SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Asuransi Kendaraan


Ikhwan (Tangerang Selatan)
1 week ago on Mu'ammalah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh,Afwan ana mo tanya bagaimana hukumnya klo kita daftar program asuransi untuk kendaraan.sementara itu termasuk paket kendaraan yg mempermudah pelayanan di dealer nya.Jazakallahu Khairan
Redaksi salamdakwah.com
4 days ago

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

 

Apabila memungkinkan bagi seseorang untuk memisahkan antara harga kendaraan (yang dibayar untuk memiliki kendaraan) dan premi asuransi maka tidak boleh untuk membayar asuransi.

Syaikh Abdullah bin Jibrin -rahimahullah- pernah ditanya: Apakah hukumnya asuransi perdagangan (bisnis), terutama asuransi terhadap mobil? 

Beliau menjawab: Hukum asuransi perdagangan adalah tidak bolehsecara syara', dalilnya adalah firman Allah subhanahu wata’ala:

ولا تأكلوا أموالكم بينكم بالباطل

﴾Dan njanganlah sebahagian kalian memakan harta sebahagian yang lain di antara kalian dengan jalan yang batil (QS. al-Baqarah:188)

Di mana perusahaan tersebut memakan harta orang-orang beriman dengan cara yang tidak benar. Sungguh salah seorang dari mereka membayar sejumlah uang setiap bulan dan jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu dan tidak membutuhkan perbaikan sepanjang tahun dan hartanya tidak dikembalikan kepadanya.Sebaliknya, sebagian mereka membayar sedikit uang, lalu terjadilah kecelakaan yang membebani perusahaan asuransi berlipat ganda dari yang telah dibayarnya, maka ia memakan harta perusahaan dengan cara yang tidak benar. 

Juga, kebanyakan orang-orang yang membayar asuransi kepada perusahaan bertindak sembrono (tidak berhati-hati), melakukan tindakan berbahaya dan rawan terhadap kecelakaan serta menyetir dengan kecepatan tinggi seraya berkata: sesungguhnya perusahaan cukup kuat dan ia bisa membayar kerugian akibat kecelakaan. Dan dalam hal itu membahayakan warga lain dengan banyaknya terjadi kecelakaan dan kematian. Wallahu A'lam. Syaikh Abdullah bin Jibrin –al-Lu`luul Maknun hal. 190-191

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com