SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Perlu Sosialisasi Agama Islam


Akhwat (Jakarta)
6 months ago on Aqidah

Teman saya pernah bilang kalau urusan religi/agama tidak perlu di sosialisasi, sementara saya tidak setuju dengan pendapat itu, bagaimana menurut pendapat ustad? Apakah benar?
Redaksi salamdakwah.com
6 months ago

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه

 

Tentu saja norma agama perlu disosialisasikan sehingga masyarakat tidak melakukan pelanggaran agama secara tidak sadar karena didasari ketidaktahuan. Sosialisasi urusan agama Islam termasuk mendakwahkan ajaran Islam sedangkan dakwah merupakan sesuatu yang diperintahkan dalam Islam. llah ta'ala dalam firmannya (an-Nahl:125):


{ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ}


Serulah (manusia) kepada jalan Rabb-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan debatlah mereka dengan cara yang baik.

Menunjukkan kebaikan kepada masyarakat juga berpahala besar. 

 Dalam salah satu riwayat disebutkan,"

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى، كَانَ لَهُ مِنَ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ، لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا، وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ، كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ، لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا

Dari Abu Hurairah adhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda," Barangsiapa yang menyeru kepada sebuah petunjuk maka baginya pahala seperti pahala-pahala orang-orang yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi akan pahala-pahala orang yang mengikuti sedikitpun dan barangsiapa yang menyeru kepada sebuah kesesatan maka dia akan terkena dosa  seperti dosa-dosa orang yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi dari dosa-dosa mereka sedikitpun”.. HR. Muslim no.2674 dan yang lainnya.

Wallahu ta'ala a'lam

 

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com