SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

mengambil ilmu dari orang non muslim


Akhwat (yogyakarta)
1 year ago on Aqidah

apakah ada ilmu yang dilarang diambil oleh orang kafir? apakah boleh saya membaca buku dan mengambil ilmu tentang liberalisme?
Redaksi salamdakwah.com
1 year ago

 

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Apabila maksud penanya adalah ilmu duniawi secara umum, seperti matematika, kimia, fisika, ilmu perang dan sejenisnya maka ilmu ini boleh diambil dari muslim ataupun non muslim, yang penting guru itu berkompeten dan terpercaya.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad (2216) dari Ibnu Abbas, beliau berkata: “dulu orang-orang yang tertawan dari perang Badar tidak memiliki fida' (tebusan untuk membebaskan diri mereka), maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjadikan tebusan mereka dengan mengajar anak-anak Ansar untuk menulis, Itu digolongkan sebagai hadits hasan oleh pentahqiq ​​Al-Musnad.

Sheikh Ibn Baz, semoga Allah merahmati beliau, berkata:
Buku-buku yang ditulis oleh Muslimin masa lampau , atau ditulis oleh non-Muslim dan itu bermanfaat bagi umat Islam dan membantu mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi musuh, sementara mereka berasal dari berbagai disiplin ilmu duniawi maka itu juga perlu diperhatikan, jika itu bermanfaat untuk kaum Muslimin dan membantu mereka mempersiapkan kekuatan dan ketekunan dalam hal yang akan menguntungkan mereka dalam masalah agama mereka dan memperkuat tentara dan jihad mereka melawan musuh mereka. Majmu 'Fataawa Ibn Baz (6/212)

 

Terkait mempelajari liberalisme maka kami sarankan untuk mempelajarinya dari seorang muslim yang mengerti dengan baik pandangan Islam terhadap liberalisme itu sendiri sehingga penanya tidak salah memahami dan akhirnya salah bersikap terhadapnya. Kami sarankan kepada penanya untuk mempelajari prinsip-prinsip Islam sehingga kuat pemahaman islamnya sebelum mempelajari hal-hal lainnya

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com