SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Menceritakan Masa Lalu Ke Orang Tua


Ikhwan (purwokerto)
1 year ago on Keluarga

Assalamualaikum ustadz, bolehkah saya menceritakan dosa masa lalu saya yakni saya pernah terpapar video porno kepada orang tua saya? tetapi saya sudah taubat. saya ingin menceritakannya supaya mereka memberi arahan untuk saya. apakah ini sama halnya dengan konsultasi kepada ustadz, ulama dll? karena tujuan saya menceritakan kepada orang tua adalah untuk diberi arahan dan bimbingan. Apakah hal ini menjadikan dosa saya susah untuk diampuni karena saya menceritakannya? mohon penjelasannya, terimakasih wassalamualaikum.
Redaksi salamdakwah.com
1 year ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Kalau memang penanya sudah sadar bahwa itu dosa dan sudah melakukan taubat nasuha maka tidak perlu menceritakan itu ke orang tua mengingat keumuman larangan menceritakan dosa di masa lalu baik itu dengan ucpan atau gerakan. Dalam Salah satu hadits disebutkan:


قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " كُلُّ أُمَّتِي مُعَافًى إِلَّا المُجَاهِرِينَ، وَإِنَّ مِنَ المُجَاهَرَةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِاللَّيْلِ عَمَلًا، ثُمَّ يُصْبِحَ وَقَدْ سَتَرَهُ اللَّهُ عَلَيْهِ، فَيَقُولَ: يَا فُلاَنُ، عَمِلْتُ البَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا، وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ، وَيُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللَّهِ عَنْهُ "


Abu Hurairah berkata: Aku mendengar Raslullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Setiap ummatku akan diampuni, kecuali orang-orang yang berterus-terang dengan kemaksiatannya. Diantara sikap berterus-terang dengan kemaksiatan ialah bila seseorang melakukan kemaksiatan pada malam hari, lalu Allah telah menutupi perbuatannya, akan tetapi ia malah berkata pada pagi hari: Wahai fulan, sungguh tadi malam aku telah berbuat demikian dan demikian. Padahal Rabb-Nya telah menutupi perbuatannya, namun ia malah menyingkap tabir Allah (untuk menutupi dosa) dari dirinya." HR. Bukhari no.6069 Dan. Muslim no.2990 Dan yang lainnya

Di sisi lain tidak ada dalil khusus yang mengharuskan seseorang untuk melakukan pengakuan dosa di hadapan orang tuanya. Syariat Islam juga tidak mewajibkan seseorang menceritakan dosanya di masa lalu supaya ia mendapatkan arahan. 

Wallahu ta'ala a'lam

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com