan harta tersebut (tidak kurang dari nishab selama setahun hijriah). Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


فَإِذَا كَانَتْ لَكَ مِائَتَا دِرْهَمٍ، وَحَالَ عَلَيْهَا الْحَوْلُ، فَفِيهَا خَمْسَةُ دَرَاهِمَ، وَلَيْسَ عَلَيْكَ شَيْءٌ - يَعْنِي - فِي الذَّهَبِ حَتَّى يَكُونَ لَكَ عِشْرُونَ دِينَارًا، فَإِذَا كَانَ لَكَ عِشْرُونَ دِينَارًا، وَحَالَ عَلَيْهَا الْحَوْلُ، فَفِيهَا نِصْفُ دِينَارٍ، فَمَا زَادَ، فَبِحِسَابِ ذَلِكَ.


Apabila engkau memiliki dua ratus dirham, dan telah mencapai haul maka padanya terdapat zakat lima dirham, dan engkau tidak berkewajiban apapun yaitu pada emas hingga engkau memiliki dua puluh dinar. Maka apabila engkau memiliki uang dua puluh dinar dan telah mencapai haul maka padanya zakat setengah dinar, kemudian selebihnya sesuai dengan perhitungan tersebut. HR. Abu Daud no.1573. Dishahihkan oleh al-Albani

20 dinar emas diperkirakan sama dengan 85 gram emas murni 24 karat. Lih. Majmu' Fatawa Wa Rasail al-Utsaimin 6/97
Sedangkan Nishab perak menurut Beliau sekitar 595 gram. lih. Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 18/141

Maksudnya bila uang yang penanya simpan selama setahun tidak kurang dari nilai emas murni seberat 85 gram atau tidak kurang dari 595 gram nilai perak maka penanya sudah wajib mengeluarkan zakat harta.


Jika ada perbedaan harga emas ketika pembelian dan ketika berlalu satu tahun maka yang dianggap adalah harga terakhir. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya:
Bagaimana saya mengeluarkan zakat perhiasan? Karena setahun yang lalu saya membeli emas dengan harga 3.000, tetapi sekarang ini harganya telah berlipat ganda. Apakah saya mengeluarkan zakatnya menurut harga pembelian ataukah menurut harga emas saat ini?

Mereka menjawab:
Anda wajib mengeluarkan zakat perhiasan emas Anda menurut harganya ketika melewati haul (setahun hijriah.pent) dan diwajibkan untuk menzakatinya, bukan menurut harganya pada waktu pembelian. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 9/266 no.3020

apabila ada pertanyaan apakah emas atau perak yang dijadikan acuan, ada perbedaan pendapat di kalangan Ulama dalam masalah ini. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi berpendapat," ketika mata uang yang ada telah mencapai nishab kedua acuan (emas dan perak) maka itu dihitung berdasarkan acuan yang hasilnya lebih menguntungkan orang fakir sebab itu lebih bermanfaat untuk mereka. Bila uang yang ada jumlahnya mencapai nishab salah satu acuan maka uang itu diikutkan acuan yang telah tercapai. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 9/254 pertanyaan kedua dari fatwa no.1881

Apabila uang penanya tidak pernah mencapai nishab atau pernah memiliki simpanan mencapai nishab namun simpanan itu tidak bertahan selama setahun hijriah maka zakat belum diwajibkan, namun penanya tetap bisa memperbanyak sedekah yang sifatnya sunnah, dan ini juga ada pahalanya

Wallahu ta'ala a'lam

 

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com