SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bekerja di Media Seperti Koran


Ikhwan (Palu)
8 months ago on Mu'ammalah

Bagaimna hukum koran dalam islam? Bagaimna dengan penghasilan pekerja yg dipercetakan koran ?
Redaksi salamdakwah.com
8 months ago

 

Koran merupakan salah satu media penyebaran informasi yang hukumnya tidak bisa dimutlakkan, maksudnya mutlak halal atau mutlak haram atau yang lain mengingat ada beberapa variabel yang mempengaruhinya. Contohnya apabila koran itu isinya baik, tidak melanggar syariat, pemberitaannya berimbang, tidak memberikan kabar bohong dan seterusnya dari variabel-variabel yang tidak ada pelanggaran syariat di situ maka koran ini boleh diterbitkan. Bahkan dalam bentuk tertentu bisa jadi wajib bila koran itu menempati posisi yang memang harus ada dalam umat sedangkan tidak ada media lain yang menempati posisinya. Bila profil koran itu demikian maka bekerja di sana tidak apa-apa dan bahkan bisa berpahala 

Sebaliknya bila isi dari koran itu menyelisihi syariat seperti menampilkan hal-hal yang vulgar, memuat berita bohong, atau memuat berita yang tidak berimbang dengan tujuan mempengaruhi opini publik maka koran semacam ini haram disebarkan dan bekerja di situ hukumnya haram.

Sheikh Abdul Aziz bin Baz - rahimahullahu ta'ala - berkata:

Tidak boleh menerbitkan majalah yang berisi penyebaran gambar para wanita, atau mempromosikan perzinaan serta perbuatan keji, atau homoseksual, mengkonsumsi sesuatu yang memabukkan atau sejenisnya yang itu merupakan bentuk mengajak dan membantu orang ke kebatilan. Tidak boleh bekerja di majalah speerti ini baik itu dalam bentuk menulis di dalamnya atau membuatnya laku, mengingat itu termasuk membantu dalam berbuat dosa dan permusuhan, Itu juga menyebarkan kerusakan di bumi, mendakwahkan perusakan masyarakat, menyebarkan perbuatan hina. Allah ta'ala berfirman dalam surat al-Maidah ayat 2:


وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan janganlah kalian tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kalian kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya. (Fatawa Islamiah 4/384)
 
Apabila seseorang bekerja di koran yang ada pelanggaran syariat di situ namun keberadaan dia di media itu:
- bisa mengubah atau mengurangi kadar kejahatan ini
- bisa mempromosikan kebajikan
- bisa membuka jalan bagi orang-orang berintegritas untuk menulis dan membela Islam
- bisa memberikan manfaat lainnya maka
kami berharap bahwa ketika ia tinggal di media itu maka itu merupakan kebaikan

Tetapi jika seseorang tidak dapat melakukan itu dan koran itu penuh dengan kejahatan, maka orang itu tidak punya pilihan selain meninggalkannya, dan Allah Yang Mahakuasa akan memberikan kompensasi kepada dia dengan yang terbaik.
 
Wallahu ta'ala a'lam
 
 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com