SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bagaimana Mengatasi Kesedihan Yang Terus Menerus


Akhwat (Jakarta Selatan)
9 months ago on Keluarga

Assalamualaikum Ustadz, izin bertanya saya memiliki perasaan yg sungguh sedih dan gelisah sudah hampir setahun lebih ini perkara hati. Saya sudah doa kepada Allah agar dilapangkan hatinya mengikhlaskan apa yg bukan menjadi hak agar dimudahkan untuk diikhaskan (bahkan baru ini sudah sama-sama block kontaknya sehingga tidak ada jalur komunikasi, kita tidak pacaran Ustadz) namun mengapa perasaan masih saja gelisah ustadz, sehingga jika ada pria yg mendekat saya rasanya tidak ada rasa lagi. Sekiranya doa atau dzikir yg bisa menambah keihklasan apa ya Ustadz? Mohon doanya Ustadz agar saya dapat jalan terbaik segera hehe. Jazakallah khyr.
Redaksi salamdakwah.com
8 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Semoga Allah ta'ala memberikan ganti yang lebih baik, hendaknya penanya mengamalkan hadits berikut:


مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ، فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللهُ: {إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} ، اللهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا، إِلَّا أَخْلَفَ اللهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا 


Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah seorang mukmin tertimpa musibah lalu ia membaca apa yang telah diperintahkan oleh Allah, 'INAA LILLAHI WAINNAA ILAIHI RAAJI'UUN ALLAHUMMA`JURNII FII MUSHIIBATI WA AKHLIF LII KHAIRAN MINHAA (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Ya Allah, berilah kami pahala karena mushibah ini dan tukarlah bagiku dengan yang lebih baik daripadanya).' melainkan Allah menukar baginya dengan yang lebih baik." HR. Muslim no.918

Semoga saja Allah ta'ala memberikan kelapangan dada dan semoga Allah ta'ala menghilangkan kesedihan dan kegalauan penanya. Banyaklah berdzikir kepada Allah ta'ala karena hati akan menjadi tenang dengan berdzikir. Dalam surat ar-Ra'd ayat 28 Allah berfirman,"

ألَا بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ القُلُوْب

"Ingat bahwa dengan mengingat Allah hati menjadi tenang"

Silahkan berdoa dengan doa yang diajarkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam supaya Allah menghilangkan kesedihan mendalam. Diantara doa tersebut adalah:
Do'a yang pertama diriwayatkan oleh imam Ahmad dalam musnadnya (4318) :

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي

“Wahai Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu yang laki-laki dan perempuan, ubun-ubunku dalam genggaman tangan-Mu, telah tetap hukum-Mu terhadapku, sungguh adil ketentuan (takdir)-Mu atasku. Aku memohon kepada-Mu dengan (wasilah) Nama-Nama-Mu, yang Engkau namakan diri-Mu dengannya, atau yang telah Engkau ajarkan kepada salah seorang hamba-Mu, atau yang telah Engkau turunkan dalam Kitab-Mu, atau yang Engkau rahasiakan di dalam ilmu ghaib di sisi-Mu; agar sudi kiranya Engkau jadikan al-Qur-an sebagai “hujan musim semi” dalam hatiku, cahaya di dadaku, penghilang kesedihanku dan kesusahanku.”

Do'a yang kedua diriwayatkan oleh imam Bukhari di kitab shahih beliau no.2893:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالبُخْلِ وَالجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari (bahaya) rasa gundah gulana dan kesedihan, (rasa) lemah dan malas, (rasa) bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penguasaan orang lain.”

Di sisi lain kami sarankan kepada penanya untuk menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif sehingga itu akan mengalihkan pikiran dari mengingat hal-hal yang menyedihkan. Jangan lupa untuk terus menuntut ilmu agama yang itu merupakan salah satu kunci kebahagiaan dunia dan akhirat.

Wallahu ta'ala a'lam

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com