SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Fee Prosentase Untuk Marketing


Ikhwan (jakarta)
4 months ago on Mu'ammalah

Assalaamu'alaikum warohmatullaahi wabarokatuh ana mau nanya , bagaimana hukum menjadi seorang marketer ? kita memasarkan produk orang tanpa memiliki produk yang di pasarkan , dan jika kita berhasil menjualkan produk tsb kita dapat fee(upah) 10% dari si pemilik produk .. syukron
Redaksi salamdakwah.com
4 months ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Itu dibolehkan bila memang biaya marketer/makelar di sini dibebankan kepada penjual. Bila harga dinaikkan demi bonus marketer maka itu boleh selama nilai kenaikan ini tidak ekstrim (kenaikan ekstrim yang menjadikannya keluar haga pasar dan masuk ke kedholiman ghubn kepada pembeli). Ulama' yang duduk di Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya,"Banyak perdebatan terkait ukuran upah makelar, ada informasi 2,5 persen dan ada yang 5 persen, berapa upah yang syar'i? Ataukah itu sesuai dengan kesepakatan antara makelar dan penjua? 


Mereka menjawab,"Apabila ada kesepakatan antara makelar, penjual dan pembeli bahwasanya upah makelar dibebankan kepada pembeli, penjual atau kedua-duanya dengan nilai yang maklum maka ini dibolehkan. Tidak ada pembatasan nilai tertentu untuk upahnya. Apa yang disepakati dan diridhoi dari orang yang membayar upah maka itu diperbolehkan. Namun selayaknya itu masih dalam batas kewajaran (sesuai adat masyarakat), yang mana upah itu bisa bermanfaat untuk makelar sebagai timbal balik jasanya sebagai perantara dan untuk usaha dia dalam penyelesaian akad jual beli antara penjual dan pembeli.

Disyaratkan juga tidak boleh ada mudhorot atas penjual atau pembeli dengan penambahan di luar batas kebiasaan. 

Fatwa ini ditandatangani oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz selaku ketua 
Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh selaku wakil ketua
Syaikh Sholeh al-Fauzan selaku anggota
Syaikh Bakr Abu Zaid selaku anggota
Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 13/129-130; Pertanyaan 8 dan sembilan dari fatwa no.19637 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com