SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Perniagaan dan riba


Ikhwan (Jakarta)
7 years ago

Assalamualaikum, mau bertanya:
1. Dalam peminjaman uang, pd saat si peminjam melunasinya (tanpa bunga). Namun memberikan hadiah dalam bentuk uang dan barang. Pd saat perjanjian tidak ada klausul ini. Bagaimana hukumnya?.
2. Bagaimana hukum kartu kredit di bank konvensional saat ini? Dengan iuran per tahun kemudian kena bunga bila terlambat melunasinya?
3. Jika di kantor saya mengharuskan karyawan memiliki coorporate card di bank konvensional untuk perjalanan dinas, pembayaran hotel, dsb bagaimana hukumnya?
4. Saya mempunyai tabungan di bank muamalat, asuransi pendidikan di takaful ( anak perusahaan muamalat) dan tabungan jk panjang di bank syariah mandiri. Niat saya untuk keamanan harta saya dan persiapan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang. Dijelaskan oleh bank syariah tsb, mereka tidak riba? Mohon pendapatnya.
5. Investasi dalam mata uang asing (usd) apakah diperkenankan? Kita beli usd dengan rupiah menggunakan kurs transaksi. Kita terima uang usd dan menyimpannya, pada saat kurs menguntungkan kita jual uang usd kita. Shg kita mendapatkan tambahan uang rupiah kita.
Mohon penjelasannya, terima kasih.
Wassalamualaikum
Redaksi SalamDakwah
7 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

1. tidak apa-apa jika tidak ada dalam perjanjian sebelumnya atau itu bukan suatu adat yang tidak tertulis tapi diwajibkan, dan ini juga bukan inisiatif dari orang yang memberi hutang.
bahkan ini dianjurkan kepada orang yang hutang, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
«إِنَّ خِيَارَكُمْ أَحْسَنُكُمْ قَضَاءً»أخرجه البخاري رقم 2305
Sesungguhnya sebaik-baik kalian adalah orang yang paling bagus saat membayar tanggungan

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com