SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ali bin Abi Thalib Radiyallahu anhu


Ikhwan (serpong)
8 years ago

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Ana pernah mendengarkan ceramah ustadz fulan tentang bagaimana aqidah islam memecah belah persaudaraan di awal perkembangannya, bahwa banyak anak dan orang tua yg saling berhadapan di medan perang. Bahkan, kt beliau, Ali bin Abi thalib, yg merupakan menantu rasul, pernah berhadapan dengan Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam dalam suatu perang dan ditawan, ini ketika Ali masih kafir namun sudah menikah dg putri rasul, Fatimah.

Apakah cerita ini benar atau ustadz Zainal salah menyebut nama menantu rasul? Sebab setahu ana, semua perang di jaman nabi terjadi setelah masa hijrah dan Ali adalah salah satu dari laki-laki yg memeluk Islam pertama kali dan dia menggantikan posisi nabi di tempat tidurnya ketika nabi akan hijrah ke Madinah, sehingga kaum kafir mengira bahwa nabi masih tidur, namun ketika dibuka selimutnya, ternyata itu adalah Ali yg tidur di tmpat tidur nabi.
Mihon klarifikasinya.

Syukran wa jazakallah khair.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Fathi
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

setahu kami menantu Nabi yang tidak Islam dan berperang bersama tentara kafir adalah adalah Abul 'Ash (anak Abu Jahl), suami dari Zainab bintu Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
dia ditawan saat perang Badar selesai. lih Albidayah wa An-Nihayah oleh Ibnu Katsir 3/379
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com